RKpx 1 : - - - Waspada Penyakit Stroke, Kenali Gejala Awal Dan Cara Mencegahnya

Waspada Stroke, Kenali Gejala Awal Dan Cara Mencegahnya

Waspada-Stroke-Kenali-Gejala-Awal-Dan-Cara-Mencegahnya
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Stroke adalah Penyakit yang timbul karena adanya masalah pada pembuluh darah otak. Masalah tersebut bisa berupa sumbatan atau perdarahan.

Sehingga menyebabkan otak kekurangan aliran darah, nutrisi maupun oksigenasi. Hal ini menyebabkan terjadinya kerusakan sel-sel pada sebagian jaringan otak. Kerusakan ini bisa pula luas mengenai hampir seluruh jaringan otak. Stroke merupakan penyakit penyebab kematian ke 3 terbanyak, sesudah penyakit Jantung dan Kanker. Tetapi merupakan penyakit yang menyebabkan kecacatan tertinggi di bandingkan semua penyakit yang ada.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Republik Indonesia (Riskesdas RI) tahun 2007 jumlah penderita penyakit stroke sejumlah 8,3 per 1.000 penduduk. Bila dibandingkan dengan hasil Riskesdas RI tahun 2013 angka ini meningkat menjadi 12,1 per 1.000 penduduk.

Hal yang membuktikan bahwa mewaspadai dan mencegah timbulnya stroke harus dilakukan dengan baik dan serius, karena sekali terkena stroke, maka akan menyebabkan produktifitas seseorang akan berkurang atau menurun bahkan bisa sampai meninggal dunia.

Faktor Penyebab Timbulnya Stroke

Ada 2 faktor yang menjadi penyebab timbulnya stroke :

1. Faktor Risiko klinis.

Seperti timbulnya Hipertensi ( tekanan darah tinggi ), kadar lemak (kolesterol dan trigliserida) yang tinggi, adanya arteriosklerosis (penurunan elastisitas pembuluh darah ), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga, migren yang berulang. 80% pemicu stroke dari resiko Medis adalah Hipertensi dan Arteriosklerosis.

2. Faktor Risiko Gaya Hidup.

Seperti pola makan yang tidak sehat, merokok, konsumsi minuman bersoda atau alkohol, konsumsi makanan cepat saji ( junk food atau fast food), kurang aktifitas atau olah raga, kurang tidur, obesitas dan stress.

Gejala Awal Stroke

Rasa kesemutan/baal sampai dengan mati rasa mendadak pada muka, lengan, kaki terutama pada satu bagian tubuh saja.
Sulit berbicara, sulit mengerti sampai timbulnya kebingungan.
Pandangan mata mendadak kabur sampai dengan tak melihat.
Mendadak sukar berjalan, terhuyung-huyung dan kehilangan keseimbangan.
Mendadak merasa pusing, sakit kepala sampai dengan pingsan.

Baca juga:  Manfaat Berkebun Saat Hamil, Serta Hal yang Harus Diperhatikan

Mencegah Stroke dengan gaya hidup.

1. Melakukan Diet Sehat Dan Seimbang.

Diet sehat dan seimbang dapat diartikan dengan mengkomsumsi lebih banyak buah dan sayuran segar, susu rendah lemak, rendah kolesterol dan rendah natrium (asupan garam < 2.300 mg atau sekitar 1 sendok the per hari ). Menjaga makanan tetap seimbang antara Karbohidrat, protein dan lemak.

2. Aktivitas Fisik Secara Teratur.

Latihan dengan tingkat sedang (akumulasi 30-60 menit) 3-4 hari dalam minggu. Misalnya, jalan santai, jogging, bersepeda santai , berenang dan sebagainya.

3. Kendalikan Berat Badan.

Mempertahankan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada kisaran 18,5 sampai 24,9 kg/m2 dan lingkar pinggang kurang dari 80 cm bagi wanita dan kurang dari 90 cm bagi pria (standar Asia Timur dan Selatan).

4. Mengurangi Merokok.

Segera kurangi atau berhenti merokok dan sebisa mungkin tinggal di lingkungan yang bebas dari asap rokok. Ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan merokok dengan terapi pengganti nikotin (permen karet, patch) dan terapi tingkah laku.

5. Kendalikan Hipertensi.

Menurunkan tekanan darah yang tinggi sampai target kurang dari 140/90 mmHg (tanpa penyakit penyerta lain).

6. Kontrol Gula Darah.

Bagi penderita diabetes, target penurunan tekanan darah lebih agresif kurang dari 130/80. Bagi bukan penderita Diabetes, dijaga saja jangan sampai melebihi nilai normal.(180mg %)

7. Cegah Hiperlipidemia.

Bagi penderita lemak tinggi (hiperlipidemia), lakukan perbaikan gaya hidup dengan mengurangi makanan yang berlemak seperti jeroan daging serta mengurangi makanan berminyak atau melalui proses menggoreng.

8. Hindari tekanan Stress yang berlebihan dan Depresi.

Stress dan Depresi adalah masalah kejiwaan yang mampu membuat seluruh system tubuh tidak berfungsi dengan optimal. Keduanya secara perlahan-lahan dan tidak langsung mampu pula menimbulkan stroke.

Baca juga:  Hormon Testosteron Anda Menurun? Kenali Penyebabnya!

 

Baca Juga :

Varikokel : Gejala, Penyebab, Pengobatan

Endometriosis : Penyebab, Gejala, Mengobati

Kanker Serviks : Penyebab, Gejala, Pencegahan

Comments