fbpx

Awas, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mempengaruhi kesuburan pria !

Awas, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Mempengaruhi kesuburan pria !
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Banyak faktor yang menjadi penyebab terganggunya proses pembentukan spermatozoa hingga mengakibatkan kemandulan pada pria.

Kualitas spermatozoa dipengaruhi oleh kebiasaan yang dianggap sepele oleh sebagian kalangan. Pria kerap tidak sadar kalau ada kebiasaan-kebiasaan yang diperbuatnya dapat merusak kualitas spermatozoa yang dimilikinya. Percaya atau tidak faktanya ada beberapa kebiasaan buruk dapat mempengaruhi kesuburan pria sehingga menjadi mandul. Lalu, apa saja kebiasaan buruknya ?

Berikut 5 Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Pria Menjadi Mandul, diantaranya :

1. Kebiasaan Merokok.

1. Merokok
Kebiasaan merokok sudah terbukti sangat merugikan bagi kesehatan, khususnya  kesuburan pada pria. Tingginya kadar nikotin dalam tubuh akibat merokok dapat merusak spermatozoa serta mengurangi jumlahnya.

Sebuah penelitian di Iran menunjukkan, bahwa banyak pria yang mandul atau mengalami gangguan kesuburan karena kebiasaan merokok yang terlalu berlebihan. Selain itu, kualitas spermatozoa para perokok juga jauh lebih rendah dibandingkan pria yang tidak pernah merokok.

2. Memangku Laptop Tanpa Lapisan.

Laptop

Jika anda sering menggunakan laptop, maka sebaiknya letakkanlah laptop anda di meja atau menggunakan lapisan bantal. Laptop menjadi salah satu faktor penyebab terganggunya sistem reproduksi pria.

Ada kolerasi antara penggunaan laptop dan kenaikan suhu pada tempat bergantungnya testis atau skrotum. Banyak pria terbiasa menggunakan laptopnya dengan cara di pangku dan kebiasaan ini bisa mengurangi kesuburan.

3. Mandi Air Hangat.

3. Mandi Air Panas

Mandi dengan menggunakan air hangat hanya boleh sesekali saja untuk dilakukan, apabila tubuh anda terlalu lelah ketika dimalam hari. Segeralah, mandi dengan air hangat yang dapat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia.

Namun, berendam atau mandi dengan air hangat. Jika dilakukannya secara terus menerus tidak baik untuk kesehatan testis anda. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan jumlah produksi spermatozoa yang bisa mempengaruhi kesuburan anda.

4. Menempatkan Ponsel Di Saku Celana.

Menempatkan ponsel di saku celana

Tentu saja, kita sudah terlalu sering mendengar kabar yang menyebutkan bahwa. kebiasaan menyimpan ponsel di saku celana bisa membuat pria jadi mandul, bukan? Jawabannya adalah benar.

Ternyata, banyak para penelitian kesehatan yang menemukan fakta. Bahwa radiasi pada ponsel mampu menurunkan jumlah kualitas sekaligus kuantitas spermatozoa. Sebab, radiasi pada ponsel dapat membuat stress oksidatif atau bahkan kerusakan pada DNA spermatozoa. Sehingga, kemungkinan pria menjadi sulit untuk memperoleh keturunan.

5. Menggunakan Celana Terlalu Ketat.

5. Menggunakan Celana Terlalu Ketat

Pada seorang pria yang menggunakan celana dalam atau celana luar yang terlalu ketat. Dapat mempengaruhi sirkulasi udara di daerah penis anda menjadi sangat minim. Akibatnya, panas yang ditimbulkan dari tubuh tidak akan pergi dan daerah sekitar selangkangan anda menjadi panas. Hal ini bisa berpengaruh terhadap proses pembentukan spermatozoa yang anda miliki.

Sebisa mungkin anda menghindari pemakaian celana dalam maupun celana luar yang terlalu ketat. Terutama, bila aktivitas anda menuntut untuk duduk dalam waktu yang lama. Sebaiknya, anda gunakan celana dalam yang longgar dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun. Agar sirkulasi udara di daerah penis anda menjadi lebih baik.

 

Baca Juga :

Pilihan Makanan Untuk Optimalkan Spermatozoa Yang Berkualitas

Memiliki Keturunan Dimulai Dengan Mengenali Kualitas Spermatozoa

Kenali Penyebab Gangguan Kesuburan Yang Dialami Oleh Pria

Comments
1. Naluri ke ibuan menjadi lebih peka

Seorang ahli gizi lulusan tahun 2008. Lewat artikel, senang membantu mereka yang sedang mengatasi masalah kesehatannya.