RKpx Informasi Kehamilan Archives | Rahasia Kesuburan

Diabetes Mellitus Bisa Mempengaruhi Kesuburan Pria Dan Wanita

Diabetes Mellitus Bisa Mempengaruhi Kesuburan Pria Dan Wanita

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan seorang pria dan wanita. Salah satu faktor risiko yang sering dialami dan banyak diperbincangkan adalah penyakit diabetes mellitus. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang tidak menular. Dimana, terjadinya peningkatan kadar gula darah (glukosa) akibat kurangnya hormon insulin atau resistensi hormon insulin.

Waspada Preeklampsia dan Eklampsia pada Ibu Hamil !

Waspada Preeklampsia dan Eklampsia pada Ibu Hamil

Preeklampsia adalah kumpulan gejala yang timbul pada ibu hamil, persalinan, dan dalam masa nifas yang terdiri atas hipertensi, proteinuria, dan edema. Sebelumnya, ibu yang mengalami preeklampsia tidak menunjukkan tanda-tanda kelainan pembuluh darah atau hipertensi. Hingga saat ini, masih belum ada penelitian yang menjelaskan penyebab pasti dari preeklampsia, sehingga preeklampsia disebut juga dengan “the disease of theories”. Adapun gejala eklampsia merupakan serangan kejangan tiba-tiba yang dapat disusul dengan koma, dimana penderita menunjukkan gejala preeklampsia sebelumnya.

5 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Oleh Ibu Hamil Saat Berpuasa

Kenali 5 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Oleh Ibu Hamil Saat Berpuasa

Pada ibu hamil yang memilih untuk menjalankan ibadah puasa, Tentunya sangat penting sekali untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi. Karena, dengan persediaan nutrisi yang sangat terbatas ketika berpuasa dapat mengakibatkan hasil yang lebih buruk untuk dikemudian hari.
Hal ini terjadi saat hormon yang mengatur glukosa dapat terganggu, sehingga jumlahnya bisa menurun drastis. Proses ini telah dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih buruk selama masa kanak-kanak, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa perubahan tersebut dapat mempengaruhi perkembangan system saraf.

Kenali Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kesuburan Pria Dan Wanita Hamil

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa menjalani ibadah puasa akan mengurangi asupan gizi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh Anda. Namun ternyata, banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menjalani ibadah puasa. Mulai dari membersihkan tubuh hingga dapat meningkatkan kesuburan Anda.
Pada awal puasa, biasanya kesuburan seseorang akan mengalami penurunan. Tapi, tahukah Anda ? beberapa hari setelah menjalani puasa, biasanya hormon reproduksi seseorang akan kembali meningkat dan hal ini yang bisa membuat kesuburan Anda meningkat.

Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Intim Ketika Dibulan Puasa

Ternyata Ini Waktu Terbaik untuk Berhubungan Intim Ketika Dibulan Puasa

Selama puasa di bulan Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia bukan hanya diharuskan menahan keinginan untuk makan dan minum. Mereka juga harus mengendalikan hawa nafsu, termasuk juga mengendalikan keinginan untuk berhubungan intim dengan pasangan.
Meski demikian, bukan berarti selama Ramadan pasangan yang telah menikah tidak boleh berhubungan intim. Ada beberapa waktu tertentu yang bisa dipilih oleh pasangan untuk melakukan hubungan intim selama Ramadan. Lantas, kapankah waktu terbaik untuk berhubungan intim saat puasa? 

Berpuasa Saat Hamil ? Inilah Panduan Puasa yang Aman Untuk Ibu Hamil

Berpuasa Saat Hamil ? Inilah Panduan Puasa yang Aman Untuk Ibu Hamil

Menjalani puasa sudah menjadi kewajiban bagi semua umat Muslim. Maka tak jarang, jika banyak umat muslim yang tidak ingin melewatkan kesempatan beribadah ini, tak terkecuali ibu hamil. Meskipun, ibu hamil banyak membutuhkan nutrisi unutk menunjang perkembangan dan pertumbuhan sang bayi. 
Namun, ibu hamil yang sehat masih diperbolehkan kok menjalankan ibadah puasa. Asal yang terpenting sudah didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Malah menurut beberapa penelitian, puasa justru dapat memberi manfaat positif bagi ibu hamil.

Amankah, Berpuasa Saat Hamil ? 7 Tips Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil !

Amankah, Berpuasa Saat Hamil ? 7 Tips Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil !

Ada baiknya berkonsultasi dulu dengan bidan atau dokter sebelum berpuasa selama bulan Ramadan. Jika ibu hamil yang akan menjalani puasa memiliki berat badan yang normal, gaya hidup yang baik, serta mendapatkan nutrisi yang cukup, maka berpuasa tidak akan banyak berpengaruh terhadap janin, karena tubuh ibu hamil tetap bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan janin.