RKpx 659 : - - - Mengetahui Pentingnya Masa Subur Pada Wanita Yang Ingin Hamil

Mengetahui Pentingnya Masa Subur Pada Wanita Yang Ingin Hamil

Mengetahui Pentingnya Masa Subur Pada Wanita Yang Ingin Hamil
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Setiap wanita dilahirkan dengan jutaan sel telur yang belum matang dibagian organ reproduksinya. Kemudian, sel telur ini selalu menunggu waktu untuk dapat dilepaskan, dimana pelepasan sel telur ini menunggu waktu sel untuk matang.

Selanjutnya, sel telur akan dikeluarkan satu per satu setiap bulannya dan hal inilah yang disebut dengan istilah siklus menstruasi.

Mengapa Anda Perlu Mengenal Masa Subur?

Masa subur adalah suatu periode dalam siklus menstruasi yang paling berpotensi untuk anda yang sedang merencanakan kehamilan, dimana, pada masa ini terdapat sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi. Masa ini ditandai dengan adanya proses keluar sel telur dari ovarium ke tuba falopi yang terjadi pada 14 hari sebelum siklus menstruasi selanjutnya. Proses kejadian ini masuk dalam katagori fase ovulasi pada siklus menstruasi wanita.

Lalu, Bagaimana Masa Subur Ini Dapat Terjadi?

Awal mulanya, seorang wanita memiliki sekitar 15-20 sel telur matang dibagian organ ovarium, saat dirinya sudah melewati masa pubertas. Selanjutnya, sel telur yang paling matang di ovarium kemudian akan dikeluarkan dan masuk kedalam tuba falopi. Di tuba falopi inilah kemudian sel telur yang matang digiring menuju ke rahim wanita agar dapat bertemu dengan sperma yang sudah siap untuk membuahi sel telur di tuba falopi wanita.

Sel telur yang sudah dikeluarkan dari ovarium wanita setidaknya mampu bertahan hidup setidaknya selama 24 jam setelah dikeluarkan. Sementara itu, sperma mampu bertahan hidup di dalam tubuh wanita hingga 3-5 hari.

Hal yang harus anda ingat tidak semua sperma mampu membuahi sel telur. Kualitas sperma terbaiklah yang akan mampu membuahi sel telur sehingga terjadinya kehamilan. Maka dari itulah, sel telur dan sperma harus bertemu pada jangka waktu tersebut. Masa paling subur seseorang adalah sekitar 2-3 hari sebelum ovulasi dan 12-24 jam setelah ovulasi. Sehingga ada dapat melakukan kegiatan bercinta pada saat ini atau sebelumnya, karena perkiraan masa subur pada wanita adalah sekitar 5-6 hari.

Kapan Masa Subur Pada Wanita Dapat Terjadi?

Masa subur pada wanita terjadi disetiap bulan. Jika sel telur yang dilepaskan dapat segera dibuahi oleh sperma maka wanita akan dapat berpotensi hamil. Namun, jika pembuahan tidak terjadi, sel telur akan mati dan keluar bersamaan dengan terjadinya kembali menstruasi pada wanita.

Berdasarkan hal inilah, penting bagi para wanita mengetahui masa suburnya, terutama bagi anda yang selalu menantikan kehadiran buah hati diantara kalian. Pasalnya, memperkirakan masa subur wanita dinilai sebagai salah satu cara berkhasiat untuk memperbesar peluang kehamilan bagi wanita.

Sel telur memang dilepaskan setiap bulannya dan jangka waktunya dapat diperkiraan apabila anda memiliki siklus mentruasi yang teratur. Namun, jika anda mempunyai siklus menstruasi yang kurang teratur, kemungkinan anda akan sulit untuk dapat mendeteksi kapan tubuh anda akan melepaskan sel telur setiap bulannya.

Oleh karena itu, anda harus benar-benar memahai kiat-kiat mencari tahu masa subur anda. Hal ini karena memperkirakan masa subur wanita bisa berbeda-beda pada setiap orangnya. Anda dapat mengggunakan perhitungan kalender masa subur atau tanda-tanda lain untuk mengatahui masa subur anda, seperti suhu badan, lendir serviks atau lendir mulut rahim, dan tanda perubahan lainnya.

 

 

Baca Juga :

5 Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid Yang Wajib Anda Ketahui

Kenali Fase Siklus Menstruasi Dan Tanda Siklus Menstruasi Normal

Hal Yang Perlu Wanita Ketahui Soal Keputihan dan Lendir Serviks