RKpx 4051 : 0 - 0 - 0 - 0 Perbedaan Menstruasi dan Nifas | Rahasia Kesuburan

Mengenal Perbedaan Darah Menstruasi dan Nifas

mengenal-perbedaan-darah-menstruasi-dan-nifas
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Tahukah Anda perbedaan menstruasi dan nifas? Setiap ibu yang telah selesai melahirkan, mereka akan masuk ke tahap nifas. Masa Nifas dimulai ketika ibu mengeluarkan plasenta dan umumnya, nifas terjadi 6 – 8 minggu lamanya. Tetapi, tidak sedikit ibu yang memahami kapan masa nifas telah selesai dan menstruasi normal sudah kembali. Oleh karena itu, yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Mengapa disebut Nifas?

Sebelum mengetahui perbedaan menstruasi dan nifas, alangkah baiknya jika Anda memahami lebih dalam tentang proses Nifas.

Secara general, Nifas merupakan proses pemulihan tubuh pasca persalinan. Biasanya, proses ini terjadi selama 40-42 hari setelah melahirkan baik secara normal maupun caesar. Di masa inilah wanita mengalami berbagai perubahan khususnya organ-organ tubuh yang berperan dalam masa kehamilan dan melahirkan, seperti rahim, leher rahim (serviks), serta vagina. Namun akan berangsur pulih seperti semua seperti sebelum mengandung dan melahirkan.

mengenal-perbedaan-darah-nifas-dan-menstruasi

Ada 4 tahapan Nifas yang biasanya dialami oleh seorang ibu yang sudah melahirkan.

  1. Lochia Lubra: tahap ini akan berlangsung selama 2-4 hari pertama setelah melahirkan. Kram signifikan saat melahirkan juga mulai berkurang. Ini dapat terjadi karena ibu mengalami proses menyusui yang melepaskan oksitosin, sehingga membantu rahim ibu berkontraksi. Pada tahap Lochia Lubra, darah yang akan dikeluarkan melalui vagina akan berwarna merah terang.
  2. Lochia Serosa: tahap kedua ini berlangsung dari 4 hingga 1-2 minggu. Darah yang dikeluarkan oleh vagina juga mulai mengalami perubahan warna dari merah muda-cokelat ke kuning selama sekitar 1 minggu.
  3. Lochia Sanguilenta: tahap ketiga ini akan berlangsung selama 1-2 minggu setelah tahap kedua dimana warna darah yang dikeluarkan melalui vagina berubah lagi menjadi merah dan memiliki lendir.
  4. Lochia Alba: tahap terakhir ini terjadi dari 6-8 minggu setelah melahirkan. Melalui vagina akan keluar cairan kuning muda atau putih kekuningan dan tidak ada gumpalan. Di tahap inilah rahim telah mengering dan sebagian besar yang keluar adalah sel darah putih dan sel-sel dari lapisan rahim.
Baca juga:  Kematian Mendadak pada Bayi (SIDS)

Lalu, apa perbedaannya dengan darah menstruasi?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa penting untuk mengenal perbedaan darah menstruasi dan nifas. Ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan oleh ibu agar dapat membedakannya. Berikut adalah 3 perbedaannya:

1. Perbedaan menstruasi dan nifas: Dilihat dari waktunya

membedakan-darah-mestruasi-dan-nifas-dilihat-dari-waktunya

Darah nifas akan dikeluarkan melalui vagina segera setelah melahirkan dan biasanya berlangsung dari 6-8 minggu. Sementara itu darah mentruasi tidak akan dikeluarkan oleh ibu menyusui hingga perkiraan sekitar 1 tahun.

2. Perbedaan menstruasi dan nifas: Dilihat dari warnanya

membedakan-darah-mestruasi-dan-nifas-dilihat-dari-warnanya

Memang ada sedikit perbedaan antara darah menstruasi dan nifas. Jika itu adalah darah nifas, maka darahnya akan berwarna merah segar pada 3 hari pertama. Hari ke-4 hingga ke-10 berubah warna menjadi merah kecoklatan bersamaan dengan darah lama, sel-sel darah putih, dan serpihan jaringan. Setelah hari ke-10, cairan berwarna putih yang disebut sebagai lokia akan keluar selama 8 minggu. Cairan tersebut berisi sel-sel darah putih (leukosit), lendir, dan sel-sel epitel. Sementara itu, darah menstruasi diawali dengan darah berwarna merah segar, namun akan berubah warna menjadi merah pekat, hitam atau cokelat jika menstruasi akan berakhir.

3. Perbedaan menstruasi dan nifas: Dilihat dari aliran darah

membedakan-darah-mestruasi-dan-nifas-dilihat-dari-aliran-darahnya

Darah nifas yang dikeluarkan melalui vagina lebih deras dibandingkan dengan darah menstruasi. Darah nifas akan sangat banyak terutama di 4 hari pertama dan kemudian akan berkurang secara perlahan beberapa minggu setelahnya.

Baca juga:

Preeklampsia dan Eklampsia pada Ibu Hamil

Comments