RKpx 3659 : 0 - 0 - 0 - 0 Olahraga Saat Hamil, Bolehkah? Ada 6 Hal Yang Harus Diperhatikan

Olahraga Saat Hamil, Bolehkah? Ada 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berolahraga saat hamil memiliki banyak manfaat diantaranya menyehatkan jatung, melancarkan aliran darah, mencegah diabetes dan juga menjaga kebugaran tubuh. Banyak Ibu hamil yang masih bingung apakah tetap boleh berolahraga saat hamil?

Berikut ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan jika ingin berolahraga pada saat hamil.

1. Konsultasikan Dengan Dokter

Ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda-beda. Konsultasikan dengan dokter kandunganmu untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok untuk dilakukan. Berolahraga saat hamil akan membantu menjaga kebugaran tubuh akan tetapi jangan sampai berlebihan ya, moms.

2. Atur Waktu Berolahraga Saat Hamil

Setelah berkonsultasi dengan dokter mengenai jenis olahraga yang cocok kemudian atur waktu yang dibutuhkan. Idealnya waktu berolahraga saat hamil menurut American College of Obstetricians and Gynecologists adalah kurang lebih 30 menit per hari. Namun, tetap perhatikan dengan kondisi tubuh masing-masing ya moms. Jika sudah merasa lelah maka istirahatlah sejenak.

3. Lakukan Pemanasan dan Hindari Gerakan Berbahaya

Pemanasan adalah hal yang wajib dilakukan sebelum mulai olahraga. Berolahraga saat hamil juga harus dimulai dari tahap pemanasan. Pemanasan membantu mempersiapkan otot-otot kita untuk melakukan gerakan olahraga. Pemanasan mengurangi resiko cidera otot. Hindari gerakan yang berbahaya seperti loncat tinggi dan gerakan gymnastic lainnya.

4. Asupan Gizi Harus Terpenuhi

Olahraga saat hamil tentunya memerlukan energi yang lebih banyak. Oleh karena itu moms perlu menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Asupan nutrisi yang cukup diperlukan agar janin dapat berkembang dengan baik. Perbanyak minum air putih, dan konsumsi makanan yang banyak mengandung protein, asam folat, zat besi, kalsium, magnesium dan omega 3.

Baca juga:  Kenali Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

5. Know Your Limits

Berolahraga saat hamil memang memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh. Akan tetapi harus tetap memperhatikan kemampuan tubuh masing-masing. Jangan memaksa tubuh untuk melakukan oalahraga dengan intensitas yang tinggi, ya moms. Hal yang paling penting adalah menjaga agar tubuh tetap bugar dan jangan sampai kelelahan.

Comments