RKpx Alfalfapx 4572 : 1 - 0 - 0 - 0 Wajib Tahu Manfaat Menggunakan Masker Kain Silver Ion Saat Ini

Wajib Tahu Manfaat Menggunakan Masker Kain Silver Ion Saat Ini

efektivitas-jenis-masker-medis-atau-bedah
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

efektivitas-jenis-masker-medis-atau-bedah

Pandemi membuat kita saat ini memiliki gaya hidup baru, yaitu gaya hidup 5 M dimana menggunakan masker menjadi kewajiban. Namun, dampak penggunaan masker sekali pakai membuat penumpukan limbah sampah yang akan mempercepat terjadinya global warming. Oleh karena itulah, saat ini semua berlomba membuat suatu inovasi masker digunakan sebagai proteksi sekaligus dapat digunakan berulang kali. Hingga muncullah inovasi masker kain teknologi silver-ion.

Masker kain teknologi silver ion dinilai sebagai  inovasi terbaru, solusi penumpukan limbah masker yang dinilai efektif sebagai masker pelindung diri dari polusi, debu, patogen penyakit di udara hingga paparan uv yang dapat digunakan berulang kali. Mengapa demikian? karena teknolgi silver-ion ini digabungkan ke dalam serat kain yang lembut sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembuat masker. Lalu, apa itu teknologi silver -ion? Samakah dengan silver yang biasa kita kenal? dan apa manfaat teknologi ini?

Mari Berkenalan Dengan Apa Itu Teknologi Silver-Ion?

Selain sebagai bahan dasar aksesoris atau perhiasan, silver atau dikenal sebagai perak ternyata juga dinilai efektif dalam membasmi berbagai jenis mikroorganisme seperti  kuman hingga virus. Efek ini diperoleh dari partikel silver-ion pada perak. Silver-ion sendiri merupakan partikel silver berukuran sangat kecil yang diubah menjadi ion oleh berbagai rangkaian pengolahan khusus. Sehingga tidak bisa disamakan dengan bahan silver murni.  Konon, sebelum ditemukan antibiotik, silver-ion ini telah digunakan selama berabad-abad di Yunani untuk menangani sakit perut atau menyembuhkan luka. Bahkan hingga era modern ini penggunaan silver-ion terus berkembang dan digunakan untuk berbagai hal, seperti rekomendasi WHO sebagai penyuling air, peralatan medis, bahan baku untuk tambal gigi, dll.

Apa Saja Manfaat Silver-Ion ?

Baca juga:  Perbedaan Efektivitas Jenis Masker untuk Mencegah Paparan Covid-19

Sebelumnya, kita sudah diperkenalkan dengan aplikasi silver-ion diberbagai aspek kehidupan dimana silver-ion bekerja baik untuk melawan virus, bakteri, hingga pelindung radiasi-uv. Mengapa silver-ion memiliki manfaat tersebut?

Efektif melawan virus. Bekerja dengan cara mencegah atau melepaskan perlekatan virus pada sel-sel tubuh. Kemudian, membentuk proses strerilisasi dengan merusak dinding sel virus dengan mengganggu proses metabolisme virus dan merusak susunan DNA-nya sehingga virus tak dapat berkembang biak dan mati.

Efektif melawan bakteri. silver-ion akan membentuk proses sterilisasi dengan memblokir proses fisiologis pertumbuhan bakteri. Silver-ion akan meningkatkan aktivitas biologis  membentuk energi panas yang berinteraksi langsung dengan dinding sel bakteri. Ikatan ini menciptakan gangguan stabilitas membran, melepaskan ion kalium, dan menurunkan jumlah sel energi (ATP) dari bakteri sehingga metabolisme bakteri terganggu dan produksi spesies oksigen reaktif meningkat menyebabkan kerusakan sel pada bakteri dan bakteri pun akhirnya mati.

Pelindung Radiasi-Uv. silver-ion bekerja sebagai konduktivitas listrik terbaik dimana Silver-ion dapat menghilangkan listrik statis sekaligus kemampuan reflektivitas yang baik sehingga dapat menjadi pelindung ketahanan radiasi elektromagnetik yang berbahaya. Reflektivitas sendiri adalah kemampuan suatu bahan dalam memantulkan gelombang elektromagnetik yang terpapar ke permukaannya.

Masih ragu menggunakan masker kain berbahan teknologi silver-ion setelah tahu manfaat silver-ion? Mulai bijaklah memilih masker.