RKpx 463 : 0 - 0 - 0 - 0 Linea Nigra dan Cara Menghilangkannya | Rahasia Kesuburan

Linea Nigra dan Cara Menghilangkannya

linea-nigra-dan-cara-menghilangkannya
Bagikan via Whatsapp!

Rahasia Kesuburan -

Memasuki usia 4 bulan atau trimester kedua kehamilan, ibu hamil akan mengalami banyak perubahan. Perubahan fisik yang biasanya muncul ketika menginjak usia 4 bulan kehamilan diantaranya adalah linea nigra.

Garis gelap yang memanjang pada bagian perut yang muncul pada saat hamil disebut linea nigra. Garis ini memanjang dari bagian perut hingga sekitar alat kewanitaan, yang disebabkan karena terjadinya peregangan kulit pada ibu hamil.

Perubahan warna kulit pada ibu hamil memang sering terjadi. Selama kehamilan, Anda akan menemukan garis hitam pada bagian muka, tangan, atau tubuh lainnya. Hal ini karena adanya perubahan pigmen selama kehamilan.

Selain itu, di usia kehamilan 4 bulan, ibu hamil mengalami perubahan kulit tubuh dan bagian payudara yang semakin gelap, dikarenakan bagian kulit uterus memerlukan 25% lebih banyak darah dibandingkan kondisi normal.

Apa yang menyebabkan linea nigra?

Linea nigra muncul karena adanya hormon kehamilan. Hormon yang mengalami perubahan karena kehamilan akan menyebabkan hiperpigmentasi, sehingga kulit di seluruh atau area-area tertentu tubuh menjadi gelap. Area kulit yang biasanya mengalami ini, antara lain aerola atau area puting payudara, wajah, leher, dan linea nigra itu sendiri. Linea nigra adalah bahasa Latin dari garis hitam. Kebalikannya adalah linea alba – garis putih yang ada di perut seseorang. Namun, linea alba kurang diperhatikan karena keberadaannya garisnya tidak sejelas linea nigra.

Adanya linea nigra adalah tanda bahwa hormon kehamilan Anda bekerja dengan baik. Bayi pun nyaman berada di dalam rahim sekalipun mungkin Anda merasa mual disertai ketidaknyamanan lain seputar kehamilan.

Jika kandungan semakin besar, maka linea nigra pun akan semakin tampak gelap. Hal ini wajar dialami oleh ibu hamil, sehingga Anda tidak perlu malu dengan adanya garis ini. Setelah bayi lahir, garis tersebut akan memudar seiring berjalannya waktu.

Baca juga:  Puting Lecet Ketika Menyusui ? 4 Tips Mudah Untuk Mencegah Puting Susu Yang Lecet

Apakah ada hubungannya linea nigra dengan jenis kelamin bayi?

Ada mitos yang berkembang menyatakan bila garis dari tulang pubik dan berakhir di pusar, Anda akan mempunyai bayi perempuan. Namun, bila garisnya terus menuju ke bawah rusuk, maka Anda akan mempunyai bayi laki-laki. Faktanya, tidak semua wanita hamil mengalami linea nigra, khususnya bila mereka yang memiki kulit yang sangat pucat. Tidak memiliki linea nigra bukan berarti kehamilan Anda tidak normal.

Linea nigra hanyalah salah satu cara tubuh merespon tingkat estrogen dan melanin yang lebih tinggi selama hamil. Ibu hamil dengan warna kulit lebih gelap mendapati garis akan muncul lebih terlihat dibanding mereka yang kulitnya lebih cerah.

Jadi, Anda perlu tahu kalau linea nigra tidak berbahaya bagi Anda maupun bayi. Memiliki linea nigra atau tidak, bukan menjadi prediksi untuk kehamilan yang sehat dan normal.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan linea nigra?

Beberapa minggu setelah Anda melahirkan, linea nigra akan memudar warnanya hingga tampak hilang dengan sendirinya. Namun, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyamarkannya selama kehamilan, seperti :

1. Oleskan lotion.

Lotion yang mengandung SPF 15 dapat membantu menyamarkan linea nigra di perut. Jika Anda tidak mempunyai lotion, Anda bisa menggunakan body butter selama kehamilan untuk mengantisipasi adanya stretch marks di kulit saat kehamilan.

2. Makanan yang mengandung asam folat.

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung asam folat yang dapat membuat kulit lebih sehat. Selain itu, buah-buahan seperti jeruk dan makanan seperti roti gandum juga dapat membantu kulit dalam mempercepat pudarnya linea nigra di bagian perut.

Jika Anda sudah pernah mencoba dengan 2 cara di atas dan masih tidak kunjung pudar, coba konsultasikan dengan dokter spesialis kulit.

Baca juga:  5 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Oleh Ibu Hamil Saat Berpuasa

Baca Juga :

Inilah Perkembangan Janin Pada Setiap Bulan Selama Kehamilan

Pentingnya Penggunaan Vaksin Yang Disarankan Untuk Program Kehamilan

Lakukan Tips Berikut Ini Agar Anda Cepat Hamil Setelah KB