RKpx Alfalfapx NeuvenpxVomeigenpxMixedfruitpx3525 : 1 - 1 - 0 - 0 Ingin Kolesterol Aman Saat Lebaran? Lakukan 4 Tips Ini

Ingin Kolesterol Aman Saat Lebaran? Lakukan 4 Tips Ini

ingin-kolesterol-aman-saat-lebaran-lakukan-4-tips-ini
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Meskipun lebaran tahun ini berbeda dengan lebaran sebelumnya, karena harus physical distancing, tapi makan makanan khas lebaran, seperti opor ayam, lontong gulai, rendang, serta kue yang manis-manis tetap ngga bisa dilewatkan. Sayangnya, konsumsi makanan tersebut kalau ngga dikontrol dapat meningkatkan kadar kolesterol kita, loh. Biar kadar kolesterol kamu tetap aman di hari lebaran, lakukan 4 tips ini, yuk Sobat RK!

1. Atur porsi makan.

Kamu tetap bisa mengonsumsi makanan khas lebaran, namun tetap harus jaga porsinya, ya Sobat RK. Dimulai dengan mengonsumsi makanan secukupnya, perlahan, dan bertahap, yaitu porsi lebih kecil dengan frekuensi sering. Dengan melakukan pola makan seperti ini, tubuh kamu tidak akan meminta asupan makan yang berlebihan.

2. Pilihlah jenis makanan rendah kolesterol.

Jika kamu ingin mengonsumsi opor ayam saat lebaran, maka pilihlah daging ayam yang tidak ada kulitnya. Kulit ayam mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan asupan ikan laut yang mengandung omega-3 (lemak tidak jenuh), seperti salmon, tuna, teri, dan sarden. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, dapat menurunkan kadar kolesterol kita, loh.

3. Masak makanan dengan teknik yang tepat.

Teknik memasak yang tepat agar kolesterol kamu ngga melonjak adalah dengan cara dikukus, direbus, dan dipanggang. Jika kamu tetap ingin makanan yang digoreng, kamu bisa menggunakan alternatif minyak goreng yang mengandung lemak tidak jenuh, seperti minyak zaitun, minyak kanola, minyak almond, dan minyak kenari. Selain itu, gunakan teknik menumis saat menggoreng atau dengan minyak sedikit. Sebisa mungkin, hindari menggoreng dengan teknik deep frying, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL di dalam tubuh.

Baca juga:  Diabetes Mellitus Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita

4. Sediakan sayur dan buah dalam menu lebaran.

Meskipun banyak makanan yang tersaji di meja makan ketika lebaran, pastikan buah dan sayur ngga ketinggalan, ya. Serat yang tinggi pada buah dan sayur dapat mengikat kolesterol yang menumpuk di tubuh kita. Untuk buah-buahan, bisa disajikan segar ataupun diolah dalam bentuk minuman, seperti es buah.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal di hari lebaran. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, Sobat RK!

 

Baca Juga :

Bolehkah Melakukan Cheat Day Saat Diet?

Inilah 6 Langkah Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari!

Waspada, Malnutrisi Tidak Mengenal Kurus atau Gemuk!

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.