RKpx MFPpx2896 : 0 - 0 - 1 - 0 Terapi Insomnia dengan CBT, Yuk! | Rahasia Kesuburan

Terapi Insomnia dengan CBT, Yuk!

terapi-insomnia-dengan-cbt-yuk
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Biasanya, orang yang mengalami insomnia akan mengalami perubahan suasana hati, suka cepat marah, dan sering merasa cemas. Nah, hati-hati loh, jika sudah sering mengalami tanda-tanda ini, maka kamu sebaiknya segera melakukan terapi untuk mengatasi insomia kamu, ya!

Terapi insomnia bisa menjadi salah satu alternatif membantu atasi susah tidur sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan obat tidur. Terapi insomnia yang bisa kamu lakukan adalah CBT (Cognitive Behavioral Therapy) atau Terapi Perilaku Kognitif.

Insomnia pun tidak hanya menyebabkan seseorang mengalami sulit tidur, namun masalah juga pada saat bangun tidur. Penderita insomnia pada saat bangun tidur pun tidak merasa segar atau benar-benar terjaga, dan akan mengalami lelah dan rasa kantuk sepanjang hari.

Lalu, bagaimana caranya ya untuk atasi insomnia ini?

Insomnia yang belum parah biasanya bisa diatasi dengan melatih pola tidur yang baik dan benar. Namun, jika insomnia yang kamu alami sudah parah, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk periksa ke dokter. Terapi perilaku kognitif di bawah ini bisa membantu kamu mengatasi insomnia. Apa sajakah itu?

Terapi Relaksasi.

Disini, penderita insomnia akan diajari cara mengontrol napas. Urutannya adalah sebagai berikut.

  • Mencari posisi tidur yang paling nyaman, misalnya dengan berbaring telentang atau menyamping. Fokuskan pada apa yang kamu rasakan.
  • Fokuskan perhatian kamu pada tubuh. Jika pikiran kamu melayang pada apa yang telah terjadi dari pagi hari, segera kembalikan fokus pikiran kamu ke kasur dan rasakan betapa pegal dan lelahnya tubuhmu.
  • Dengarkan dan konsentrasi pada suara napasmu.
  • Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan-lahan. Aktivitas tarik napas dalam-dalam ini untuk merilekskan otot, sehingga pelan-pelan kamu akan mulai bisa tertidur.
Baca juga:  Apakah Saat Berolahraga Pria Membakar Lebih Banyak Kalori Daripada Wanita ?

Terapi Kontrol Stimulus.

Dalam terapi ini, penderita insomnia diajarkan untuk menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan melakukan aktivitas bercinta. Selain itu, juga diajarkan untuk segera tidur apabila sudah mengantuk. Kamu tidak boleh bermain handphone atau laptop, karena ini adalah kebiasaan buruk yang buat kamu sulit tidur.

Apabila kamu belum juga tertidur selama 20 menit setelah berbaring di atas kasur, maka kamu harus bangkit dari tempat tidur. Kamu bisa melakukan aktivitas santai dulu, seperti meditasi atau rileksasi. Setelah kamu mengantuk lagi, baru kembali ke tempat tidur.

Terapi Retriksi Tidur.

Terapi ini dilakukan dengan cara mengurangi jam tidur kamu. Kalau biasanya jam tidur kamu 6-8 jam sehari, maka dengan terapi ini jam tidur kamu hanya 5 jam.

Terapi ini melatih kamu menjadi kekurangan tidur, sehingga melatih kamu untuk tertidur cepat. Apabila ini berhasil, kamu bisa meningkatkan jam tidur kamu secara bertahap.

Terapi Sleep Hygiene.

Seringnya, gangguan tidur itu disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, sering minum alkohol ataupun yang mengandung kafein, dan jarang sekali berolahraga.

Dengan merubah kebiasaan buruk di atas, dapat membantu kamu menerapkan sleep hygiene dengan baik. Lama-kelamaan, kebiasaan ini pun bisa membantu kamu mengembangkan pola tidur yang baik dan sehat.

Bagaimana ya solusinya kalau sudah melakukan terapi di atas dan tidak ampuh juga mengatasi insomnia?

Tenang, kamu tidak mesti langsung memutuskan untuk mengonsumsi obat tidur sebagai penyelesaian akhir dari insomnia kamu. Ada beberapa tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi insomnia kamu, seperti bunga lavender, akar valerian, chamomile, hops, rosemary, lemon balm, kaktus, dan akar Maca.

Baca juga:  Wow, Inilah Manfaat Buang Angin Untuk Kesehatan!

Bermacam tanaman herbal tersebut bisa membantu kamu mendapatkan tidur yang lelap dan nyenyak, menenangkan pikiran, meredakan kecemasan, serta menetralisir udara sekitar sehingga tidur kamu menjadi lebih nyaman.

Nah sobat RK, tidak ada salahnya tuh dicoba dengan tanaman herbal. Jadi, jangan langsung memutuskan mengonsumsi obat tidur ya! Have a nice sleep!

Baca Juga :

Waspada Insomnia, Inilah Penjelasan Ilmiahnya Untuk Anda!

Keseimbangan Tubuh Terganggu? Waspada Vertigo!

3 Cara Terapi Penyembuhan Maag

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.