RKpx VomeigenpxMixedfruitpx3605 : 0 - 0 - 0 - 0 Kulit Berminyak Tanda Awet Muda, Bener Ngga Sih? | Rahasia Kesuburan

Kulit Berminyak Tanda Awet Muda, Bener Ngga Sih?

kulit-berminyak-tanda-awet-muda-bener-ngga-sih
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Salah satu masalah kulit yang sering dimusuhi kaum wanita adalah kulit berminyak. Padahal, kulit berminyak itu bisa jadi pertanda kalau kulit kita sehat, loh. Nah, yang jadi masalah adalah ketika kulit memproduksi minyak terlalu banyak, sehingga wajah terlihat mengkilap. Akhirnya, buat penampilan kita jadi nggak fresh lagi. Sebenarnya, kulit berminyak itu sehat nggak sih? Apa benar kulit berminyak tanda awet muda? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Kulit berminyak (oily skin)

Minyak alami yang dihasilkan oleh  Sebaceus Gland berfungsi untuk “melumasi” permukaan kulit. Minyak yang disekresi oleh Sebaceus Gland berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit yang mengalami penuaan dini disebabkan oleh berkurangnya kadar kelembapan sehingga kulit menjadi kering. Oleh karena itu, biasanya bagi kamu pemilik kulit berminyak akan merasa kulit lebih lembut dan halus pada area bawah mata dan juga dahi. Hal ini terjadi karena banyak kelenjar minyak di bawahnya, sehingga menyamarkan garis-garis halus.

Fungsi Sebum

Minyak alami atau sebum yang dihasilkan oleh Sebaceus Gland juga berfungsi sebagai perisai alami yang melindungi kulit. Sinar UV, debu, polusi dan kotoran akan lebih sulit menembus lapisan kulit karena terhalang oleh sebum. Selain itu minyak alami pada kulit juga berfungsi untuk menentukan tingkat keasaman kulit atau nilai pH kulit. Kulit berminyak memiliki lapisan asam oleat yang lebih tebal sehingga dapat melindungi kulit dari bakteri dengan lebih optimal.

Kulit berminyak juga memiliki lapisan yang cenderung lebih lembut dan halus karena terhidrasi dengan baik. Hal ini tentu memberi keuntungan bagi kamu si Pecinta make up! make-up based seperti foundation dan juga concealer akan lebih mudah merata dengan adanya minyak alami dari kulit. Jadi, memiliki kulit berminyak itu banyak keuntungan lho!

Baca juga:  5 Manfaat Olahraga untuk Kecantikan

Kulit berminyak tanda awet muda?

Jadi kesimpulannya punya kulit berminyak adalah tanda awet muda? Yups, secara teknis kulit berminyak dapat mencegah penuaan dini karena minyak alami yang dihasilkan dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit berminyak memiliki kemampuan lebih baik dalam mencegah keriput. Kulit berminyak cenderung lebih tebal dan elastis. Oleh karena itu tekstur kulit berminyak lebih sulit mengalami perubahan tanda-tanda penuaan.

Cara merawat kulit berminyak?

Akan tetapi bukan berarti kamu lantas jadi malas merawat kulitmu ya, Sobat RK.  Kamu harus tetap merawat kulitmu agar kulit selalu sehat dan awet muda. Cara merawat kulit wajah berminyak cukup mudah yaitu dengan membersihkan wajah secara rutin, menggunakan moisturizer sesuai jenis kulit, dan selalu gunakan sunscreen. Jangan lupa untuk mengeksfoliasi kulit secara rutin minimal satu kali dalam seminggu. Eksfoliasi kulit bermanfaat untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat, mencegah timbulnya jerawat karena penumpukan kotoran, dan juga efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Comments