RKpx 4364 : 0 - 0 - 0 - 0 Tips Berbuka Puasa dengan Benar | Rahasia Kesuburan

Tips Berbuka Puasa dengan Benar

tips-berbuka-puasa-dengan-benar
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Waktu untuk berbuka puasa adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua Umat Muslim setelah seharian menahan rasa haus dan lapar. Namun, sayangnya, banyak orang yang masih belum tahu bagaimana cara berbuka puasa dengan cara yang baik dan benar. Oleh karena itu, yuk intip tips berbuka puasa dengan benar.

Tips Berbuka Puasa dengan Benar: Mengonsumsi makanan manis namun tak berlebih

Tips berbuka puasa dengan benar umumnya berkaitan dengan jenis makanan yang sangat diperlukan oleh orang yang ingin berbuka puasa berupa jenis makanan yakni seperti: mengandung gula, zat cair yang mudah dicerna oleh tubuh dan langsung dapat diserap oleh saluran pencernaan dengan cepat, serta yang dapat menghilangkan dahaga. Makanan yang mengandung gula bukan berarti makanan yang selalu manis, seperti contoh: nasi putih. Organ pencernaan, khususnya usus membutuhkan waktu kurang lebih selama 5 menit untuk menyerap cairan yang mengandung gula. Namun, makanan yang tidak mengandung unsur gula, seperti gorengan, mie, atau nasi akan diserap 3 hingga 4 jam.

Tips Berbuka Puasa dengan Benar: Melakukan Shalat Magrib terlebih dahulu

tips-berbuka-puasa-dengan-benar-melakukan-shalat-magrib-terlebih-dahulu

Tips berbuka puasa selanjutnya, Sobat RK sebaiknya melakukan Shalat Magrib terlebih dahulu sebelum mengonsumsi makanan utama. Melalui hal ini, Sobat RK telah memberikan jeda untuk tubuh agar tidak kaget ketika terisi penuh oleh berbagai jenis makanan secara tiba-tiba karena dibutuhkan selama 15 menit bagi tubuh untuk bekerja secara optimal setelah seharian tidak diisi oleh makanan berat. Ketika Sobat RK mengonsumsi makanan dalam jumlah besar saat berbuka puasa hanya akan merusak organ-organ tubuh sehingga mengalamiΒ shock. Perlu diingat bahwa sebisa mungkin menghindari kebiasaan menghidangkan makanan yang berlebihan ketika waktu berbuka puasa tiba.

Baca juga:  Ereksi Dadakan Saat Puasa ? Cegah Dan Atasi Dengan Cara Ini Yuk !

Tips Berbuka Puasa dengan Benar: Mengontrol diri terhadap makanan penutup

tips-berbuka-puasa-dengan-benar-mengontrol-diri-terhadap-makanan-penutup

Sobat RK juga sebaiknya belajar untuk mengontrol diri terhadap makanan seperti: es buah, kolak, cendol, dan lain sebagainya. Kalaupun ingin memakannya, pilihlah salah satu, jangan semuanya karena akan membuat gula darah kita naik drastis. Hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan kita, terutama bagi penderita diabetes. Bahkan, yang tidak memiliki penyakit diabetes pun dapat mengalami kegemukan. Ketika kadar glukosa naik, insulin akan dikeluarkan tubuh untuk menyimpan kelebihan glukosa yakni dalam bentuk lemak. Kalau hal ini terjadi selama berhari-hari, maka seseorang pasti akan bertambah berat badannya. Hal inilah yang menjadi pemicu berat badan seseorang naik ketika Bulan Ramadhan.

Kementerian Kesehatan RI memiliki beberapa tips berbuka puasa dengan benar sebagai tambahan nih, Sobat RK. Apa aja sih? Yuk, lanjut baca lagi sampai akhir.

  • Mulailah dengan meminum air hangat 1 gelas;
  • Makan malam sesuai dengan menu gizi seimbang dan hindari rokok;
  • Makananlah secara bertahap. Jangan buru-buru;
  • Kurangi makanan manis yang berlebih, asin, dan berlemak; dan
  • Istirahat cukup untuk mempersiapkan diri bangun sahur esok hari.

Berikut adalah gambaran dari “Piring Makanku” menurut Kemenkes RI yang bisa Sobat RK terapkan ketika berbuka puasa

 tips-berbuka-puasa-dengan-benar-kemenkes-republik-indonesia

Baca juga:

Menjalani Promil Sambil Puasa, Apakah Bisa?

5 Rahasia Kulit Tetap Glowing Selama Bulan Puasa

Menjalankan Puasa Saat Sedang Hamil, Boleh Tidak?

Hubungi Untuk Konsultasi Lengkap:

Seftiya Magdalena/6281370041848

Comments