RKpx 1544 : 0 - 0 - 0 - 0 Mengatasi stres saat promil, Yuk, Intip Apa Saja 7 Tipsnya!

Tips Mengatasi Stres Selama Menjalani Program Hamil

tips-mengatasi-stress-selama-menjalani-program-hamil-1
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Rasanya, penting bagi moms untuk bisa mengatasi stres saat sedang menjalani promil. Ketika moms telah berusaha untuk hamil, namun belum berhasil. Sering kali stres dapat menghampiri moms. Kekecewaan dari program hamil dapat mempengaruhi keadaan emosi moms, bahkan bisa berdampak terhadap kualitas hubungan moms dengan pasangan.

Mengatasi Stres Saat Promil

Penelitian dari Oxford University membuktikan bahwa stres dapat menurunkan peluang terjadinya pembuahan di masa subur. Seorang wanita yang sedang mengalami stres. Peluang kehamilannya menurun hingga 12%. Dikutip dari Dailymail, penelitian tersebut melibatkan 274 perempuan berusia 18-44 tahun yang sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan. Responden tersebut tidak berhubungan seks maupun menjalani terapi kesuburan dalam 3 siklus menstruasi sebelumnya.

Berdasarkan pemeriksaan air ludah (saliva), peneliti menemukan bahwa wanita yang pada masa suburnya memiliki kadar enzim alfa-amilase paling tinggi. Enzim tersebut merupakan indikator tingkat adrenalin, yang meningkat saat sedang mengalami kegelisahan. Peluang kehamilan 12 persen lebih kecil saat sedang stres. Stres ini juga bisa mempengaruhi gairah seks pasutri.

Gairah seks cenderung  menurun saat sedang stres dan Anda pun jadi tak tertarik untuk bercinta. Jika Anda jarang berhubungan intim, terutama saat masa subur, kemungkinan Anda hamil bisa semakin kecil. Untuk mengatasi stres saat sedang menjalani program hamil, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Mengatasi stres saat promil: You are what you eat

tips-mengatasi-stress-selama-menjalani-program-hamil-you-are-what-you-eat

Terlalu banyak minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein dapat memicu stres. Makanan yang tinggi gula juga dapat mempengaruhi mood Anda. Kenaikan gula darah akan meningkatkan hormon insulin di dalam tubuh sehingga gula banyak tersimpan di dalam tubuh. Kadar gula yang tidak terkontrol akan membuat mood menjadi kacau dan cenderung depresi.

Baca juga:  Risiko Anovulasi Terhadap Infertilitas, Benarkah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr Felice Jacka dari Deakin University menunjukkan adanya keterkaitan antara pola makan dengan kesehatan mental. Penelitian tersebut melibatkan 3.000 partisipan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setelah mengganti pola makan sehat selama 2 tahun, kesehatan mental pasien juga membaik.

Banyak dari kita yang menganggap mengubah pola makan harus ekstrem. Namun, sebenarnya diet adalah pola makan yang bisa kita lakukan dalam waktu yang lama dan menjadi sebuah gaya hidup. Hal yang harus dilakukan adalah mengimbangi pola makan harian dengan  konsumsi buah dan sayur-sayuran setiap hari, maka kita pun sudah memenuhi syarat pola makan yang lebih sehat.

Dr. Felice Jacka memang tidak bisa menjamin jika komengonsumsi sayuran dan buah-buahan ini akan secara efektif mencegah stres atau depresi. Hanya saja, melihat adanya dampak positif dari para partisipan penelitian yang mendapatkan kondisi mentalnya menjadi lebih baik, maka tentu konsumsi makanan yang lebih sehat harus kita perhatikan.

2. Mengatasi stres saat promil: Going to bed early and wake up early

tips-mengatasi-stress-selama-menjalani-program-hamil-going-to-bed-and-wake-up-early

Fakta menunjukkan jika tidur tidak berkualitas dapat memicu stres. Saat sedang tertidur tubuh beregenerasi, ada hormon-hormon tertentu yang keluar yang membantu sistem kerja tubuh. Waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-8 jam/hari.  Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang tidur kurang dari 8 jam setiap malam ternyata lebih mudah mengalami stres, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 8 jam.

3. Mengatasi stress saat promil: Do something fun!

tips-mengatasi-stress-selama-menjalani-program-hamil-doing-something-fun

Lakukan kegiatan yang menyenangkan. Pergi piknik, menonton film dengan teman atau sekedar menghabiskan me time dengan membaca buku favoritmu. Atau sesekali cobalah hal baru dalam hidupmu. Berkumpul dengan orang-orang positif akan membuatmu merasakan energi positif juga.

Baca juga:  Keluar Angin dari Miss V? Waspada Queefing!

4. Mengatasi stres saat promil: Excercise 

tips-mengatasi-stress-selama-menjalani-program-hamil-exercise

Olahraga dapat mengurangi stres. Saat berolahraga tubuh mengeluarkan hormon endorphin dan neurotransmitter yang bisa mempengaruhi suasana hati. Olahraga secara teratur membantu tubuh menjadi lebih rileks dan sehat. Pilihlah olahraga yang Kamu sukai misalnya naik sepeda bersama teman, aerobik ataupun zumba.

Baca juga:

  1. Madu Penyubur Kandungan Bikin Cepat Hamil? Baca Dulu Fakta Medisnya Sebelum Membeli
  2. Olahraga Saat Hamil, Bolehkah? Ada 5 Hal yang Harus Diperhatikan
Comments