5 Alasan Utama Wanita Haid Teratur Tetap Alami Kesulitan Hamil

5 Alasan Utama Wanita Haid Teratur Tetap Alami Kesulitan Hamil

menjalani-promil-sambil-puasa-apakah-bisa
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Setiap mencari informasi terkait cara cepat hamil, ternyata siklus haid teratur adalah salah satu kunci sukses cepat hamil. Namun sayangnya, ini mungkin tidak terjadi pada sebagian wanita. Mengapa wanita dengan siklus haid teratur tetap bisa alami kesulitan hamil? Ini penjelasannya!

Mungkin saat ini, kamu mengalami kondisi ini. Pasangan yang sedang mengupayakan kehadiran sang buah hati di dalam kandungan sang istri. Namun, belum juga memperoleh kabar 2 (dua) garis merah. Padahal melihat riwayat bunda, bunda memiliki haid teratur tetapi hingga saat ini masih sulit untuk bisa hamil. Mari simak penjelasan yang bisa jadi bunda alami hal ini:

Terlalu Terpaku Pada Waktu

Banyak bunda yang tanpa disadari stress/kepikiran berlebihan terhadap program kehamilan yang dijalaninya. Hal ini dapat disebabkan karena sebelumnya bunda belum terlalu memahami secara menyeluruh terhadap program kehamilan yang dilakukannya. Tekanan untuk bisa hamil cepat yang selanjutnya membuat bunda menjadi fokus terhadap siklus menstruasi, menghitung masa subur, dan pikiran untuk selalu bulan depan harus 2 (dua garis merah) hingga ketakutan akan datangya masa menstruasi selanjutnya. Bunda harus sadar bahwa saja pikiran rumit ini justru dapat memicu tingkat stress yang berdampak negatif terdapat rencana promil bunda.

Ingat kehamilan tidak dapat diprediksi. Bahkan untuk pasangan normal dan sehat saja membutuhka waktu setahun untuk bisa hamil. Selanjutnya, bila saat ini kamu mengikuti program kehamilan maka perlu dicatat untuk tidak perlu berorientasi secepatnya hamil hingga membebani pikiranmu.Faktanya, sekitar 80 persen pasangan baru berhasil mencapai kehamilan setelah mencoba setidaknya selama enam bulan. Sementara sekitar 90 persen pasangan berhasil setelah 12 bulan mencoba.

Baca juga:  Sulit Hamil karena Wanita Alami Kegemukan Atau Kekurusan

Alami Anovulasi

Penyebab lain bunda sulit hamil meskipun haid teratur adalah Anovulasi. Jadi mungkin, setiap bulan siklus mentruasimu lancar dan haid teratur tetapi bunda tidak mengalami ovulasi atau Anovulasi. Apa itu anovulasi? Anovulasi adalah kondisi dimana tidak adanya sel telur yang matang di lepaskan dari ovarium menuju saluran tuba hingga akhirnya tidak ada yang bisa dibuahi oleh sperma. Hal ini bisa disebabkan dari berbagai faktor, seperti adanya kemungkinan bunda alami PCOS, gangguan tiroid, alami kegemukan ataupun kekurusan yang memicu disfungsi ovarium.

Adanya Sumbatan Tuba

Adanya  sumbatan tuba, termasuk dalam masalah gangguan reproduksi yang tidak disadari oleh banyak wanita yang mengalaminya. Hal ini karena sebagian besar merasa dirinya baik-baik saja  dan haidnya teratur tetapi alami  kondisi ini. Dan kondisi ini baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan HSG. Ketika saluran tuba ini tersumbat maka akan ada dinding penghalang yang memisahkan pertemuan antara sperma dan sel telur. Sehingga potensi pembuahan menjadi tidak ada dan bunda pun sulit untuk hamil.

Alami Kegemukan Atau Kekurusan 

Alami kegemukan ataupun kekurusan dinilai dapat menganggu kesuburan seorang wanita yang dapat meningkatkan risiko anovulasi, meskipun haid teratur. Hal ini karena kondisi ini dapat memicu ketidakseimbangan hormonal yang tidak hanya mengganggu siklus kerja organ reproduksi tetapi juga mengakibatkan gangguan metabolisme yang berisiko alami penyakit mematikan lainnya dimasa depan. Oleh karena itu, perbaikan gaya hidup, pola makan dan menajemen berat badan itu penting bun.

Pasanganmu Mungkin Alami Infertilitas Yang Belum Diperiksakan

Haid teratur dan bunda baik-baik saja dari aspek kesuburan dan organ reproduksi, maka bisa jadi masalahnya ada dipasangan lho bun.  Menurut British Journal of Nursing, sekitar 20 persen hingga 30 persen pasangan yang sulit hamil disebabkan oleh infertilitas faktor pria. Sementara 40 persen lainnya berasal dari kedua belah pihak. Selain itu, banyak pria ini tidak menyadari adanya masalah kesuburan dan gangguan reproduksi ini pada dirinya. Oleh sebab itu, untuk menunjang keberhasilan program kehamilan bunda penting juga nih untuk ayah melakukan pemeriksaan kesuburan dan organ reproduksi sama seperti yang bunda lakukan.

Baca juga:  3 Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Aborsi