Melihara Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan, Mitos Atau Fakta ?

Melihara Kucing Dapat Menyebabkan Kemandulan, Mitos Atau Fakta ?

Mitos atau Fakta ? Pelihara Kucing Menyebabkan Kemandulan
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Faktanya, kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia sejak ribuan tahun sebelum masehi. Bulunya yang lembut, tingkahnya yang konyol, dan penampilannya yang lucu memiliki efek menenangkan yang positif.

Sehingga mampu menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada manusia. Selain itu, tingkah laku kucing yang menggemaskan juga tak kalah membuat kita ingin memeliharanya. Namun, siapa sangka ? Dibalik manis dan imutnya kucing terdapat bahaya yang mengintai bila anda memeliharanya dengan tidak baik. Salah satu bahayanya anda memelihara kucing dengan tidak baik adalah kemungkinan dapat menyebabkan kemandulan akibat virus Toksoplasma gondi .

Apa Itu Toksoplasma Gondi?  

Toksoplasma gondi adalah jenis virus yang menyebabkan penyakit toksoplasmosis, dimana penyakit ini biasa ditularkan kucing ke manusia tanpa menimbulkan gejala apapun. Data dari Centers For Disease Control & Prevention memperkirakan 22.5% populasi kelompok usia >12 tahun terinfeksi Toksoplasma gondi. Lalu, bagaimana virus ini dapat mempengaruhi kemandulan seseorang?

Bahaya efek kemandulan lebih dirasakan pada pria dibandinkan wanita. Hal ini dikarenakan infeksi dari Toksoplasma gondi dapat berpengaruh kesuburan pada pria. Virus ini bekerja dengan menginfeksi sperma pria. Selanjutnya, dampak buruk dari infeksi yang ditimbulkan dapat mengurangi kekentalan sperma dan menurunkan kemampuan sperma, sehingga sperma sulit mencapai sel telur wanita. Hal inilah yang mengakibatkan peluang memiliki keturunan menjadi lebih kecil.

Apakah semua kucing membawa virus Toksoplasma gondi?

Virus ini memang biasa ditularkan melalui bulu kucing yang terinfeksi dari virus Toksoplasma gondi dan kotoran kucing yang tidak segera dibersihkan. Namun, tidak perlu khawatir bila kebersihan kucing anda jaga maka kemungkinan terinfeksi virus ini pun jadi berkurang.

Baca juga:  Usia Kehamilan Memasuki 6 Bulan? Lakukan 4 Hal Ini!

Berikut ini tips pencegahan untuk anda agar terhindar dari virus ini adalah :

Bagi Pemilik kucing sebaiknya anda melakukan :

  • ¬†Segeralah periksakan diri anda, agar dapat di lakukan pengobatan sedini mungkin, terutama wanita yang mempuyai rencana kehamilan dalam waktu dekat.
  • Cuci tangan sebelum makan, jangan lupa juga untuk selalu mencuci buah dan sayur-sayuran apabila akan memakannya.
  • Biasakan menggunakan sarung tangan pada saat berkebun atau membersihkan kotoran hewan. Karena tanah juga merupakan sumber potensial terinfeksiya toxoplasma.

Pencegahan pada kucing peliharaan :

  • Periksalah hewan peliharaan anda ke dokter hewan secara rutin. Mintalah untuk melakukan tes khusus untuk mengetahui apakan hewan peliharaan kita terkena toxoplasma atau tidak.
  • Pastikan kebersihan diri anda dan kandang kucing yang dipelihara.
  • Jangan memberikan hewan peliharaan anda daging mentah atau yang tidak di masak dengan sempurna.
  • Jangan biarkan hewan peliharaan anda memburu hewan-hewan liar di sekitar rumah.
  • Berikan makanan khusus atau dry food untuk hewan anda, hal ini cara paling aman untuk menghindari toxoplasma.

Kucing memang berperan sebagai perantara utama (host) yang menyebabkan penyebaran virus toxoplasma gondi terjadi, tapi itu semua kembali lagi bagaimana anda memelihara dan menjaga kebersihan kucing anda di rumah.