RKpx 4425 : 0 - 0 - 0 - 0 Penuaan Dini: Cegah dengan 3 Jenis Makanan Ini | Rahasia Kesuburan

Cegah Proses Penuaan Dini dengan Mengonsumsi 3 Jenis Makanan Ini!

cegah-proses-penuaan-dini-dengan-mengonsumsi-3-jenis-makanan-ini
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Pernahkah Sobat RK mendengar kata ‘penuaan dini’? Setiap manusia pasti memiliki keinginan untuk tetap terlihat muda meskipun umur mereka semakin bertambah setiap tahunnya. Bukan hanya terlihat muda, namun juga tetap sehat dan selalu mempunyai kualitas hidup yang prima sehingga mampu bekerja dengan baik.  Sayangnya, sering kali harapan tersebut tidak tercapai karena gaya hidup yang sembarangan. Pada akhirnya, banyak orang yang mencari berbagai cara agar tidak mengalami penuaan dini.

Bagaimana Proses Penuaan Dini Dapat Terjadi?

Banyak orang yang terlihat lebih tua dari umurnya. Begitu juga sebaliknya, tidak sedikit pula orang yang terlihat muda dari umurnya. Hal tersebut dapat terjadi karena memang faktor genetik dan gaya hidup. Penuaan dini dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa contohnya seperti:

  1. Tidak menjaga pola makan;
  2. Kurang melakukan olah raga; dan
  3. Terpapar polusi lebih sering.

Setelah mencapai usia dewasa, komponen tubuh tidak akan bisa berkembang lagi karena terjadinya penuaan. Justru sebaliknya, akan mengalami penurunan. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan mengalami perubahan, beberapa fungsi tubuh akan menurun, misalnya fungsi kognitif, otot, kekebalan tubuh, seksual, metabolisme, penglihatan, dan pendengaran. Hal ini terjadi karena sel-sel tubuh melemah secara alami.

Penuaan dini sebetulnya disebabkan oleh 2 faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal, seperti: radikal bebas, hormon yang berkurang, proses glikosilasi, metilasi, apoptosis, dan sistem kekebalan yang menurun. Sementara itu, faktor eksternal yang menyebabkan penuaan dini, yakni: menjalankan diet yang tidak sehat, gaya hidup yang tidak sehat, kebiasaan yang keliru, polusi lingkungan, tingkat stres, dan kemiskinan.

Memang penuaan dini tidak dapat dihentikan atau dicegah namun, penuaan dini masih dapat dihambat dengan perubahan gaya hidup, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang bermanfaat untuk mencegah proses penuaan dini.

 3 Makanan yang Dapat Mencegah Proses Penuaan Dini

Salah satu cara untuk mencegah penuaan dini yakni dengan mengganti gaya hidup Sobat RK menjadi lebih sehat lagi, khususnya dalam mengonsumsi makanan sehari-hari. Tahukah Anda beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini? Simak jenis-jenis makanan yang dapat membantu Anda (anti-aging) di bawah ini!

1. Blueberry: 

mencegah-penuaan-dini-dengan-mengonsumsi-buah-blueberry

Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini tinggi akan proantosianidin dan antosianin yang mampu melawan penuaan dini serta untuk menjaga kesehatan saraf dan sirkulasi darah. Jika Buah Blueberry dapat digunakan untuk kecantikan, bolehkah kita mengolah Blueberry menjadi masker? Menurut Dokter Adeline, dirinya tidak merekomendasikan kita untuk membuat masker dari Blueberry karena akan mengakibatkan munculnya noda sementara akibat pigmen yang kuat dari Blueberry. Apabila digunakan oleh orang dengan kondisi kulit tertentu, akan semakin parah. Cara alternatifnya adalah dengan memakai produk masker Blueberry dari produsen terpercaya.

2. Cranberry

mencegah-penuaan-dini-dengan-mengonsumsi-buah-cranberry

Buah ini memang jarang ditemukan di Indonesia karena sebagian besar Buah Cranberry tumbuh di negara Amerika dan Eropa. Cranberry disebut sebagai “Magical Fruit” sebagai anti-aging pada tubuh karena kandungannya yakni: Vitamin C, Vitamin E, dan quercetin. Nutrisi inilah yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Karena manfaatnya tersebut, Buah Cranberry banyak digunakan oleh produk-produk kecantikan.

3. Bayam dan sayuran hijau lainnya

mencegah-penuaan-dini-dengan-mengonsumsi-bayam-dan-sayuran-hijau-lainnya

Bayam memiliki kandungan seperti Vitamin A, C, E, dan K, serta serat. Semua kandungan tersebut memang dipercaya dapat mencegah penuaan dini secara efektif. Vitamin C bermanfaat dalam menjaga elastisitas kulit, Vitamin A dapat mencerahkan kulit, Vitamin E memiliki kandungan antioksidan, dan Vitamin K mengatasi peradangan pada kulit. Selain bayam, Sobat RK juga boleh mengonsumsi brokoli, kale, dan kangkung karena ketiga sayuran tersebut memiliki manfaat yang sama. Yang perlu diingat, ketika ingin mengonsumsinya, usahakan agar tidak memasaknya terlalu lama agar nutrisi sayuran hijau tak rusak saat memasaknya.

Hubungi Untuk Konsultasi Lengkap:

Bunda Kristina/6282371335035

Baca juga:

  1. 5 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan
  2. Kenali Manfaat Kolagen Untuk Tubuh