fbpx

Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Ibu Hamil dan Bayi Saat Dalam Kandungan

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Pada ibu hamil sangat dianjurkan untuk mendengarkan musik, karena dengan mendengarkan musik dapat memberikan banyak manfaat untuk bayi. Musik klasik dikatakan sebagai jenis musik yang paling baik untuk didengarkan. Lantaran, dapat membuat bayi yang ada dalam kandungan menjadi pintar nantinya.

Sehingga, musik klasik dipercaya mampu membuat ibu hamil menjadi lebih tenang dan nyaman. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di College Nursing at Kaohsiung Medical University Taiwan.

Dalam penelitian yang melibatkan 236 wanita hamil yang berada dalam trimester dua dan tiga telah terbukti bahwa banyak manfaat yang didapatkan untuk ibu hamil dari kebiasaan mendengarkan musik. Lalu, apa saja manfaatnya untuk ibu hamil dan bayi yang di dalam kandungan mendengarkan musik klasik ? Simak penjelasannya dibawah ini !

Manfaat mendengarkan musik klasik untuk ibu hamil

Hormon kehamilan dapat membuat terjadinya perubahan pada ibu hamil. Tak hanya fisik saja yang berubah, tapi juga sikap dan tingkah laku. Salah satu perubahan sikap yang biasa dialami ibu hamil adalah cepat mengalami stress. Memiliki beban pikiran yang terlalu berat bisa berdampak buruk pada ibu dan juga bayi yang ada di dalam kandungan.

Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengalami stres, dapat berisiko lebih besar melahirkan bayi prematur. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan mendengarkan musik. Ritme serta alunan musik bisa membantu ibu hamil lebih tenang, sehingga tubuh ibu hamil mampu menghasilkan hormon serotonin dan endorfin yang membuat perasaan menjadi lebih bahagia.

Mendengarkan musik dapat meningkatkan respons saat bayi di dalam kandungan. Dengan begitu, jika Anda rutin mendengarkan musik klasik, maka bayi di dalam kandungan memiliki ‘gerakan’ khusus untuk mengikuti irama musik klasik yang diputar.

Baca juga:  Penyebab Nyeri Rahim Saat Hamil Muda, Mulai Dari Yang Normal Hingga Waspada

Manfaat mendengarkan musik klasik untu bayi dalam kandungan

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu saja, akan tetapi mendengarkan musik juga bermanfaat bagi perkembangan bayi di dalam kandungan. Salah satunya dapat meningkatkan kemampuan pendengarannya. Meskipun, sang bayi masih berada di dalam kandungan, bukan berarti bayi tidak bisa mendengar apa yang terjadi di luar perut ibu. Melalui musik pendengaran bayi akan terlatih secara otomatis.

Para ahli percaya bahwa bayi di dalam kandungan mampu mengingat musik dan suara yang pernah didengarkan ibunya selama masa kehamilan. Sehingga, ibu hamil bisa mendengarkan musik klasik untuk menenangkan si kecil setelah ia lahir. Bayi dapat mengenali suara musiknya dan akan merasa lebih tenang seketika.

Getaran positif yang didapatkan ibu hamil mendengarkan musik selama kehamilan akan menciptakan stimulasi pralahir, yang dapat membantu ibu hamil terikat dengan bayi yang dikandungnya. Hal Ini akan bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres dan kecemasan yang mungkin dirasakan ibu hamil dan sang bayi di kemudian hari.

Beberapa manfaat mendengarkan musik saat hamil bagi bayi, antara lain :

1. Meningkatkan Kemampuan Mendengar.

Mendengarkan musik saat ibu mengandung bayi. Dikatakan bisa meningkatkan kemapuan mendengar dan keterampilan konsentrasi sang bayi. Oleh sebab itu, saat mendengar musik yang ‘ditransfer’ ibu hamil melalui earphone, bayi bisa merasakan suara dan bereaksi terhadap suara tersebut.

2. Meningkatkan Respons Gerak Bayi.

Bayi memang senang bereaksi dan bergerak terhadap beberapa suara. Dengan rutin mendengarkan musik klasik, bayi bisa memiliki aneka gerakan yang dilakukan sebagai bentuk respons mendengarnya. Atau, Ibu hamil bisa rajin-rajin bepergian keluar rumah agar si bayi dapat mendengar berbagai jenis suara di lingkungan sekitar. Namun, dipastikan jangan memberikan si bayi suara terlalu bising ya Ibu.

Baca juga:  Stress Saat Hamil ? Kenali 5 Tips Mengatasi Stress untuk Ibu Hamil
3. Membantu Bayi Tertidur Setelah Lahir.

Tidak hanya selama masa kehamilan saja, efek mendengarkan musik juga terasa setelah bayi lahir. Ia bisa mengingat musik apa yang biasa diputar sang ibu saat dalam kandungan. Jika terbiasa mendengar musik yang lembut saat dalam kandungan, ketika lahir dan diputarkan musik lembut akan membuat bayi lebih mudah terlelap. Oleh karena itu, ia akan teringat dengan masa-masa di dalam kandungan Ibu.

 

Baca Juga :

Ketahuilah 8 Kegiatan Ibu Hamil Yang Dapat Mencerdaskan Sang Bayi

5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil, Serta Tips Untuk Memilihnya

Inilah Perkembangan Janin Pada Setiap Bulan Selama Kehamilan
Comments