RKpx 4628 : 0 - 0 - 0 - 0 Sulit Hamil Karena Wanita Alami Kegemukan Atau Kekurusan

Sulit Hamil karena Wanita Alami Kegemukan Atau Kekurusan

Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Alami kegemukan dan kekurusan ternyata bisa membuat pasutri sulit hamil? Apakah saat ini kamu adalah pasutri yang mengalaminya? Saat pemeriksaan ke dokter selalu saja diminta untuk bisa mencapai berat badan ideal. Memang ada pengaruhnya yah? yuk, kita simak sampai tuntas!

Sulit hamil karena berat badan? Perlu disimak nih bun, bahwa memiliki status badan ideal tidak hanya untuk menunjang penampilan saja. Bukan bermaksud body shaming juga yah, bun! Namun, memang faktanya untuk kamu yang sedang merencanakan program kehamilan maka status Indeks Massa Tubuh (IMT) dan kadar lemak tubuh akan sangat berpengaruh terhadap kesuburan. Bagi kamu yang alami kegemukan maupun kekurusan sama-sama berisiko alami kesulitan untuk bisa hamil.

Jika saat ini kamu bingung, mengapa hal ini sangat berpengaruh? karena faktanya, kesuburan seorang wanita dinilai dari kondisi siklus menstruasi. Sementara itu, untuk memiliki siklus menstruasi yang sehat maka kamu membutuhkan kondisi kadar hormonal yang tepat sesuai kebutuhan pada  setiap fase siklus menstruasi wanita. Kemudian, hormon-hormon ini akan memiliki peran penting pada semua proses dan tahapan kehamilan, mulai dari pelepasan sel telur, pembuahan oleh sperma, hingga perkembangan hasil pembuahan menjadi janin di rahim.

Jadi bunda perlu garis bawahi bahwa hormon ini terbentuk dari komponen lemak yang ada dalam tubuh kita. Lalu, mengapa kondisi hormon pada wanita yang kelebihan dan kekurangan berat badan bisa menyebabkan sulit hamil?

riwayat-plasenta-previa-apakah-bisa-melahirkan-normal
Kegemukan Menurunkan Potensi Kehamilan

Lemak adalah bahan utama pembentukan dan penyimpanan hormon manusia, tanpa terkecuali dengan hormon reproduksi. Pada wanita yang kegemukan dan obesitas memiliki kadar lemak lebih tinggi. Hal ini akan menyebabkan lebih banyak hormon estrogen yang terbentuk. Sehingga, jumlah estrogen yang berlebihan justru mengganggu sistem reproduksi wanita. Itulah sebabnya, banyak wanita yang mengalami kegemukan dan obesitas mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Baca juga:  Sulit Hamil Setelah Lepas KB? Ini solusinya!

Selain itu, kelebihan berat badan juga dapat menurunkan tingkat kesuksesan program bayi tabung (in vitro fertilization). Bahkan, obesitas berkaitan dengan kondisi PCOS yang menjadi salah satu penyebab menurunnya tingkat kesuburan wanita. Jadi tidak hanya berisik0 pada penurunan peluang kehamilan saja, proporsi ketidakseimbangan hormon ini akan mengganggu metabolisme tubuh jangka panjang  yang dapat membuat kamu berisiko alami penyakit degeneratif, seperti jantung dan gangguan pembuluh darah, dislipedemia, diabetes mellitus, serta kompilkasi lainnya.

waspada-malnutrisi-tidak-mengenal-kurus-atau-gemuk
Kekurusan Menurunkan Potensi Kehamilan

Bila saat ini alami kekurusan maka kamu juga harus waspada. Hal ini karena  kadar lemak yang terlalu sedikit  menyebabkan berkurangnya kadar hormon progesteron dan meningkatnya kadar hormon kortisol. Sementara itu, hormon progesteron berperan pada proses kehamilan, sedangkan kortisol berperan pada tingkat stress dan suasana hati bunda.

Perubahan hormonal ini bisa membuat tubuh merasa tidak berada dalam kondisi yang baik dan aman untuk hamil, sehingga akan mengabaikan proses reproduksi dan lebih fokus pada usaha untuk tubuh menjaga keseimbangan metabolisme tubuhnya.

Oleh karena itu bun, penting sekali untuk memperoleh berat badan ideal. Pencapaian berat badan ideal membuat tubuh kamu memiliki kerja metabolisme yang bagus. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan semakin subur. Pemilihan diet juga harus diperhatikan jangan sampai terlalu ekstrim. Pilihlah diet yang bisa membangun gaya hidupmu menjadi lebih baik dan kamu pun bisa berkomitmen selama menjalaninya. Semangat pejuang 2 garis merah, stay positive and be happy bun!