RKpx 2372 : 0 - 0 - 0 - 0 Kenali 4 Fakta Soal Kesuburan Wanita yang Perlu Diketahui

4 Fakta Soal Kesuburan Wanita yang Perlu Diketahui

4-Fakta-Soal-Kesuburan-Wanita-yang-Perlu-Diketahui
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Setelah menikah para ladies pasti menginginkan untuk segera memiliki buah hati. Tapi sayangnya, engga semua orang bisa memperoleh buah hati dengan cepat lho. Ada yang langsung hamil setelah sebulan menikah, tapi ada juga yang usaha buat mendapatkannya selama bertahun-tahun.

Meski begitu, banyak orang yang menganggap wanita yang paling banyak memiliki masalah kesuburan. Padahal, tergantung juga pada kesuburan alat reproduksi yang dimiliki. Lalu, apa saja sih ladies yang harus kita tahu untuk seputar kesuburan wanita? Untuk menambah pengetahuan ladies, yuk ! Baca fakta seputar kesuburan wanita berikut ini ya.

4 Fakta Pada Kesuburan Wanita yang perlu ladies tahu

Beberapa fakta tentang kesuburan wanita berikut ini :

1. Melakukan Olahraga.

Melakukan olahraga dengan rutin, bisa menjadi cara yang efektif untuk menjaga tubuh ladies agar tetap fit. Selain itu, berat tubuh juga harus terkontrol, lho. Karena dengan ladies melakukan olahraga, sisa sisa lemak yang ada di tubuh akan terbakar secara otomatis. Hasilnya, siklus kesuburan ladies pun jadi terjaga.

Meski begitu, ladies juga harus hindari olahraga yang terlalu berat tanpa ada jeda istirahatnya, misalnya seperti ladies melakukan fitness. Menurut penelitian dari Norwegian University of Science and Technology, responden perempuan yang fitness setiap hari sampai kelelahan bisa mengalami peningkatan risiko ketidaksuburan.

2. Mengetahui Pentingnya Siklus Haid.

Seperti yang kita tahu, salah satu indikasi kesuburan bisa dilihat dari siklus haid. Dari Satu putaran siklus haid,  dimulai dari hari pertama keluar haid hingga sehari sebelum haid bulan berikutnya. Biasanya hal ini berlangsung selama 28 hingga 30 hari. Jika siklus ladies berlangsung teratur seperti ini, maka kemungkinan besar akan masuk kategori subur.

Meski begitu, seseorang bisa dibilang tidak subur jika dia nggak juga hamil setelah satu tahun berhubungan intim secara rutin tanpa menggunakan kontrasepsi. Penyebabnya beragam, misalnya disfungsi hormon, tersumbatnya saluran telur, kista atau pergerakan sperma yang kurang sempurna.

Baca juga:  Bisakah Melakukan Suntik KB Saat Menjalankan Ibadah Puasa?

3. Pengaruh Makanan.

Tahu engga sih, ladies ? jika salah dalam memilih makanan untuk ladies konsumsi itu bisa mempengaruhi kesuburan lho. Salah satu makanan yang bisa meningkatkan kesuburan ladies adalah tauge. yang dapat mengandung vitamin B6, nutrisi yang diperlukan untuk mengatur hormon reproduksi.

Tapi dengan ladies mengkonsumsi tauge saja nggak cukup. Ladies tetap harus mengimbanginya dengan makanan yang mengandung nutrisi lain seperti zat besi, asam folat, cukup protein, vitamin E dan C. Mereka bisa kita peroleh dari seafood, kacang-kacangan dan sayur. Dengan begitu, kurangi makan produk olahan seperti keju, daging olahan dan makanan beku ya.

4. Waspada Kafein, Alkohol dan Rokok.

Ladies hobi banget meminum kopi? Kalau ingin cepat hamil, lebih baik hindari deh untuk mengonsumsinya terlalu sering. Karena, kafein di dalam kopi mengurangi kandungan darah dalam hormon prolactin. Meski begitu, semakin rendah hormon ini, maka tingkat kesuburan ladies juga makin jadi rendah.

Hormon prolactin terlalu tinggi juga nggak baik untuk kesuburan ladies lho. Akibatnya, bisa menganggu siklus haid ladies nantinya. Biasanya, kadar prolactin yang tinggi ini disebabkan konsumsi alkohol yang berlebihan. Rokok juga wajib untuk ladies hindari ya. Kemampuan ovulasi kita bakal berkurang, deh. Bahkan, risiko untuk keguguran dini juga bertambah.

 

Baca Juga :

Mengetahui Pentingnya Masa Subur Pada Wanita Yang Ingin Hamil

Ingin Segera Hamil ? Inilah 5 Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Kesuburan Kandungan

Waspada! 4 Tanda Menstruasi Tidak Lancar Pada Usia Produktif

Comments

Leave a Reply