RKpx 3600 : 0 - 0 - 0 - 0 Pilih Soap Bar, Body Wash, atau Liquid Soap ya? | Rahasia Kesuburan

Pilih Soap Bar, Body Wash, atau Liquid Soap ya?

pilih-soap-bar-body-wash-atau-liquid-soap-ya
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Banyaknya jenis sabun yang dijual di pasaran seringkali membuat kita bingung memilih sabun mana ya yang bagus digunakan. Bahkan, sabun untuk badan dan wajah bisa berbeda jenisnya. Kalau dilihat dari wujudnya, ada 3 jenis sabun yang dapat menjadi pilihan untuk perawatan, yaitu soap bar, body wash, dan liquid soap. Kira-kira, sobat RK menggunakan sabun yang mana, ya?

Sabun adalah hal wajib yang harus kita punya untuk membersihkan area wajah dan tubuh. Setiap orang pasti memiliki kenyamanannya sendiri terhadap sabun yang digunakan. Misalnya, orang-orang sekarang lebih menggemari sabun yang berbentuk cair dibandingkan batang. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang masih menggunakan soap bar dengan alasan sudah terbiasa dan nyaman menggunakannya. Ternyata, ada bedanya loh antara soap bar, liquid soap, dan body wash. Ini dia perbedaannya.

1. Soap bar.

soap-bar-sabun-batang

Proses pembuatan sabun batang melalui metode saponifikasi, yaitu reaksi antara zat alkali berupa sodium hidroksida dengan trigliserida (lemak nabati atau hewani). Nilai pH yang lebih tinggi dibandingkan sabun cair, menjadikan soap bar cenderung membuat kulit jadi kering. Oleh sebab itu, banyak produsen sabun batang menambahkan bahan-bahan untuk ekstra melembabkan kulit, sehingga tidak menimbulkan efek kulit kering setelah pemakaian.

Orang yang cocok menggunakan sabun batang adalah yang memiliki tipe kulit berminyak, karena soap bar ampuh mengangkat minyak yang berlebih di kulit. Namun, jika kamu memiliki tipe kulit kering dan sensitif, kamu bisa menggunakan sabun batang dengan bahan-bahan alami untuk melembabkan, seperti pegagan (gotu kola).

Kelebihan sabun batang adalah lebih hemat, tersedia dalam berbagai bentuk dan warna yang menarik, dan memiliki aroma harum yang khas. Baru-baru ini, ada inovasi sabun batang yang menarik perhatian konsumen, yaitu sabun batang transparan. Sabun ini memiliki busa yang lebih halus dibandingkan sabun batang opaque atau sabun batang tidak transparan. Cocok untuk kamu yang tidak terlalu menginginkan busa banyak saat diaplikasikan ke wajah atau badan.

Baca juga:  Puting Lecet Ketika Menyusui ? 4 Tips Mudah Untuk Mencegah Puting Susu Yang Lecet

2. Liquid Soap.

liquid-soap-sabun-cair

Di era modern sekarang ini, banyak juga konsumen yang beralih menggunakan sabun cair, karena lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Proses pembuatan sabun cair sebenarnya hampir mirip dengan sabun batang, hanya berbeda pada bahan alkalinya yang berasal dari kalium hidroksida. Nilai pH pada sabun cair juga sebenarnya lebih tinggi, meskipun tidak setinggi sabun batang. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena kulit kita akan cepat menyesuaikan kembali ke pH semula. Bagi kamu yang sensitif terhadap permasalahan kulit kering dan tidak terlalu menyukai sabun batang, liquid soap mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

3. Body Wash.

body-wash-sabun-mandi

Body wash umumnya terbuat dari surfaktan, sehingga lebih membuat kulit terasa lebih lembab dan tidak kesat. Tekstur sabunnya juga lebih cair dibandingkan liquid soap atau shower gel. Busa yang dihasilkan dari sabun ini cenderung lebih banyak dibandingkan soap bar dan liquid soap. Selain itu, body wash juga termasuk jenis sabun yang ramah untuk dibawa travelling dan anti ribet. Body wash cocok untuk kamu yang memiliki kulit normal atau permasalahan kulit yang tidak terlalu spesifik.

Nah, dari ketiga jenis sabun di atas, kira-kira kamu sudah pernah sabun yang mana nih? Apapun jenis sabunnya, yang terpenting adalah tetap menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit kamu, ya Sobat RK.

 

Baca Juga :

5 Rekomendasi Sabun Batang Terbaik Untuk Wajah

3 Rekomendasi Masker Wajah Untuk Kecantikan

Kenali Manfaat Kolagen Untuk Tubuh

Comments