fbpx

5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil, Serta Tips Untuk Memilihnya

5 Manfaat Buah Jeruk Untuk Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil , Serta Tips Untuk Memilihnya
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Jeruk adalah salah satu buah yang disukai wanita hamil. Karena rasanya yang segar dan asam-asam manis. Selain itu, buah yang mudah ditemukan di sepanjang musim di Indonesia ini juga memberi banyak manfaat.

Buah ini dikenal memiliki berbagai jenis nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat baik untuk ibu hamil. Jeruk banyak digunakan ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual berlebihan saat memasuki trimester pertama kehamilan. Akan tetapi, apakah jeruk benar-benar buah yang memiliki manfaat untuk ibu hamil?
Berdasarkan jumlah dan kandungan nutrisi pada buah jeruk, maka buah ini sangat sehat untuk ibu hamil. Jeruk bisa dikonsumsi sepanjang kehamilan dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral bagi ibu hamil. Menurut sebuah penelitian, vitamin C pada jeruk juga bisa mengurangi risiko alergi pada bayi, serta bisa menjaga kesehatan otak bayi. 

Dalam sehari, wanita hamil setidaknya harus mengonsumsi sebanyak 85 miligram vitamin C per hari. Kekurangan vitamin C saat hamil bisa menggangu perkembangan otak bayi.

Berikut ini manfaat buah jeruk yang dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Sebagai Sumber Antioksidan.

Buah jeruk merupakan sumber kandungan antioksidan dan vitamin C baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena, anti oksidan dalam jeruk dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ibu hamil membutuhkan imunitas yang tinggi untuk mempertahankan kesehatan fisik dan juga janin.

 2. Mengatasi Alergi Untuk Ibu Hamil.

Banyak ibu hamil yang mendapatkan kondisi alergi karena berbagai sebab, meskipun berbagai reaksi alergi tersebut bisa hilang pasca kehamilan. Mengkonsumsi buah jeruk secara rutin bisa meningkatkan peluang agar terhindar dari reaksi alergi. Oleh karena itu, alergi bisa mempengaruhi kondisi janin terutama untuk perkembangan otak dan sistem tubuh.

 3. Mencegah Sembelit.

Buah jeruk juga mengandung serat yang sangat baik dalam mengatasi masalah sembelit. Sebab, Jeruk yang sangat segar ini dapat membantu menyehatkan ibu hamil. Serat yang larut dalam air menjadi keunggulan buah jeruk yang bisa membantu ibu hamil agar terhindar dari gangguan sembelit.

Baca juga:  Penyebab Nyeri Rahim Saat Hamil Muda, Mulai Dari Yang Normal Hingga Waspada

4. Mengatasi Dehidrasi.

Jeruk yang mengandung vitamin C tinggi dan banyak mengandung air memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Masalah ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah pada trimester pertama. Jeruk menghilangkan rasa mual dan mengatasi kekurangan cairan tubuh.

5. Melawan Infeksi.

Infeksi kuman dan bakteri sangat rentan untuk ibu hamil. Berbagai jenis kuman dan bakteri bisa memberi gangguan yang sangat besar untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Konsumsi jeruk ternyata bisa membuat ibu hamil memiliki sistem tubuh yang kuat untuk melawan infeksi. Jeruk mengandung senyawa polifenol yang berperan untuk mengatasi infeksi dan melawan kuman.

6. Mengatasi Darah Tinggi.

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, maka bisa mengkonsumsi jeruk sebagai terapi yang sangat sehat. Jeruk mengandung sejenis senyawa hesperidin yang bisa mengatur sistem tekanan darah. Ibu hamil yang memiliki penyakit darah tinggi bisa mengatur tekanan darah dengan konsumsi jeruk harian. Bahkan peran senyawa hesperidin akan semakin tinggi dengan bantuan magnesium yang ditemukan pada buah jeruk.

Tips Memilih Buah Jeruk Untuk Ibu Hamil

Meskipun buah jeruk sangat sehat untuk ibu hamil. Namun, ibu hamil harus pintar memilih jenis jeruk yang benar-benar sehat dan aman untuk dikonsumsi. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk memilih buah jeruk :

  • Pilih buah jeruk yang masih segar, bisa dilihat dari kondisi kulitnya yang masih lentur, mengeluarkan aroma yang khas dan tidak ada luka pada kulit jeruk.
  • Hindari memilih jeruk yang banyak mengandung kerak atau noda pada bagian kulit.
  •  Jangan menyimpan jeruk di kulkas dalam waktu yang terlalu lama.
  • Jika Anda ingin membuat jus jeruk, maka pastikan semua perlengkapan sudah bersih sehingga bisa terhindar dari kuman.
  • Ibu hamil yang memiliki masalah atau gangguan dengan lambung dan asam lambung, sebaiknya mengkonsumsi sedikit buah jeruk.
Baca juga:  Kenali 6 Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Menjelang Masa Kehamilan

Buah jeruk yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jeruk menyumbang sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan dan pertumbuhan janin. Akan tetapi, bila ingin membeli jus jeruk dalam bentuk kemasan, maka pilih jus jeruk yang sudah melewati tahap pasterurisasi. Namun, pastikan untuk mengkonsumsi buah jeruk dalam keadaan sehat dan tidak terkena paparan kuman maupun bakteri.

 

Baca Juga :

Ketahuilah 8 Kegiatan Ibu Hamil Yang Dapat Mencerdaskan Sang Bayi

Inilah 6 Manfaat Menyusui Bayi Bagi Kesehatan Sang Ibu

Ingin Segera Hamil ? Inilah 5 Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Kesuburan Kandungan

Comments