RKpx 2482 : 0 - 0 - 0 - 0 Waspada! 4 Tanda Menstruasi Tidak Lancar Pada Usia Produktif

Advertorial : Waspada! 4 Tanda Menstruasi Tidak Lancar Pada Usia Produktif

Waspada 4 Tanda Menstruasi Tidak Lancar Pada Usia Produktif
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Menstruasi merupakan bagian dari siklus menstruasi umum yang terjadi pada setiap wanita sejak dirinya telah mengalami masa pubertas. Nah, sayangnya banyak para ladies suka tidak sadar jika dirinya mengalami suatu kondisi “Menstruasi Tidak Lancar” yang tidak segera ditangani. Yuk, cari tahu tentang masalah ini!

Menstruasi merupakan suatu proses peluruhan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan berlangsung selama 3-7 hari. Sementara itu, siklus menstruasi yang dinyatakan “Normal” berlangsung selama 28-36 hari dan berlangsung selama 11-13 kali dalam 1 tahun.  Nah, setiap wanita tentunya akan memiliki total siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih panjang atau pendek.

Kondisi Menstruasi yang Tidak Lancar Itu Seperti Apa?

Masalah menstruasi yang tidak teratur memang tidak menyebabkan kematian. Tetapi, dapat membuat kondisi yang sangat tidak nyaman untuk para ladies, hingga menganggu tingkat kesuburan di masa depan.  Menstruasi yang tidak lancar dikelompokan berdasarkan siklus menstruasi dan jumlah volume darah yang keluar saat menstruasi. Pengelompokannya seperti apa? yuk simak ladies, apakah anda alami tanda-tanda dibawah ini?

  • Siklus menstruasi ladies yang berlangsung kurang dari 21 hari (Polymenorrhe).
  • Siklus menstruasi lebih panjang, atau tidak terjadi menstruasi lebih dari 35 hari, tetapi kurang dari 90 hari (Oligomenorrhea).
  • Tidak mengalami menstruasi dalam waktu 3 bulan berturut-turut (Amenorrhea).
  • Pendarahan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan volume darah lebih banyak (Menometrorrhagia).

Jika ladies mengalami perdarahan yang tidak biasa pada saat menstruasi hingga perlu mengganti pembalut tiap jam, menstruasi terjadi lebih dari 7 hari, atau ladies mengalami flek setelah melakukan hubungan intim. Segera hubungi dokter kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut ya ladies !

Lalu, Apa Saja yang Menyebabkan Menstruasi Ladies Tidak Lancar?

Tentunya ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini dan mungkin para ladies saat ini sedang mengalaminya, seperti :

Ketidakseimbangan hormonal.  Kadar hormon reproduksi dapat mempengaruhi keadaan ini lho, terutama ketidakseimbangan hormon testoteron, estrogen dan progesteron pada tubuh yang menjadi menstruasi ladies bisa tidak teratur. Umumnya, hal ini terjadi pada para ladies yang akan alami gejala menopause, kista dan PCOS (Sindrom ovarium polikistik).

Baca juga:  Ketahuilah 8 Kegiatan Ibu Hamil Yang Dapat Mencerdaskan Sang Bayi

Masalah pada tiroid. Banyak yang tidak menyadari peran dari kelanjar tiroid yang terletak pada bagian leher untuk memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Jika tiroid ladies bermasalah, maka menstruasi pun juga akan terpengaruh. Hal ini sering sekali tidak disadari oleh karena itu konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis endokrin. Dokter akan melakukan tes darah untuk melihat bagaimana kadar hormon tiroid dalam darah Anda.

Pola hidup sehari-hari. Jika ladies melakukan olahraga yang berlebihan atau berat badan anda turun drastis, ternyata juga dapat menyebabkan menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Keadaan stress berat dan berat abdan berlebih hingga obesitas pun dapat mempengaruhi kondisi menstrusi anda, mengapa demikian? karena hal ini akan menyebabkan keseimbangan hormon tubuh anda menjadi berubah dan tidak seimbang. Sehingga sangat penting menjaga keseimbangan hormonal ladies untuk menstruasi yang sehat.

Kehamilan dan menyusui. Jika menstruasi ladies terhenti atau terlambat, maka cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah ladies hamil? Nah, dokter biasanya akan merekomendasikan untuk tes kehamilan dan USG. Sementara itu, pada saat bunda menyusui memang kondisi hormonal bunda dipersiapkan untuk proses menyusui hingga ini dikatakan “wajar”.

Menggunakan alat kontrasepsi. Misalnya, menggunakan alat kontrasespi, seperti IUD (spiral) atau pil KB, memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi akibat perubahan hormonal. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau nyeri perut pada saat menstruasi. Dapat juga terjadi keluarnya sedikit darah pada awal penggunaan pil KB, tetapi ini akan berhenti setelah beberapa bulan penggunaan.

Setelah anda mengetahui penyebabnya, kini anda dapat mengetahui cara mengatasi masalah menstruasi tidak lancar.

Baca juga:  Berpuasa Saat Hamil ? Inilah Panduan Puasa yang Aman Untuk Ibu Hamil

Baca Juga :

Kenali Fase Siklus Menstruasi Dan Tanda Siklus Menstruasi Normal

Mengetahui Pentingnya Masa Subur Pada Wanita Yang Ingin Hamil

Apakah Anda Memilikinya ? Kenali 6 Ciri-Ciri Wanita Subur

Comments

Anggun adalah seorang Nutritionist yang menaruh perhatian pada masalah dan isu-isu kesuburan yang kerap terjadi pada pasutri. Yoga adalah olahraga favoritnya.

Leave a Reply