RKpx Informasi Kehamilan | Rahasia Kesuburan

Apakah Berbahaya Melahirkan Melebihi HPL?

apakah-berbahaya-melahirkan-melebihi-hpl

Kehamilan yang melebihi dari 40-42 minggu dikenal dengan sebutan post-term pregnancy yakni kehamilan yang berkepanjangan atau terlambat. Sebetulnya memang normal saja jika Bunda melahirkan sebelum atau jika HPL sudah lewat. Bahkan, kehamilan Bunda bisa berlanjut hingga 2 minggu setelah tanggal hari perkiraan lahir. Pertanyaannya adalah, apakah berbahaya jika melahirkan melebihi dari HPL? Nah, Bunda sudah berada di laman yang tepat nih. Yuk, simak terus sampai akhir artikel ya, Bunda!

Inilah Jenis Mioma yang Dapat Menyebabkan Bunda Sulit Hamil

inilah-jenis-mioma-yang-dapat-menyebabkan-bunda-sulit-hamil

Pada dasarnya, mioma memiliki 4 jenis yang berbeda menurut tempatnya di uterus dan arah pertumbuhannya. Yang perlu Bunda tahu, tidak semua jenis mioma menyebabkan sulit hamil. Lalu, jenis mioma apa saja yang menjadi hambatan kehamilan Bunda? Untuk mengetahui lebih lanjut, ayo baca hingga akhir artikel ya Bunda!

Manfaat Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil dan Saat Proses Persalinan

manfaat-prenatal-yoga-untuk-ibu-hamil-dan-saat-proses-persalinan

Perut yang semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan akan mempengaruhi: pernapasan (sesak napas seiring bertambahnya usia janin dalam kandungan), mood yang berubah-ubah, keinginan akan sesuatu (ngidam), dan rasa cemas akan persalinan. Salah satu hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan yoga. Melakukan yoga merupakan sebuah solusi bermanfaat sebagai media self-help yang akan mengurangi rasa tidak nyaman saat kehamilan dan proses persalinan. Prenatal Yoga adalah yoga khusus untuk kehamilan. Simak selengkapnya di sini ya, Bunda!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Bunda Pada Masa Nifas

pentingnya-menjaga-kesehatan-organ-reproduksi-bunda-pada-masa-nifas

Berdasarkan data hasil Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SKDI)  tahun 2012 angka kematian Ibu di Indonesia masih tinggi yaitu sebesar 359 per 100.000  kelahiran. Salah satu penyebab kematian yang paling banyak terjadi adalah pada masa nifas karena pendarahan yang tidak terkontrol. Oleh karena itu selain berfokus untuk merawat bayi, Bunda juga memerlukan waktu untuk bisa pulih dari luka pasca persalinan. Masa pemulihan atau disebut dengan masa nifas umumnya memerlukan waktu 6-8 minggu. Dalam jangka watu inilah penting sekali untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Bunda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjalani Promil Sambil Puasa, Apakah Bisa?

menjalani-promil-sambil-puasa-apakah-bisa

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa kondisi kesuburan pasangan suami dan istri (pasutri) akan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam promil. Faktanya, dengan berpuasa, hal tersebut akan membantu pasutri meningkatkan kesuburan sehingga peluang kehamilan juga semakin tinggi. Nah, apakah Ayah dan Bunda masih meragukannya? Inilah penjelasannya!

Menjalankan Puasa Saat Sedang Hamil, Boleh Tidak?

menjalankan-puasa-saat-sedang-hamil-boleh-tidak

Menunaikan ibadah puasa merupakan salah satu momentum yang berharga bagi Umat Muslim. Karenanya, banyak dari mereka yang tidak ingin melewati masa-masa puasa. Selain hanya dilakukan 1 tahun sekali, puasa memiliki makna religius yang penting. Dalam hal berpuasa, wanita yang sedang hamil tidak diwajibkan untuk menjalankan puasa. Akan tetapi, masih banyak wanita hamil yang tetap ingin berpuasa dengan berbagai macam alasan.

Namun, tidak sedikit juga wanita yang masih merasa ragu ketika ingin berpuasa dalam keadaan hamil serta khawatir akan menimbulkan dampak negatif baik bagi ibu maupun janin di dalam kandungannya. Kembali ke pertanyaan awal, menjalani puasa saat hamil, apakah boleh? Sebelum memutuskannya, bunda harus mengetahui fakta-fakta terkait puasa saat sedang hamil. Simak sampai akhir ya, Bunda!

Waspada Kehamilan Ektopik!

kehamilan-ektopik-pengertian-faktor-dan-gejala

Indonesia, yang termasuk salah satu negara anggota ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) dikategorikan sebagai negara dengan angka kematian ibu yang cukup tinggi, yakni sebesar 390 dari 100.000. Salah satu penyakit dalam proses kehamilan yang juga marak terjadi di Indonesia adalah Kehamilan Ektopik. Frekuensi Kehamilan Ektopik bervariasi yakni antara 1 dalam 28 persalinan hingga 1 dalam 329 persalinan. Sebenarnya apa sih pengertian Kehamilan Ektopik, faktor-faktor yang menyebabkan penyakit tersebut muncul, dan apa saja gejalanya? Yuk, Sobat RK disimak sampai akhir ya penjelasannya!

Ini Dia 2 Jenis Tanda Kehamilan yang Harus Bunda Tahu!

ini-dia-2-jenis-tanda-kehamilan-yang-harus-bunda-tahu

Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami dan istri ketika telah menikah karena hal tersebut merupakan salah satu berkat dan titipan dari Tuhan Yang Maha Esa yang paling membahagiakan baik bagi istri maupun suami. Siapa yang tidak ingin memiliki momongan? Setiap wanita pasti menginginkannya. Tanda kehamilan pasti akan dirasakan oleh semua wanita.
Namun, terkadang tanda-tanda yang dirasakan tersebut sering kali membuat Bunda keliru dalam mengartikannya. Mungkin, kebanyakan dari wanita masih belum memahami tanda-tanda pasti dari kehamilan. Ada 2 jenis tanda kehamilan, yakni: tanda pasti kehamilan dan tanda tidak pasti kehamilan. Baca selengkapnya di sini ya, Bunda!

Gairah Seks Bunda Berkurang Saat Hamil, Kenapa?

gairah-seks-bunda-menurun-saat-hamil-kenapa

Apakah Bunda  pernah merasa bahwa gairah seks saat hamil menurun? Akibatnya Bunda dan pasangan menjadi bingung. Kira-kira apa penyebabnya ya? Gairah seks saat hamil menurun pada dasarnya juga bisa dipengaruhi oleh 2 faktor kondisi, yakni fisik dan psikologis. Menurut Eisenberg, terdapat peningkatan sebanyak 41% wanita yang tidak mengalami kenikmatan dalam berhubungan intim pada minggu ke-12 usia kehamilan. Jika Bunda dan pasangan heran mengapa gairah seksual menurun saat hamil, maka Bunda berada di laman yang tepat! Semua ada penjelasannya, lho. Simak sampai akhir ya, Bunda!

Mood Swing pada Ibu Hamil, Apa Yang Harus Suami Lakukan?

bunda-jadi-sering-badmood-pada-saat-hamil-apa-yang-harus-pak-suami-lakukan

Sudah seberapa jauh pengetahuan Anda tentang mood swing pada ibu hamil? Sebagai suami yang akan menjadi seorang ayah adalah anugerah terindah dalam hidup. Namun sering kali suami menjadi bingung karena setelah sang istri hamil, terjadi perubahan sikap yang drastis.

Tak jarang Bunda mengalami perubahan mood secara mendadak (mood swing). Bunda menjadi lebih sensitif dan mudah menangis, atau bahkan menjadi seperti orang lain. Untuk para suami jangan panik yah. Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebab mood-swing pada ibu hamil dan juga solusinya.