RKpx Mixedfruitpx3072 : 0 - 0 - 0 - 0 Vertigo Kambuh? Lakukan 8 Tips Ini Untuk Mengatasinya!

Vertigo Kambuh? Lakukan 7 Tips Ini Untuk Mengatasinya!

vertigo-kambuh-lakukan-7-tips-ini-untuk-mengatasinya
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Serangan vertigo bisa saja terjadi secara mendadak, sehingga sering membuat penderitanya merasa cemas dan was-was. Selain itu, sensasi kepala terasa berputar-putar yang ditimbulkannya tentu saja membuat penderitanya terganggu.

Vertigo bisa saja kambuh saat Anda sedang beraktivitas di kantor, jalan-jalan ke luar rumah, maupun saat mengendarai kendaraan, seperti kendaraan motor atau mobil. Beberapa upaya yang dapat Anda lakukan saat vertigo kambuh adalah sebagai berikut.

  1. Bila vertigo kambuh saat Anda sedang berdiri, maka segeralah duduk dan tetap tenang.
  2. Vertigo yang kambuh saat sedang tidur, maka nyalakan lampu kamar (jika lampu kamar dalam kondisi mati), berbaring miring dengan bertumpu pada sisi kepala yang tidak sakit, serta posisikan kepala lebih tinggi dari tubuh menggunakan dua bantal. Saat bangun di pagi hari, jangan langsung beranjak dari tempat tidur, namun duduk sejenak sebelum berdiri.
  3. Hindari menggerakkan kepala dengan cepat.
  4. Batasi melakukan olahraga yang membutuhkan pergerakan cepat, seperti basket dan sepak bola.
  5. Banyak minum air putih, minimal 8 gelas dalam sehari.
  6. Batasi konsumsi makanan atau minuman yang bisa memicu vertigo, seperti tinggi kafein, alkohol, serta kebiasaan merokok.
  7. Mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran.

 

vertigo-kambuh-lakukan-7-tips-ini-untuk-mengatasinya

Frekuensi vertigo kambuh dapat diminimalisir dengan kekuatan antioksidan, loh.

Tidak hanya mengobati, vertigo tetap perlu dicegah kekambuhannya. Salah satu upaya ampuh yang dapat mencegah kekambuhan vertigo adalah mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Menurut hasil penelitian Taylan et al. (2016), kondisi stres oksidatif tubuh dapat memicu terjadinya penyakit vertigo. Stres oksidatif bisa terjadi ketika radikal bebas meningkat dan produksi antioksidan sedikit di dalam tubuh.

Kapasitas total antioksidan (TAC) merupakan jumlah keseluruhan antioksidan utama dalam tubuh manusia yang ditunjukkan oleh vitamin C, vitamin E, albumin, bilirubin, dan asam urat. Pada penderita vertigo, kadar TAC ini lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami vertigo. Hal ini bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu :

  1. Adanya ketidakseimbangan antara jumlah antioksidan dengan ROS (salah satu radikal bebas) di dalam tubuh, sehingga memengaruhi sirkulasi otolith pada bagian telinga yang menyebabkan gangguan keseimbangan pada penderita vertigo.
  2. Serangan vertigo atau stres emosional dapat memicu mekanisme pertahanan antioksidan menjadi lemah, sehingga menyebabkan stres oksidatif dan penurunan kadar TAC di dalam tubuh. Kondisi inilah yang bisa membuat vertigo Anda kembali kambuh.
Baca juga:  Inilah 6 Manfaat Menyusui Bayi Bagi Kesehatan Sang Ibu

Ada beberapa buah dan tanaman alami yang kaya antioksidan dan bisa dijadikan pilihan untuk mencegah kekambuhan vertigo Anda, diantaranya tomat, manggis, blueberry, acaiberry, cranberry, delima, anggur, teh hijau, dan rosela. Anda bisa mengonsumsi buah dan tanaman alami ini setiap hari untuk meningkatkan asupan antioksidan di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi kekambuhan vertigo Anda.

Baca Juga :

Keseimbangan Tubuh Terganggu? Waspada Vertigo!

Mengelola Stres dengan Baik, Inilah 5 Tipsnya!

Jelas Berbeda! Kenali 5 Tanda Vertigo VS Sakit Kepala Biasa

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.