RKpx 2847 : 0 - 0 - 0 - 0 Keluar Angin dari Vagina? Waspada Queefing! | Rahasia Kesuburan

Keluar Angin dari Vagina? Waspada Queefing!

Keluar Angin dari Vagina Waspada Queefing!
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Buang angin melalui lubang anus adalah hal yang wajar dialami seseorang. Namun, bagaimana kalau keluar angin dari vagina? Apakah ini masih normal?

Queefing atau keluar angin dari vagina adalah angin atau udara yang terperangkap di dalam vagina, lalu dilepaskan, sehingga menghasilkan suara mirip dengan kentut dari dubur, dan tidak berbau. Queefing ini cenderung terjadi saat kita olahraga, duduk bersila, dan saat berhubungan seksual.

Apakah yang menyebabkan terjadinya queefing?

Dilansir dari artikel womentalk.com bahwa vagina merupakan organ reproduksi wanita yang berbentuk tabung berotot dan bersifat potensial, artinya sebagai tempat masuknya penis atau tampon. Seperti balon, udara juga bisa masuk ke dalam vagina. Saat diberikan tekanan, udara tersebut bisa membuat suara seperti buang angin.

Aktivitas fisik atau olahraga

Ada beberapa gerakan dalam aktivitas fisik yang dapat menyebabkan udara atau angin terperangkap di dalam vagina. Umumnya, gerakan-gerakan dengan otot perut dan bagian bokong lebih berpotensi menyebabkan queefing, seperti yoga atau sit-up.

Aktivitas seksual atau memasukkan sesuatu ke dalam vagina

Udara dari luar dapat masuk juga saat ada sesuatu yang dimasukkan ke dalam vagina. Tindakan seperti penetrasi seksual, serta menggunakan tampon atau menstrual cup saat menstruasi dapat meningkatkan tekanan di dalam vagina, sehingga angin terdorong keluar dan menimbulkan bunyi seperti kentut.

Selain itu, pemeriksaan vagina oleh dokter juga dapat menyebabkan queefing, karena menggunakan alat (spekulum) yang dimasukkan untuk memeriksa bagian dalam vagina.

Sesudah melahirkan dan memasuki masa menopause

Queefing dapat terjadi pada kondisi ini karena otot-otot tulang panggul mulai melemah, terutama otot pelvis. Pada kondisi seseorang setelah melahirkan, terutama secara normal, otot pelvisnya akan mengendur, sehingga angin keluar melalui vagina.

Vagina fistula

Fistula merupakan lubang abnormal yang terletak di antara vagina dan organ-organ lain, seperti kandung kemih, kolon, rektum, atau saluran menuju anus. Lubang yang terbentuk antara vagina dan kolon atau rektum bisa menyebabkan urin atau feses keluar dari vagina tanpa disadari. Kondisi ini dipicu oleh trauma pasca persalinan, kecelakaan, efek samping pengobatan kanker, dan beberapa prosedur operasi. Vagina fistula adalah penyebab yang paling buruk terjadinya queefing. 

Keluar Angin dari Vagina Waspada Queefing!

Jadi, apakah queefing ini normal atau berbahaya?

Sebagian besar dari kasus queefing ini adalah hal yang normal. Ini dapat terjadi kapan saja meskipun tidak ada hal yang memicunya. Dilansir dari artikel lainnya, frekuensi queefing bisa dikurangi dengan memilih posisi bercinta yang tidak harus berada dalam posisi tubuh tertekuk, sehingga kemungkinan udara masuk ke vagina sedikit.

Bisa juga dengan melakukan senam kegel untuk mengencangkan otot pelvis, sehingga menurunkan risiko terjadinya queefing akibat melemahnya otot pelvis atau panggul.

Apakah ada penanganan khusus mengurangi kejadian queefing?

Dalam kondisi tertentu, queefing ternyata tidak dapat disepelekan begitu saja. Dalam suatu penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Slieker-ten Hove dan timnya pada tahun 2009, menemukan sebanyak 12,8% perempuan yang mengalami disfungsi dasar panggul memiliki gejala kentut vagina. Dari jumlah itu, hanya 3,4% responden yang terganggu dengan kentut vagina. Namun, tidak ada responden yang mengeluhkan gangguan aktivitas seksual akibat kentut vagina.

Hasil ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Jeannine M. Miranne dan timnya pada tahun 2015, di mana dalam penelitian tersebut, sebagian besar perempuan mengalami kentut vagina selama berhubungan seksual menyatakan tidak memengaruhi kualitas seksual mereka. Namun, sebanyak 65% peserta yang mengalami kentut vagina juga menyatakan bahwa operasi rekonstruksi panggul dapat mengurangi kejadian kentut vagina.

Baca Juga :

Mitos atau Fakta? Minuman Bersoda Dapat Melancarkan Haid

Waspada Kelainan Bentuk Rahim Terhadap Kehamilan!

Kebutuhan Asam Folat untuk Ibu Hamil dan Janin

 

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.

Leave a Reply