RKpx 4438 : 0 - 0 - 0 - 0 Prenatal Yoga: Manfaatnya untuk Kehamilan dan Proses Persalinan

Manfaat Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil dan Saat Proses Persalinan

manfaat-prenatal-yoga-untuk-ibu-hamil-dan-saat-proses-persalinan
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Perut yang semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan akan mempengaruhi: pernapasan (sesak napas seiring bertambahnya usia janin dalam kandungan), mood yang berubah-ubah, keinginan akan sesuatu (ngidam), dan rasa cemas akan persalinan. Salah satu hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan yoga.

Melakukan yoga merupakan sebuah solusi bermanfaat sebagai media self-help yang akan mengurangi rasa tidak nyaman saat kehamilan dan proses persalinan. Simak selengkapnya di bawah ini ya, Bunda!

Prenatal Yoga? Seberapa jauh kalian mengetahui manfaatnya untuk ibu hamil dan saat proses persalinan berlangsung? Selama masa kehamilan, pastinya Bunda akan mengalami perubahan-perubahan fisik. Hal ini tentunya akan mempengaruhi Bunda dan akan membuatnya merasa tidak nyaman secara psikis dan fisik. Oleh karena itu penting sekali bagi Bunda untuk melakukan yoga untuk mengatasi itu semua.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang prenatal yoga, alangkah lebih baik jika kita membahas seputar yoga terlebih dahulu. Yoga juga memiliki fungsi dalam kehamilan dan persalinan, yakni:

  1. Meningkatkan awareness (kesadaran) pada ibu hamil;
  2. Menciptakan ikatan batin antara Bunda dan sang bayi; dan
  3. Mempermudah proses persalinan alami.

Yoga dipercaya mampu membantu proses persalinan agar bayi lebih mudah keluar dengan memperlancar pembukaan serviks. Ketika penipisan dan pembukaan serviks sedang berlangsung, Bunda dianjurkan untuk bergerak secara aktif agar proses kelahiran dapat terlaksana dengan lancar.

Prenatal Yoga – Mengapa Bunda Harus Melakukannya?

Dengan melakukan yoga, Bunda akan terbantu dalam mempersiapkan proses persalinan dan mental untuk masa-masa awal pasca melahirkan dan saat membesarkan anak. Secara umum, praktik Hatha Yoga bagi Bunda yang sedang hamil tidak jauh berbeda dengan yoga seperti biasanya. Yoga bagi kehamilan atau yang dikenal dengan sebutan Prenatal Yoga merupakan variasi dari yoga klasik yang telah disesuaikan dengan kondisi fisik ibu hamil dan dilakukan dengan intensitas yang lebih lembut dan perlahan. Dengan persiapan yang sangat matang, Bunda akan lebih percaya diri dan akan memperoleh keyakinan dalam menjalankan proses persalinan dengan nyaman.

Baca juga:  6 Manfaat Buah Jeruk Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil, Serta Tips Untuk Memilihnya

Dalam melakukan Prenatal Yoga, ada beberapa prinsip yang harus Bunda lakukan:

4-prinsip-dalam-prenatal-yoga
Sumber: “Yoga Ibu Hamil” by Tia Pratignyo

Prenatal Yoga – Manfaatnya untuk Kehamilan dan Proses Persalinan 

Sebenarnya, terdapat beberapa manfaat ketika melakukan Prenatal Yoga yakni untuk fisik, mental dan emosi, dan spiritual. Berikut ini adalah penjelasannya yang bisa langsung Bunda baca.

manfaat-prenatal-yoga
Sumber: “Yoga Ibu Hamil” by Tia Pratignyo

Hubungi Untuk Konsultasi Lengkap:

Ayu Hana/6287734004401

Comments