RKpx 1313 : - - - Apakah Wanita Yang Menderita PCOS Tetap Bisa Hamil?

Apakah Wanita Yang Menderita PCOS Tetap Bisa Hamil?

Apakah Wanita Yang Menderita PCOS Tetap Bisa Hamil?
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Polycystic ovary syndrome (PCOS) lebih dikenal sebagai penyakit sulit hamil yang paling banyak dialami oleh wanita dan bisa menyerang pada usia produktif. Lalu, apakah penderita PCOS bisa hamil?

Bagi wanita penderita PCOS, memiliki banyak kista kecil yang terletak di sepanjang tepi luar dari masing-masing ovarium (indung telur). Menjadi salah satu penyebab wanita mengalami gangguan kesuburan. Hal ini dapat menyebabkan tidak ada terjadinya ovulasi, sehingga wanita tersebut menjadi sulit untuk hamil dengan pasangannya.

Pertanyaan 1: Apakah Wanita Penderita PCOS Bisa Hamil?

Jawabannya BISA. Karena, wanita yang menderita PCOS masih memiliki peluang untuk hamil. Sehingga, anda tetap bisa memiliki harapan untuk memperoleh sang buah hati melalui rahim anda sendiri.

Namun, tentu saja peluang kehamilan lebih kecil dan masih memerlukan usaha yang lebih besar untuk wanita penderita PCOS apabila ingin hamil, dibandingkan dengan wanita pada umumnya. Ingat bunda jangan pernah putus asa!

Ketika seseorang wanita menderita PCOS, ukuran pada indung telur (ovarium) anda lebih besar dari biasanya. Ternyata indung telur yang lebih besar ini berisikan banyak kista kecil mengandung sel telur yang belum matang. Sehingga, sel telur tersebut sulit untuk dikeluarkan, apalagi untuk dibuahi. Selain itu, wanita dengan PCOS memiliki kadar hormon androgen yang cukup tinggi dan dapat menghambat terjadinya proses ovulasi.

Anda tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak berbagai perawatan untuk anda yang menderita PCOS , yang dapat dicoba untuk meningkatkan potensi kehamilan. Mulai dari yang alami dengan mengubah gaya hidup, terapi tradisional hingga menjalani berbagai prosedur medis yang tepat untuk kondisi anda.

Pertanyaan 2: Lalu, Bagaimana Cara Wanita Penderita PCOS bisa Hamil?

Ada beberapa cara yang dapat membantu anda untuk memperbaiki kesuburan pada wanita penderita PCOS, seperti berikut:

Baca juga:  Kelainan Bentuk Rahim dan Cara Mengatasinya

1. Menjaga Berat Badan Ideal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan peluang kehamilan wanita penderita PCOS adalah dengan menjaga berat badan ideal. Menurut Helen Mason, profesor endokrinologi reproduksi mengatakan, alasan utama ketidaksuburan seorang wanita dengan PCOS adalah kelebihan berat badan. Berat badan yang tidak ideal akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon, sehingga dapat mempengaruhi ovarium. Memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang sehat disebut dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh, mengurangi kadar insulin yang tinggi, serta dapat membantu terjadinya ovulasi.

2. Melakukan Olahraga.

Selain meningkatkan kebugaran, olahraga rutin juga dapat membantu mempersiapkan kondisi tubuh untuk siap hamil. Olahraga mampu  meningkatkan peluang kehamilan bagi wanita yang menderita PCOS. Olahraga juga dapat menurunkan kadar insulin yang berada di dalam tubuh, dan dapat menjaga berat badan. Ini sangat dibutuhkan bagi wanita yang menderita PCOS. Anda bisa mulai berolahraga dengan latihan yang lebih ringan, seperti berjalan kaki dan jogging, pilates, atau senam yoga.

3. Jaga Asupan Nutrisi.

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa pola makan berperan penting dalam membantu menangani wanita penderita PCOS dan meningkatkan kesempatan untuk hamil.

Seorang ahli gizi, Marilyn Glenville mengatakan. Bahwa wanita dengan penderita PCOS lebih berisiko mengalami masalah dalam menyeimbangkan kadar gula darah dan menjadi resistan terhadap insulin. Kondisi tersebut dapat menyebabkan pankreas melepas lebih banyak insulin, sehingga indung telur akan menghasilkan lebih banyak testosteron.

4. Pengobatan.

PCOS dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda, terkadang obat-obatan tertentu diperlukan untuk membantu memperlancar ovulasi. Karena, ovulasi yang teratur menjadi salah satu kunci penting untuk membantu anda hamil. Dengan mengetahui kapan tubuh akan terjadinya ovulasi. Pemilihan pengobatan untuk anda dapat digunakan dengan berbagai macam alternatif.

Baca juga:  Linea Nigra dan Cara Menghilangkannya

Pertama. Clomid atau clomiphene citrate adalah jenis obat yang biasanya diresepkan dokter untuk membantu ovulasi. Clomid bekerja dengan membantu indung telur untuk mengambil telur yang akhirnya akan tumbuh, matang, dan dilepaskan.

Kedua. Jika obat-obatan yang diminum ini tidak efektif, obat suntik juga akan diresepkan untuk merangsang ovulasi. Obat-obatan ini biasanya berbentuk hormon FSH, yakni hormon utama yang diproduksi oleh tubuh untuk merangsang pertumbuhan folikel telur setiap bulannya.

Ketiga. Optimalkan dengan terapi tradisional seperti menggunakan obat ramuan herbal atau jamu tertentu. Selain itu, anda juga dapat melakukan pemijatan refleksi untuk rahim agar dirinya menjadi lebih bugar.

5. Pembedahan.

Prosedur pembedahan yang disebut pembedahan ovarium laparoskopi yang merupakan pilihan alternatif bagi wanita dengan PCOS yang ingin hamil. Sebelum pembedahan, akan dicek terlebih dahulu ada tidaknya tanda-tanda penyumbatan pada saluran tuba falopi atau masalah reproduksi lainnya. Tindakan pembedahan dilakukan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada organ reproduksi. Selain itu, metode IVF atau bayi tabung juga bisa menjadi pilihan program untuk memiliki anak.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan peluang kehamilan jika kamu mengalami PCOS. Jika sudah berhasil, kehamilan perempuan dengan PCOS juga harus dipantau oleh dokter ahli untuk mecegah risiko-risiko yang bisa lebih rentan terjadi pada ibu hamil dengan PCOS.

Baca Juga :

5 Jenis Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita PCOS

Ternyata Menerapkan Pola Hidup Sehat, Bisa Membuat Anda Cepat Hamil !

PCOS Dan Kesuburan Wanita Yang Perlu Untuk Diketahui