RKpx 4508 : 0 - 0 - 0 - 0 Sistem Imun Tubuh: 5 Langkah Jitu untuk Meningkatkannya

5 Langkah Jitu untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

5-langkah-jitu-untuk-meningkatkan-sistem-imun-tubuh
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Pemerintah telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang berlaku mulai tanggal 3 Juli 2021. Keputusan tersebut diambil  karena lonjakan kasus harian Covid-19 di Indonesia yang semakin parah. Berdasarkan data dari kawalcovid19.id per tanggal 18 Juli 2021 terdapat 44.721 kasus baru, dengan total kasus sebanyak 2.877.476 kasus. Hal ini tentunya bukan berita baik bagi Indonesia. Di dalam kondisi pandemi seperti ini situasi menjadi tidak menentu.

Rasa cemas, takut, dan khawatir menghantui kita setiap hari, sehingga tidak jarang kita menjadi stres. Namun, tahukah Sobat RK bahwa stres bisa menurunkan sistem imun tubuh? Ya, stres bisa menekan sistem imun tubuh. Padahal saat ini kita sangat memerlukan sistem imun tubuh agar tidak terpapar virus Covid-19. Lalu apa yang harus Sobat RK lakukan? Simak terus ya artikel di bawah ini untuk mengetahui cara jitu tingkatkan sistem imun tubuh kalian!

Apa sih Sistem Imun Tubuh?

Selama ini kita sering sekali mendengar istilah sistem imun tubuh. Namun, sebenarnya sistem imun tubuh itu apa sih? Ada di manakah sistem imun tubuh kita? Sistem imun tubuh merupakan sistem pertahanan tubuh kita yang melawan patogen atau mikroba berbahaya dari luar tubuh. Sistem imun tubuh sendiri terletak pada sel darah putih (leukosit).

Sel darah putih dalam menjalankan perannya sebagai sistem imun tubuh tidak sendirian, melainkan bekerja secara sinergis dengan microbioma yang ada di dalam tubuh. Mikrobioma akan memberikan sinyal ke sistem imun tubuh apabila ada patogen dari luar. Microbioma adalah kumpulan dari bakteri, archae, dan juga fungi yang hidup di dalam setiap bagian tubuh manusia, seperti pada mulut, kulit, usus, dan juga vagina. Proporsi mikrobioma ini paling banyak terdapat di dalam usus yang terdiri dari sekitar 100 triliun sel-sel mikrobioma.

Baca juga:  Bolehkah Melakukan Hubungan Intim Saat Social Distancing?

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia belakangan ini terus meningkat. Hal yang bisa kita lakukan adalah meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit. Berikut ini ada 5 cara jitu yang bisa Sobat RK terapkan di rumah:

1. Mengonsumsi Buah dan Sayur yang Tinggi Serat

Sobat RK pasti sudah sering mendengar kampanye makan buah dan sayur kan? Tetapi, tahukah kalian alasan di balik mengapa makan buah dan sayur itu penting sekali? Berdasarkan data penelitian, sistem imun kita 80% dibangun oleh microbioma atau bakteri baik yang ada di dalam usus. Bakteri baik ini sangat suka sekali dengan buah dan sayur yang tinggi serat. Oleh karena itulah tubuh yang sehat dimulai dari pencernaan yang sehat pula.

2. Berolahraga Secara Teratur

Sobat RK tentunya sudah tahu bahwa olahraga itu sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Olahraga yang baik itu setidaknya 3x seminggu selama 45 menit. Dengan olahraga Sobat RK juga menjaga kesehatan mental. Dengan berolahraga bisa, hal tersebut dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon bahagia serta menjauhkan diri dari stres. Olahraga yang bisa dilakukan di rumah di antaranya adalah treadmill, aerobik, dan juga yoga.

3. Mengelola Stres

5-langkah-jitu-untuk-meningkatkan-sistem-imun-tubuh-mengelola-stres

Stres adalah reaksi biologis terhadap gangguan atau ancaman fisik, emosi, maupun mental. Saat tubuh dalam kondisi stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol. Hormon ini kemudian dilepaskan ke dalam darah lalu dialirkan ke seluruh tubuh. Hormon kortisol bisa menekan sistem imun tubuh, sehingga sistem imun tubuh menurun. Berdasarkan data hasil penelitian, stres juga menekan fungsi reproduksi melalui hambatan jalur Hipotalamus. Efeknya berupa penurunan produksi hormon FSH di tingkat ovarium, sehingga stres ini juga bisa menurunkan tingkat kesuburan pada wanita.

Baca juga:  Kenali 5 Manfaat Melakukan Olahraga Dengan Pasangan

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat dimulai dari tidur yang cukup. Tubuh kita memiliki jam biologis tersendiri. Pada saat Sobat RK tidur di malam hari, tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak. Waktu tidur di malam hari tidak bisa Sobat RK gantikan dengan tidur siang. Oleh karena itu, untuk menjaga sistem imun tubuh, Sobat RK harus istirahat yang cukup. Selanjutnya adalah berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol. Rokok mengandung banyak radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

5. Mengonsumsi Nutrisi Penunjang atau Suplemen

Tubuh memerlukan vitamin untuk dapat melakukan fungsi normal tubuh. Vitamin berfungsi untuk mendukung fungsi sel-sel tubuh dan juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan memicu infeksi. Di sinilah peran Herbal Bee untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Di bawah ini adalah produk-produk yang bisa Sobat RK konsumsi.

Hubungi Untuk Konsultasi Lengkap:

Aidha Nur /6283833329392

Baca juga:

  1. Mengelola Stres dengan Baik, Inilah 5 Tipsnya!

  2. 5 Langkah Tepat Cegah Infeksi COVID 19!

Comments