"> Bolehkah Melakukan Cheat Day Saat Diet? | Rahasia Kesuburan

Bolehkah Melakukan Cheat Day Saat Diet?

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Untuk kamu yang sudah berminggu-minggu melakukan diet tertentu, pasti rindu berat dengan makanan-makanan yang menggugah selera, seperti jajan junk food atau nyemil popcorn di malam hari. Bahkan, kangen berat ini bisa melemahkan motivasi kamu untuk menurunkan berat badan. Maka muncullah yang namanya cheat day, alias hari dimana kamu bisa makan bebas, tapi program diet kamu tetap berjalan. Wah, apakah bisa seperti itu? Lalu, bagaimana pula caranya menjaga diet meskipun lagi cheat day? Ini dia jawabannya!

Bukan hal yang aneh lagi kalau cheat day sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang diet. Bayangkan, ada saja hal-hal yang buat kamu melakukan cheat day, seperti menyantap hidangan makanan dari nenek yang hanya sesekali, hangout dengan teman-teman, jalan-jalan ke mall, nongkrong di cafe, atau sekedar mengusir rasa bosan dengan rutinitas diet, pasti akan sulit untuk tidak membeli makanan atau jajanan fast food atau minuman manis.

Marjorie Nolan, RD yang merupakan seorang ahli gizi asal Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, menyatakan bahwa cheat day dapat mendisiplinkan pola makan selama diet yang dilakukan secara harian. Hal ini bisa kita simulasikan dengan seorang siswa akan merasa “jenuh” jika dia harus rutin sekolah setiap hari tanpa ada libur, alias bebas dari rutinitas kegiatan belajar di sekolah. Dengan adanya hari libur, maka memberikan kesempatan untuk siswa tersebut “beristirahat” atau me-reset otaknya, sehingga lebih semangat lagi untuk melakukan aktivitas belajar di sekolah keesokan harinya.

tips-cheat-day-anti-gagal-diet

Tips Cheat Day yang Baik agar Diet Kamu Anti-Gagal

Cheat day bukan berarti kamu lost control terhadap asupan makan kamu. Berikut ini adalah tips agar hari makan bebas tidak membuat diet kamu gagal.

  1. Ambil hari-hari libur yang sifatnya “spesial” saja. Misalnya, saat ada event ulang tahun teman, reunian, ataupun acara keluarga besar. Kamu harus bisa menetapkan hari prioritas yah, jangan sampai semua hari kamu jadikan cheat day, auto gagal deh dietnya.
  2. Pilihlah makanan yang benar-benar kamu sukai. Untuk mengantisipasi kamu kebablasan makan secara bebas, maka makanlah makanan yang benar-benar menjadi kesukaan kamu. Jadi, asupan makanan kamu tetap bisa terkontrol, deh!
  3. Jumlah dan porsinya tetap seimbang. Meskipun lagi cheat day, kalori yang masuk usahakan tetap seimbang, yah. Biasanya, makanan yang akan dikonsumsi adalah makanan dengan tinggi kalori, seperti pizza, es krim, fried chicken, kentang goreng, spaghetti, mi, dan sejenisnya. Usahakan makannya jangan berlebihan dan tambahkan komponen sayuran dan buah-buahan agar asupan kalori terkontrol dan seratnya tetap ada.
  4. Tentukan jam-jam khusus kamu. Aturan cheat day bukan berarti membuat kamu untuk makan setiap saat juga. Dengan menentukan jam-jam khusus, pola makan kamu tetap terjaga dengan mengonsumsi makanan yang kamu inginkan.
  5. Rencanakan dari jauh-jauh hari. Jangan lupa, rencanakan menu makanan apa yang ingin kamu makan saat cheat day dan atur jam-jam khususnya. Ini akan sangat membantu kamu agar tidak berpindah haluan jadi makan yang macam-macam.
Baca juga:  Inilah Cara Wanita Agar Tetap Subur Setiap Bulannya

Jadi, meskipun kamu “dibolehkan” melakukan cheat day, kamu tetap harus mempertimbangkan setiap langkah-langkahnya agar diet kamu tetap berjalan dengan baik. Selalu ingatkan diri, jangan sampai hari bebas diet membuat kamu kehilangan kontrol dalam menjaga pola makan dan mengatur nafsu makan pada hari-hari berikutnya.

Baca Juga :

Inilah 6 Langkah Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari!

Waspada, Malnutrisi Tidak Mengenal Kurus atau Gemuk!

Kenali Manfaat Kolagen Untuk Tubuh

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.