RKpx 298 : 0 - 0 - 0 - 0 Olahraga Berlebihan Mempengaruhi Kesuburan Wanita Maupun Pria?

Olahraga Berlebihan Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita Maupun Pria?

Olahraga Itu Sehat, Tapi Bisa Sebabkan Masalah Kesuburan Pada Pria dan Wanita?
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Saat ini, olahraga merupakan salah satu bagian penting dari gaya hidup masyarakat modern. Olahraga terbukti dapat mengurangi stress dan depresi, selain itu dengan berolahraga, metabolisme tubuh akan terjaga.

Oleh karena itu, olahraga juga dapat mempengaruhi fungsi pada kelenjar di dalam tubuh untuk memproduksi sistem kekebalan tubuh, dalam upaya mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit. Saat seseorang berhenti berolahraga, proses metabolisme mulai mengalami penurunan atau melambat. Dampak buruk yang ditimbulkan akibat penurunan metabolisme yaitu cikal bakal penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan lainnya.

Berdasarkan Riset yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) gaya hidup sehat dengan olahraga rutin, terutama bagi para wanita, terbukti meningkatkan kepadatan dan kekuatan otot dan tulang.

Namun, tahukah anda? Olahraga yang extreme pada wanita ternyata juga dapat menimbulkan dampak negatif, yaitu dapat mengganggu proses kehamilan dengan menghambatnya ovulasi atau mengganggu implantasi sel telur yang telah dibuahi.

Bagaimana Olahraga Bisa Mempengaruhi Kesuburan ?

Pada tahun 2009, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menemukan bahwa latihan fisik secara intensif berdampak negatif pada kesuburan wanita. Wanita yang melakukan olahraga berat dengan durasi lebih dari satu jam per hari, dapat menyebabkan penurunan produksi hormon yang merangsang pada fungsi ovarium. Penurunan hormon tersebut dapat menyebabkan ovarium menjadi kurang aktif sehingga berhenti memproduksi telur dan hormon estrogen.

Gangguan hormon pada wanita berdampak pada gangguan haid, bahkan amenorea hipotalamus, dimana siklus haid berhenti sepenuhnya.

Bukan hanya wanita saja, pria yang melakukan olahraga dan mengkonsumsi streroid secara berlebihan, dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Jangan Jadikan Olahraga Sebagai Beban.

Olahraga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup sehat. Luangkan waktu Anda setidaknya 150 menit per minggu untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang, atau 75 menit per minggu untuk olahraga berat.

Baca juga:  Kenali Manfaat Kolagen Untuk Tubuh

Berolahraga dengan modal niat saja tidaklah cukup harus di dukung juga dengan kemauan. Pilihlah olahraga sesuai kesenangan kamu misalnya olahraga sederhana seperti Jogging Jogging atau berjalan selama 30 menit dalam sehari, lakukan secara rutin yaitu 3 – 5 kali dalam seminggu.Olahraga akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Dengan berolahraga bersama akan membuat kamu terhindar dari rasa bosan selama berolahraga. Ajak teman kamu yang memiliki minat yang sama saat berolahraga. Hal ini akan memudahkan kamu.

Jika kamu mempunyai masalah kesehatan kronis seperti penyakit jantung, diabetes atau radang sendi , konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga :

Tips Cairan Semen yang Optimal Untuk Siapkan Keturunan Dan Hasrat Bercinta

4 Metode Meningkatkan Kualitas Semen Dengan Pola Hidup Sehat

Pilihan Makanan Untuk Optimalkan Semen Yang Berkualitas

Comments