"> Pilihan Makanan Untuk Optimalkan Sperma Yang Berkualitas

Pilihan Makanan Untuk Optimalkan Sperma Yang Berkualitas

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Dalam merencanakan kehamilan, tidak hanya wanita saja yang harus mengubah pola hidupnya. Sebagai penyumbang DNA terbesar, seorang pria juga harus menjalani pola hidup yang sehat.

Oleh karena itu, telah banyak penelitian yang mempercayai bahwa makanan yang dikonsumsi seorang pria sangat berpengaruh pada kualitas sperma yang diproduksi dan peluang untuk memiliki keturunan.

Rendahnya jumlah sperma juga telah dikaitkan dengan beberapa faktor, seperti kurangnya seng atau vitamin dalam tubuh seorang pria. Dengan demikian, penting sekali bagi calon ayah memenuhi kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan kualitas sperma secara alami.

Berikut ini beberapa pilihan makanan yang dapat anda konsumsi untuk mengoptimalkan sperma anda :

1. Makanan Sumber Omega 3

1. Makanan Sumber Omega 3

Omega 3 memiliki peran yang cukup besar untuk memperbaiki kualitas sperma dan vitalitas pria. Pada pembentukan sperma, omega 3 dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi sperma dan pergerakan sperma, serta dapat meningkatkan kualitas semen.

Lalu, omega 3 bekerja untuk mencegah degeratif pada organ testis yang menjaga kualitas bentuk sperma. Selain itu, omega 3 juga dapat mampu meningkatkan dan melancarkan aliran darah disekitar bagian organ vital. Hal ini berpengaruh untuk mengatasi permasalahan ereksi dan meningkatkan orgasme berhubungan intim. Sumber makanan Omega 3 terdiri dari minyak ikan, teripang, alpukat, ikan, seafood, kanola, kacang kedelai.

2. Makanan Sumber Asam Amino Essensial

2. Makanan sumber Asam Amino Essensial

Asam Amino Essensial (AAE) berperan dalam kesuburan pria.  AAE memetabolisme energi yang mempromosikan motilitas sperma, pematangan dan spermatogenik. Dimana, AAE menyediakan energi yang tersedia untuk sperma dan meningkatkan kemampuan reproduksi pria.

Sumber makanan AAE terdiri dari semua makanan yang berasal dari hewani, seperti daging sapi, telur, ayam, bebek. Berasal dari nabati seperti tempe, tahu dan kacang-kacangan. Beberapa bahan makanan dari serealia pun mengandung protein AEE, seperti beras, jagung, tepung-tepungan dll.

Baca juga:  Mr. P Menjadi Tidak Keras Meskipun Sudah Ereksi ? Yuk Kenali Penyebabnya !

3. Makanan Sumber B12 dan Asam Folat

2. Makanan sumber Asam Amino Essensial

Vitamin B12 memiliki efek yang menguntungkan untuk perbaikan kualitas sperma. Hasil penelitian Beltrame FL dan  Sasso-Cerri E dalam Asian J Androl pada tahun 2017, dapat menunjukan suplementasi vitamin B12 meningkatkan konsentrasi pada sperma dan memberikan efek potensial. Dalam pemulihan spermagonium dan spermatosit sehingga, dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Makanan sumber vitamin B12 terdiri hati, daging sapi, daging ayam, oatmeal, susu dan olahan produk susu.

Setelah vitamin B12, maka asam folat juga berperan sebagai menjaga kualitas pada sperma. Dimana, asam folat bekerja untuk menjaga DNA pembentukan sperma dan meningkatkan produksi sperma.  Sumber asam folat berasal dari sayuran hijau, hati, dan buah-buahan.

4. Makanan Sumber Vitamin D

4. Makanan sumber Vitamin D

Vitamin D merupakan senyawa yang mendahului senyawa lain dalam jalur yang memetabolisme kalsium dan fosfor didalam tubuh dengan perbandingan 1.5: 1 atau 2.5 :1 . Dimana, fungsi kalsium dan fosfor berperan pada kontraksi otot untuk meningkatkan pergerakan sperma, serta permasalahan gairah berhubungan intim yang dapat menurun.

Selanjutnya, vitamin D juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan bekerja sama dengan selenium dan zink. Sumber makanan vitamin D dapat ditemukan pada : susu dan produk olahan susu,  ikan teri, sumsum tulang, dll.

5. Makanan Sumber Selenium

5. Makanan sumber Selenium

Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung selenium berdampak pada optimal kualitas sperma pria. Hal ini berkaitan dengan pembentukan spermatogenesis dengan GPx4. Kekurangan selenium dapat mengakibatkan pematangan sperma yang tidak optimal, sehingga berdampak juga pada jumlah sperma yang sedikit dan pergerakan sperma yang lambat.

Serta kemungkinan bentuk dari sperma menjadi abnormal. Dengan demikian, sumber makanan pada selenium terdiri dari seafood (terutama cumi-cumi dan gurita), daging sapi, ayam, ikan, telur, tempe, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau. Macam buah-buahan (kurma, pisang, alpukat, jeruk, kiwi, semangka, anggur dan stroberi)

Baca juga:  Risiko Anovulasi Terhadap Infertilitas, Benarkah?

6. Makanan sumber Zink

6. Makanan sumber Zink

Zink merupakan mineral yang berperan dalam pembentukan sperma. Peran zink berpartisipasi aktif dalam pematangan sperma. Y. Cheah and W, Yang (2011) menyatakan kurangnya asupan zink dapat menyebabkan penundaan perkembangan testis dan terhentinya proses spermatogenesis. Sehingga, secara relevan jumlah sperma menjadi sangat sedikit, bahkan pembentukan sperma tidak benar-benar sempurna yang dapat mempengaruhi pergerakan sperma. Selain itu, konsumsi zink dapat meningkatkan kadar hormon testoteron di dalam tubuh.

Oleh sebab itu, anda perlu meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung sumber zink. Makanan sumber zink dapat anda temukan pada bahan makanan seperti : daging sapi, ayam, ikan, kerang, susu, tempe, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau.

7. Makanan sumber antioksidan

7. Makanan sumber antioksidan

Antioksidan banyak memberikan manfaat dalam tubuh kita. Begitu juga dengan upaya meningkatkan kesuburan. Antioksidan bekerja melawan sel-sel penyakit yang dapat menghambat sel reproduksi untuk bekerja. Selain itu, antioksidan ini mampu membantu melancarkan aliran darah di area vital reproduksi yang dapat meningkatkan orgasme berhubungan intim dan meningkatkan kualitas sperma.

Lalu, makanan antioksidan yang juga kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E dapat meningkatkan pada kesuburan pria. Sumber makanan antioksidan dapat anda konsumsi dari berbagai jenis makanan nabati. seperti, kacang-kacangan ( almond, walnut, kenari, dll), sayur-sayuran, bayam, alfalfa, buncis, wortel, dll. Buah-buahan seperti, aneka beri (stroberi, blueberry, dll), anggur, apel, dll.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesuburan, Anda bisa berkonsultasi dengan cara klik tombol ikon dibawah ya !

 

Baca Juga :

Sperma Encer Dapat Mengurangi Peluang Memiliki Keturunan Menjadi Berkurang

Cara Cermat Mengenali Kualitas Benih Yang Baik Dan Produktif

Memiliki Keturunan Dimulai Dengan Mengenali Kualitas Sperma

Comments