RKpx Kesuburan Wanita | Rahasia Kesuburan

Inilah Jenis Mioma yang Dapat Menyebabkan Bunda Sulit Hamil

inilah-jenis-mioma-yang-dapat-menyebabkan-bunda-sulit-hamil

Pada dasarnya, mioma memiliki 4 jenis yang berbeda menurut tempatnya di uterus dan arah pertumbuhannya. Yang perlu Bunda tahu, tidak semua jenis mioma menyebabkan sulit hamil. Lalu, jenis mioma apa saja yang menjadi hambatan kehamilan Bunda? Untuk mengetahui lebih lanjut, ayo baca hingga akhir artikel ya Bunda!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Bunda Pada Masa Nifas

pentingnya-menjaga-kesehatan-organ-reproduksi-bunda-pada-masa-nifas

Berdasarkan data hasil Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SKDI)  tahun 2012 angka kematian Ibu di Indonesia masih tinggi yaitu sebesar 359 per 100.000  kelahiran. Salah satu penyebab kematian yang paling banyak terjadi adalah pada masa nifas karena pendarahan yang tidak terkontrol. Oleh karena itu selain berfokus untuk merawat bayi, Bunda juga memerlukan waktu untuk bisa pulih dari luka pasca persalinan. Masa pemulihan atau disebut dengan masa nifas umumnya memerlukan waktu 6-8 minggu. Dalam jangka watu inilah penting sekali untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Bunda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menjalani Promil Sambil Puasa, Apakah Bisa?

menjalani-promil-sambil-puasa-apakah-bisa

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa kondisi kesuburan pasangan suami dan istri (pasutri) akan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam promil. Faktanya, dengan berpuasa, hal tersebut akan membantu pasutri meningkatkan kesuburan sehingga peluang kehamilan juga semakin tinggi. Nah, apakah Ayah dan Bunda masih meragukannya? Inilah penjelasannya!

Waspada Kehamilan Ektopik!

kehamilan-ektopik-pengertian-faktor-dan-gejala

Indonesia, yang termasuk salah satu negara anggota ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) dikategorikan sebagai negara dengan angka kematian ibu yang cukup tinggi, yakni sebesar 390 dari 100.000. Salah satu penyakit dalam proses kehamilan yang juga marak terjadi di Indonesia adalah Kehamilan Ektopik. Frekuensi Kehamilan Ektopik bervariasi yakni antara 1 dalam 28 persalinan hingga 1 dalam 329 persalinan. Sebenarnya apa sih pengertian Kehamilan Ektopik, faktor-faktor yang menyebabkan penyakit tersebut muncul, dan apa saja gejalanya? Yuk, Sobat RK disimak sampai akhir ya penjelasannya!

Hamil dalam Waktu Singkat setelah Menikah? Begini Penjelasannya melalui Metode HPHT!

hamil-dalam-waktu-singkat-setelah-menikah-begini-penjelasannya-melalui-metode-hpht

Hamil dalam waktu yang singkat setelah menikah memang tidak jarang terjadi bagi pasangan suami dan istri di luar sana. Sayangnya beberapa di antara kita masih ada yang tidak mengetahui bahwa hal tersebut bisa dijelaskan melalui metode hari pertama haid terakhir (HPHT). Banyak orang yang masih berpikiran bahwa hamil dalam waktu singkat setelah menikah merupakan hal yang tidak wajar. Seperti apa sih penjelasan selengkapnya? Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Begini penjelasannya. Check it out!

Tips Mengatasi Stres Selama Menjalani Program Hamil

tips-mengatasi-stress-selama-menjalani-program-hamil-1

Rasanya, penting bagi moms untuk bisa mengatasi stres saat sedang menjalani promil. Ketika moms telah berusaha untuk hamil, namun belum berhasil. Sering kali stres dapat menghampiri moms. Kekecewaan dari program hamil dapat mempengaruhi keadaan emosi moms, bahkan bisa berdampak terhadap kualitas hubungan moms dengan pasangan. Yuk, simak bagaimana cara mengatasi stres saat sedang menjalani promil, Moms!

Vagina Sering Iritasi Saat Menstruasi, Kenapa ya?

vagina-sering-iritasi-saat-menstruasi-kenapa-ya

Sobat RK sering alami permasalahan iritasi pada vagina selama menstruasi? Iritasi akibat penggunaan pembalut sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. Pasalnya, haid adalah bagian vital dari kehidupan wanita. Selama kurang lebih 30-35 tahun atau sekitar 2500 hari wanita mengalami menstruasi dalam hidupnya. Jika iritasi terjadi secara terus menerus dan berulang setiap bulan hal ini tentu akan sangat menyiksa dan tidak memberikan rasa nyaman.

Jangan panik. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Sobat RK!

Mengenal Perbedaan Darah Menstruasi dan Nifas

mengenal-perbedaan-darah-menstruasi-dan-nifas

Tahukah Anda perbedaan menstruasi dan nifas? Setiap ibu yang telah selesai melahirkan, mereka akan masuk ke tahap nifas. Masa Nifas dimulai ketika ibu mengeluarkan plasenta dan umumnya, nifas terjadi 6 – 8 minggu lamanya. Tetapi, tidak sedikit ibu yang memahami kapan masa nifas telah selesai dan menstruasi normal sudah kembali. Oleh karena itu, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Nilai pH Menentukan Kondisi Kesehatan Vagina, Yuk Cari Tahu Sekarang!

nilai-ph-menentukan-kondisi-kesehatan-vagina-yuk-cari-tahu-sekarang

Nilai pH adalah derajat keasaman yang menentukan tingkat asam-basa. Nilai pH vagina dipengaruhi oleh keberadaan bakteri Lactobacillus yang dapat mengubah glikogen menjadi asam laktat. Hal inilah yang menyebabkan nilai pH vagina yang sehat ada pada rentang 3,8-4,5. Vagina dalam kondisi normal akan menyeimbangkan kondisi pH mendekati nilai asam.  Kondisi vagina yang asam berfungsi untuk memproteksi dari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri. Suasana asam mencegah pertumbuhan bakteri jahat.

Lalu, bagaimana nilai pH menentukan kondisi kesehatan vagina? Cari tahu di sini ya, Sobat RK!

Mengenal HPV yang Berpotensi Menyebabkan Kanker Serviks

mengenal-hpv-yang-berpotensi-menyebabkan-kanker-serviks

Dilansir dari website resmi WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia, hampir semua kasus kanker serviks sebanyak 99% berkaitan dengan infeksi HPV (Human Papilloma Virus) yang berisiko tinggi. Umumnya, virus ini ditularkan melalui hubungan seksual. Kanker serviks merupakan jenis kanker keempat yang paling umum terjadi pada wanita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengenal Human Papilloma Virus yang berpotensi menyebabkan kanker serviks.