"> Memasuki kehamilan 3 bulan, Sang Bayi Sudah Bisa Mendengar Suara ?

Memasuki kehamilan 3 bulan, Sang Bayi Sudah Bisa Mendengar Suara ?

Memasuki kehamilan 3 bulan, Sang Bayi Sudah Bisa Mendengar Suara ?
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Jika anda berniat memperdengarkan musik pada janin, anda dapat memulainya pada saat kehamilan usia 3 bulan. Pada masa ini, sang bayi telah dapat mendengar bunyi-bunyian dan percakapan, baik suara, maupun suara dari luar perut anda.

Pada usia kehamilan 3 bulan, atau saat memasuki trimester kedua kehamilan, risiko keguguran mulai menurun dibandingkan masa kandungan usia 2 bulan sebelumnya. Namun, perut yang mulai tampak membesar akan membuat anda perlu mengganti pakaian dengan busana yang lebih longgar dan terasa nyaman, yaitu pakaian khusus untuk ibu hamil. Seiring dengan berkurangnya morning sickness, anda lebih dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tubuh pada saat mengandung janin.

Bagaimana Pertumbuhan Pada Janin Saat Usia 3 Bulan?

Di awal 3 bulan masa kehamilan ini, Tulang dan kerangka bayi sudah mulai mengeras, terutama di bagian kepala dan tulang panjang. Kemudian kulit janin yang masih tipis dan transparan akan segera menebal. Lalu, berat pada janin berubah menjadi sekitar 23 gram dengan panjang sekitar 7,4 cm. Berikut adalah perkembangan yang akan terjadi pada janin anda yang berusia 13-16 minggu.

Kehamilan minggu ke-13

A. Ovarium atau buah zakar telah berkembang.

B. Organ kelamin luar juga telah terbentuk, meski belum dapat terdeteksi saat USG.

C. Pada janin anda bisa jadi mengalami cegukan meski anda tidak dapat merasakannya. Ini pertanda sang bayi sedang berlatih bernapas.

D. Janin anda telah dapat mengisap. Ini merupakan bentuk persiapan untuk nantinya akan mencari puting payudara setelah lahir.

E. Jika bayi anda perempuan, dia memiliki setidaknya 2 juta sel telur di dalam ovariumnya.

kehamilan minggu ke-14

A. Janin anda menjadi berbobot 43 gram dengan panjang kira-kira 8,7 sentimeter.

B. Janin mulai menelan cairan ketuban sedikit demi sedikit. Cairan ini kemudian masuk ke dalam perut dan diproses oleh ginjal, kemudian dialirkan kembali sebagai urine.

C. Lengan janin telah menjadi lebih proporsional dengan ukuran tubuhnya.

D. Hati telah mulai memproduksi cairan empedu, sementara limpa mulai memproduksi sel darah merah.

E. Rambutnya mulai tumbuh.

F. Berkat fungsi sistem saraf otaknya, otot wajah bayi kini dapat mulai memunculkan ekspresi tertentu, seperti menyipitkan mata, mengerutkan kening, dan menyeringai.

Kehamilan minggu ke-15

A. Pada minggu ini janin anda akan berbobot 70 gram dengan panjang kurang lebih 10 cm.

B. Janin anda mulai dapat mendengar suara, seperti suara sistem pencernaan, juga bunyi detak jantung dan suara anda.

C. Meski matanya tertutup, janin dapat menjadi sensitif terhadap cahaya dari luar perut Anda.

D. Kulit pada janin anda begitu tipis sehingga pembuluh darahnya dapat terlihat.

E. Telinganya terus berkembang dan mulai tampak seperti telinga manusia dewasa pada umumnya.

F. Matanya perlahan-lahan mulai berpindah dari sebelah kanan dan kiri kepala jadi mendekat ke atas hidung.

G. Janin Anda sering kali cegukan, tapi tidak akan mengeluarkan suara karena tenggorokannya penuh dengan cairan.

kehamilan minggu ke-16

A. Janin anda berbobot menjadi kurang lebih 100 gram dengan panjang badan 11 cm .

B. Otot pada wajah mulai terbentuk, namun belum dapat dikontrol janin.

C. Sistem saraf mulai berkembang, sehingga otot pada anggota tubuhnya dapat bergerak.

D. Kepala janin telah mulai tegak dan matanya telah berada di posisi seharusnya.

E. Jantungnya memompa darah sekitar 28 liter.

Apa Perubahan Yang Terjadi Pada Tubuh Sang Ibu?

Jika saat hamil 1 bulan dan hamil 2 bulan anda merasakan morning Sickness secara terus-menerus, pada usia hamil 3 bulan ini anda mungkin akan merasa lebih sehat. Hasrat bercinta yang barangkali turun di awal kehamilan, saat ini bisa jadi telah beranjak naik. Namun, keengganan melakukan kegiatan bercinta juga termasuk hal yang normal.

Sebagian perut wanita mulai tampak membesar. Frekuensi pada buang air kecil bisa meningkat karena kantong kemih yang tertekan rahim. Meski anda belum mengenakan busana hamil, namun anda mungkin telah mengganti pakaian sehari-hari dengan pakaian yang lebih longgar dan nyaman. Sementara itu, Stretch mark juga bisa mulai tampak pada perut bagian atas, bokong, paha dan payudara. Payudara anda mulai mempersiapkan produksi air susu ibu (ASI) sehingga terasa lebih kencang dan membesar. Pembuluh darah juga mulai terlihat pada kulit payudara anda.

Lalu, Apakah Yang Perlu Diperiksakan Sang Ibu?

Selain memeriksakan kesehatan dan pertumbuhan janin dengan USG serta kesehatan anda, berikut ini beberapa hal yang juga perlu anda periksakan ke dokter.

A. Sering pipis dimasa hamil adalah hal normal. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan pada saluran kemih, saat rahim semakin berkembang, berat badan anda yang juga kian bertambah dan bisa menghalangi jalannya urine dari kandung kemih, kondisi ini bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi pada ginjal.

B. Sakit kepala pada saat hamil juga menjadi suatu hal yang normal. Sakit kepala lebih sering terjadi saat hamil di trimester pertama dan ketiga. Tetapi kondisi tersebut dapat menjadi gejala penyakit serius jika skala sakitnya tidak tertahankan dan dialami terus-menerus.

C. Periksakan gigi dan gusi anda agar terhindar dari infeksi di masa hamil.

D. Periksakan jika tiba-tiba terdapat tahi lalat yang sebelumnya tidak ada atau jika terjadi perubahan pada warna atau bentuknya.

Hal Yang Harus Perlu Dihindari Pada Sang Ibu

Terdapat hal-hal yang dapat dilakukan dan perlu dihindari pada usia kehamilan 13-16 minggu, yaitu:

Melakukan Kegiatan Bercinta Dengan Pasangan

Hasrat bercinta yang mulai kembali normal setelah dua bulan masa awal kehamilan sebenarnya tidak perlu dibendung. Janin anda dapat dilindungi oleh cairan ketuban di dalam rahim, sehingga melakukan kegiatan bercinta di masa kehamilan adalah hal yang tidak berbahaya. Namun, kegiatan bercinta sebaiknya dapat dihindari jika mengalami berikut ini :

A. Cairan ketuban dapat merembes atau ketuban pecah.

B. Pasangan anda memiliki penyakit IMS

C. Memiliki riwayat keguguran atau bayi lahir prematur.

D. Anda mengalami pendarahan atau keluarnya cairan miss v yang tidak normal.

E. Mengalami plasenta previa atau letak plasenta yang terlalu rendah.

F. Adanya gangguan pada leher rahim.

Mengatasi stretchmark

Berolahraga dan mengoleskan losion dengan kandungan vitamin E dan asam alfa hidroksi, dapat membantu meringankan stretchmark. Namun, berhati-hatilah dengan kandungan suplemen atau pun krim yang dapat terserap ke dalam darah ibu hamil, karena dapat membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan. Jika dibiarkan saja, stretchmark sebenarnya dapat hilang atau berubah warna dengan sendirinya setelah persalinan.

Posisi Tidur Yang Nyaman

Posisi tidur yang nyaman pada usia kehamilan 3 bulan, berbaring dengan posisi menyamping adalah posisi tidur yang paling nyaman dan sehat untuk anda. Berbaring telentang dapat menyebabkan pembuluh darah besar anda tertekan rahim. Gunakan bantal tambahan untuk membuat posisi tidur anda jadi lebih nyaman. Posisi tidur yang memang dianjurkan pada wanita hamil adalah posisi miring, sehingga beban tulang belakang dan penekanan pada pembuluh darah dan kelenjar bisa dimimalisasi. Sehingga, kondisi anda dan janin bisa menjadi lebih baik.

 

Baca Juga :

Waspadai, Tanda-Tanda Bahaya Di Kehamilan Trimester Ketiga

Inilah Perubahan Yang Terjadi Pada Trimester Awal Kehamilan

Inilah Perkembangan Janin Pada Setiap Bulan Selama Kehamilan

Comments