fbpx

5 Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid Yang Wajib Anda Ketahui

5 Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid Yang Wajib Anda Kertahui
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Kehamilan dapat terjadi apabila kondisi Anda dan pasangan sehat dan juga subur. Masalahnya, masa subur wanita itu tidak terjadi setiap hari. Ada masa di mana wanita subur, yaitu di sekitar hari ovulasi (sel telur dilepaskan dan siap dibuahi).

Namun, ada juga masa di mana peluang kehamilan sangat kecil, yaitu saat wanita menstruasi. Setelah menstruasi selesai apakah bisa langsung hamil? Sebelum banyak melakukan usaha untuk mendapatkan keturunan, sebaiknya ketahui dulu cara cepat hamil setelah haid selesai yang sangat mudah diterapkan.

Berikut ini tips agar cepat hamil setelah haid yang diterapkan dengan sederhana :

1. Lakukan Hubungan Suami Istri Saat Masa Subur

Gambar terkait

Jika anda memiliki keinginan untuk segera hamil,  sangat dianjurkan untuk melakukan kegiatan bercinta di masa subur, karena kesempatan untuk segera hamil akan semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pencatatan masa subur untuk mengetahui kapan masa subur Anda. Terkadang, dokter pun menanyakan masalah yang ada pada masa subur, karena adanya kaitan dengan siklus menstruasi, terutama bagi wanita yang mempunyai pola menstruasi yang tidak teratur.

Pada masa subur, biasanya terjadi dengan adanya perubahan secara fisiologis. Contohnya, seperti anda mengalami peningkatan pada gairah dan suhu basal tubuh. Namun, sebaiknya jangan anda lakukan kegiatan bercinta pada setiap hari, melainkan pada waktu dua hari, agar kualitas benih menjadi lebih baik. Jika terlalu sering melakukan kegiatan bercinta, makan akan menurunkan kualitas benih.

2. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

 

slide image

Protein merupakan komponen penting  untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Kebutuhan protein meningkat selama kehamilan, terjadi sampai dengan trimester ketiga. Rekomendasi asupan protein  didasarkan untuk menentukan kebutuhan protein, keseimbangan nitrogen, dan menghindari bersifat reaksi yang tidak diinginkan selama kehamilan

Baca juga:  Inilah 5 Konsumsi Makanan Untuk Kesuburan Kandungan

Ayam merupakan salah satu contoh bahan makanan sumber protein bebas lemak yang baik ntuk merencanakan kehamilan, ayam juga sumber yang kaya akan niacin (vitamin B3), nutrien yang memainkan peran penting dalam sintesis hormon cinta. Kekurangan niacin seringkali dihubungkan dengan masalah kesuburan perempuan dan laki-laki. Dengan 10,6 mg niacin per 3 ons sajian ayam bisa memberikan sekitar 75 persen kebutuhan asupan B3. Daging unggas mengandung B6 dan B12 yang dibutuhkan pada fungsi reproduksi.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat

Hasil gambar untuk high folic acid foods

Tak hanya penting untuk ibu hamil saja, namun asam folat ini juga berguna untuk anda yang sedang menjalankan program kehamilan. Asam folat ini adalah bentuk lain dari vitamin B9, yang juga dikenal dengan nama folat. Wanita dengan kadar asam folat yang terjaga sejak sebulan sebelum kehamilan dan selama tiga bulan pertama kehamilan, bisa menurunkan risiko cacat bayi hingga 70%, lho!

Kebutuhan asam folat untuk wanita yang sedang menjalankan program hamil adalah 400 mikrogram (mcg) atau 0,4 miligram (mg) per hari. Setidaknya, dikonsumsi sebulan sebelum masa konsepsi atau pembuahan. Dosis 400 mcg atau 0,4 mg asam folat tersebut bisa didapatkan dari makanan yang mengandung asam folat atau pun dari suplemen.

4. Melakukan Aktivitas Olahraga

Hasil gambar untuk yoga together

Apakah berat badan anda berlebih atau justru sangat kurang? Hitunglah indeks massa pada tubuh Anda. Memiliki indeks massa tubuh yang rendah (kurang dari 18,5) atau sangat tinggi (lebih dari 30) bisa menyebabkan anda mengalami menstruasi  yang tidak teratur. Berat badan yang sangat kurang dapat membuat anda berhenti untuk berovulasi. Obesitas bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeklampsia, cacat lahir, dan kemungkinan operasi caesar. Jadi, penting untuk berada di berat badan yang sehat agar cepat hamil.

Baca juga:  Lakukan Tips Berikut Ini Agar Anda Cepat Memiliki Keturunan

Aliran darah yang lancar bisa terjadi dengan melakukannya aktivitas olahraga secara teratur. Setelah berolahraga, biasanya tubuh menjadi relaks dan ada stimulasi yang baik pada metabolisme tubuh kita. Ini sangat baik untuk peredaran darah dan hormon perempuan. Tidak perlu olahraga yang berat seperti body builder, cukup melakukan jalan sehat dan yoga secara rutin dapat membuat tubuh anda mejadi sehat.

5. Hindari Rasa Stress

Hasil gambar untuk singing couple

Stress merupakan situasi yang rumit dan mengganggu kestabilan hormon pada seseorang. Hindari rasa stres jika anda sedang mempersiapkan kehamilan. Jalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitar anda. Berhentilah untuk mengeluh dan perbanyak rasa syukur pada hidup anda. Selalu berpikiran positif di dalam segala suasana. Karena Ini baik untuk ketenang jiwa yang anda miliki.

Hal apa yang paling anda dan pasangan sukai? Mungkin anda suka dengan menonton film di bioskop, bernyanyi bersama, wisata kuliner makanan yang sedang trending di internet, atau liburan bersama? Lakukanlah agar hubungan anda dan pasangan terasa semakin harmonis, selain itu juga dapat mengurangi stress yang anda miliki. Ini penting sekali dilakukan bagi anda dan pasangan yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Comments
1. Naluri ke ibuan menjadi lebih peka

I graduated as a Nutritionist in 2018.  My work really does solve my clients’ problems. Being a writer is so much fun!!!  When people ask me what I do, I can say ‘I’m a writer’. Cool. I resist the temptation to say ‘I’m a writer and a nutritionist’. Most of the time.  I get a lot of satisfaction when I complete such writing, but the joy doesn’t come until after the job is done. At the moment I have a lot of writing to do that has nothing to do with my books (articles, blog entries, ad copy, sample writing and the like).

Baca juga:  Informasi Kehamilan 2 Bulan : Tanda Umum Dan Tips Untuk Kehamilan