RKpx 3837 : 0 - 0 - 0 - 0 Perbedaan Sinar UVA dan UVB, dan Bagaimana cara Memilih Sunscreen?

Apa Perbedaan Sinar UVA dan UVB, dan Bagaimana Cara Memilih Sunscreen yang Tepat?

Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Hola Sobat RK! Apakah kalian tahu perbedaan antara sinar UVA dan UVB? Saat menggunakan sunscreen kita sering mendengar istilah “lindungi kulit dari sinar UVA dan UVB”. Namun, sebenarnya, apa sih perbedannya? Let’s go, langsung aja simak penjelasannya di bawah ini!

Sinar UVA

Perbedaan sinar UVA dan UVB yang paling mendasar adalah perbedaan panjang gelombangnya. Sinar UV yang paling banyak menembus bumi adalah sinar UVA yaitu sebanyak 95% dari total sinar UV.  UVA memiliki panjang gelombang 320-400nm.  Meskipun memiliki panjang gelombang yang pendek, sinar UVA dapat menyerap lebih dalam dibandingkan dengan sinar UVB. Sinar UVA dapat menembus sel-sel pada lapisan dermis. Hal inilah yang dapat menyebabkan penuaan dini (aging).  Kulit yang sering terpapar sinar UVA secara langsung dapat mengalami penuaan dini dimulai dari elastisitas kulit menurun, kulit menjadi keriput, dan juga kendur (sagging).

Sinar UVB

Biasa disebut dengan istilah UVBurning karena menimbulkan efek terbakar. Panjang gelombangnya 290-320nm. Jika kulitmu lama terpapar sinar UVB, maka akan menyebabkan munculnya kemerahan pada kulit, hiperpigmentasi, darkspot bahkan kanker kulit. Namun sinar UVB tidak selalu memberi dampak buruk bagi kulit. UVB diperlukan untuk sintesis vitamin D. Oleh karena itu, jika ingin berjemur, disarankan untuk melakukannya dari jam 7 hingga jam 9 pagi. Jadi, sekarang sudah tahu ya Sobat RK perbedaan antara UVA dan UVB yakni ada pada panjang gelombangnya, efek yang ditimbulkan ke kulit, dan juga manfaatnya.

Bagaimana Cara Memilih Sunscreen?

Lalu, setelah mengetahui perbedaan UVA dan UVB, bagaimana cara memilih sunscreen yang tepat untuk melindungi kulitmu? Pilihlah sunscreen yang bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB. Langkah pertama adalah dengan mengetahui kandungan sunscreen yang kamu miliki. Sekarang, ambil sunscreenmu lalu cek pada bagian komposisi atau ingredients, kemudian lihat kandungannya. Komposisi yang dapat melindungi kulit dari UVA dan juga UVB diantaranya adalah Ecamsule, Benzophenone, Helioplex, Oxybenzone, dan Zinc Oxide. Jika kamu ingin membeli sunscreen, setidaknya, pilihlah yang mengandung salah satu dari jenis bahan yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga:  Kenali Manfaat Kolagen Untuk Tubuh

Bagaimana Cara SPF Bekerja?

Setelah mengetahui perbedaan UVA dan UVB serta bahan aktif yang bisa melindungi kulitmu dari sinar UV, sekarang, bagaimana sih cara kerja SPF? Sun protecting factor (SPF) adalah efektivitas suatu produk untuk melindungi kulit dari sinar UV. Tingkat SPF dikali dengan lama waktu kulit terpapar sinar UV = lama efek SPF bertahan pada kulit. Contoh = SPF 30 x 15 menit kulit terpapar sinar matahari = 450 menit (7,5 jam). Untuk produk sunscreen dengan SPF yang rendah harus lebih sering di reapply ya. Don’t forget to apply your sunscreen today!

 

 

Comments