RKpx 1988 : - - - Apakah Saat Olahraga Pria Membakar Banyak Kalori Daripada Wanita ?

Apakah Saat Berolahraga Pria Membakar Lebih Banyak Kalori Daripada Wanita ?

Apakah Saat Berolahraga Pria Membakar Lebih Banyak Kalori Daripada Wanita ?
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Kalori adalah satuan ukur untuk menyatakan nilai energi. Dalam ilmu gizi, kalori menjadi energi yang diperoleh dari makanan dan minuman serta penggunaan energi dalam aktivitas fisik.

Jika kalori yang masuk dalam tubuh Anda tercukupi dengan baik maka kesehatan akan terjaga. Akan tetapi, bila kelebihan atau kekurangan kalori maka Anda bisa berisiko untuk terkena penyakit.

Dengan berolahraga menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan massa otot. Tak hanya itu, dengan rutin melakukan olahraga ternyata bisa membakar kalori dalam tubuh Anda. Namun, Apakah saat berolahraga pria membakar kalori lebih banyak  dibandingkan wanita? yuk simak dibawah ini !

Pembakaran Kalori Pria dan Wanita dengan Aktivitas

Ternyata, jumlah kalori yang terbakar pada pria dan wanita berdasarkan aktivitas yang dilakukan olehnya. Jika seorang pria melakukan aktivitas lebih banyak dibandingkan wanita, maka akan lebih banyak kalori yang terbakar. Begitu juga sebaliknya, seorang wanita melakukan aktivitas lebih banyak dari seorang pria, maka pembakaran kalori akan lebih banyak dilakukan olehnya.

Tidak hanya pembakaran kalori yang berbeda, kebutuhan kalori pria atau wanita juga berbeda. Kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh pria umumnya lebih banyak meskipun memiliki ukuran berat badan yang sama dengan wanita. Hal ini disebabkan karena massa otot pria cenderung lebih besar dibandingkan wanita. Dengan massa otot yang besar, energi dan kalori yang dibutuhkan juga tentu akan lebih besar dari sebelumnya.

Cara Alami Membakar Kalori Dengan Diet

Ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori :

1. Mengonsumsi Air Putih Lebih Banyak

Dengan mencukupi asupan air putih dalam tubuh sebanyak dua liter perhari, Anda bisa membakar kalori sebanyak 96 kalori per hari. Mengonsumsi air yang cukup nyatanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Tidak ada salahnya, apabila Anda mengkonsumsi air putih sebelum makan untuk mengurangi jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Namun perlu ingat, Anda tetap memperhatikan asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang akan dikonsumsi.

Baca juga:  Varikokel : Gejala, Penyebab, Pengobatan

2. Kurangi Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat yang kamu konsumsi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah kalori yang ada di dalam tubuh. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat mampu membakar kalori dalam tubuh dua kali lebih banyak dibandingkan makanan yang rendah lemak.

3. Hindari Minuman yang Mengandung Gula Tinggi

Efek mengonsumsi gula berlebihan bukan hanya obesitas, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh. Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung gula berlebih agar kesehatan Anda tetap terjaga.

4. Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari dapat membantu mengurangi berat badan. Nyatanya, anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah menambah masalah baru. Solusi yang paling tepat adalah cukup dengan mengurangi porsi Anda, seperti makan 3 sendok makan nasi beserta lauknya.

5. Minum air jeruk nipis di pagi hari

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Karena jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Diet alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, Tapi tetap saja dibutuhkan komitmen yang tinggi agar berat badan dapat turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama.

Cara Alami Membakar Kalori Dengan Berolahraga

1. Cardio

Olahraga kardio merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, pernapasan, serta mampu untuk menurunkan berat badan dengan banyak membakar kalori.

Baca juga:  Kenali Manfaat Berpuasa Yang Baik Untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Terdapat banyak sekali jenis olahraga kardio sederhana yang bisa Anda coba, misalnya berjalan kaki, berlari, bersepeda, dan berenang.

2. Sit-up dan push-up

Hal mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah sit-up dan push-up. Namun tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up.

Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan dapat menghilangkan lemak di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

 

Baca Juga :

Inilah Cara Wanita Agar Tetap Subur Setiap Bulannya

Rahasia Alami Ekstrak Daun Alfalfa Dapat Membantu Wanita Mempersiapkan Kehamilan

Olahraga Berlebihan Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita Maupun Pria?

Comments

Leave a Reply