RKpx 2584 : 0 - 0 - 0 - 0 Ingin Cepat hamil? Butuh Waktu 90 Hari Untuk Sel Telur yang Berkualitas

Butuh Waktu 90 Hari Untuk Sel Telur yang Berkualitas

Butuh-Waktu-90-Hari-Untuk-Sel-Telur-yang-Berkualitas
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Mungkin disini Bunda sering bertanya-tanya, “Kenapa ya Aku belum hamil juga?”. Namun, pernahkah terpikirkan oleh Bunda langkah-langkah apa yang telah Bunda lakukan dalam waktu 90 hari untuk persiapan kehamilan? Baik ini kehamilan normal maupun melalui bayi tabung (IVF), Bunda harus mempersiapkan diri, terutama dalam waktu 90 hari sebelum kehamilan.

Kebanyakan para pasutri yang sedang mempersiapkan kehamilannya cenderung mengabaikan kesehatan tubuh mereka, terutama bagian sistem reproduksi. Contohnya seperti pasang KB bertahun-tahun, kerja lembur, kurang asupan zat gizi, kebiasaan makan tidak sehat, istirahat kurang, dan stres berlebihan. Tidak jarang, banyak para Bunda yang hingga saat ini masih belum dikaruniai buah hati karena faktor kesehatan ini.

Kenali Waktu yang Tepat Untuk Ovulasi Bunda.

Proses konsepsi atau pembuahan sangat baik dilakukan pada masa subur atau ovulasi. Inilah alasan pentingnya mengetahui dan menghitung masa subur. Sel telur matang hanya hidup selama 24 jam, sedangkan sel sperma hidup sekitar 48-72 jam di dalam tubuh wanita. Oleh sebab itu, berhubungan intim sebelum masa ovulasi lebih baik untuk meningkatkan peluang hamil dibandingkan satu atau dua hari sesudahnya.

Masa subur adalah masa dimana sel telur (ovum) matang dilepaskan dari indung telur (ovarium). Lalu, disimpan dengan aman di saluran indung telur (tuba fallopi) hingga sperma datang dan terjadi proses pembuahan. Apabila tidak terjadi pembuahan, dalam artian sel sperma tidak ada, maka sel telur tersebut akan mati. Bersama jaringan dinding rahim yang telah terbentuk untuk menyambut hasil pembuahan, mereka akan luruh dan keluar sebagai darah menstruasi.

Tingkat keberhasilan program bayi tabung (IVF) lebih besar saat seorang wanita mempersiapkan kehamilannya sejak 3 bulan sebelumnya. Tingkat kegugurannya pun juga lebih kecil. Begitu pun pada wanita karir yang ingin hamil secara alami dapat memperoleh hasil tes positif pada waktu 3-6 bulan berikutnya.

Baca juga:  Anda Mengalami Masalah Saluran Kencing ? Yuk, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya !

Inilah Alasan Butuh Waktu 90 Hari (3 bulan)

Sel telur dengan kualitas yang paling sehat dan baguslah yang akan bergerak maju dalam seleksi siklus menstruasi selama 3-6 bulan. Selama ini pula, sel telur matang akan saling berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan ovulasi.

Dapat Bunda lihat disini bahwasanya siklus menstruasi selama 3-6 bulan itu amatlah krusial. Sebab, selama waktu itu, salah satu sel telur matang itu adalah calon bayi Bunda, baik itu perempuan ataupun laki-laki nantinya. Selain itu, dibutuhkan dukungan zat gizi dan lingkungan yang sehat untuk embrio dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Sel Telur.

Selama 90 hari sebelum masa kehamilan terjadi, Bunda dapat mempersiapkan diri dengan melakukan tips di bawah ini. Hal ini untuk memperoleh kualitas sel telur terbaik untuk mendukung proses pembuahan, sehingga kehamilan yang diharapkan pun dapat terjadi.

1. Mengurangi Stres.

Kondisi stres dapat menghambat aliran darah, mengganggu proses metabolisme dan siklus tubuh manusia, mengganggu produksi hormon reproduksi dan memicu gaya hidup yang tidak sehat. Contoh stres yang biasanya terjadi adalah kerja lembur, stres emosional, kurang tidur, dan tekanan fisik. Luangkan waktu untuk istirahat, bisa dengan membaca buku yang disenangi, meditasi atau yoga, mendengarkan musik, bermain dengan hewan peliharaan, travelling di alam terbuka, dan mengerjakan semua hobi yang Bunda sukai.

2. Terapi Pijat Kesuburan.

Selain untuk meningkatkan kesuburan, terapi pijat kesuburan juga dapat membantu menghilangkan stres, melancarkan aliran darah, dan menjaga keseimbangan hormon dan sistem reproduksi.

3. Olahraga Secara Teratur dan Konsisten.

Ini penting sekali dilakukan untuk melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, dan menghindari stres berlebihan yang bisa berdampak pada keseimbangan hormonal.

Baca juga:  Kenali 6 Tanda Tanda Ketidaksuburan Pada Pria Dan Wanita

4. Pola Hidup Sehat.

Hal ini sangatlah penting, sebab kurang gizi menunjukkan tubuh Bunda dalam keadaan kekurangan hormon dan nutrisi untuk meningkatkan kualitas sel telur (materi genetik) dan mendukung proses pematangannya. Contohnya banyak konsumsi protein, lemak sehat, sayuran, buahan, biji-bijian, dan suplemen tambahan seperti asam folat. Selain itu, kurangi asupan gula, karbohidrat olahan, alkohol, dan kafein.

 

Baca Juga :

Ternyata Menerapkan Pola Hidup Sehat, Bisa Membuat Anda Cepat Hamil !

Mengetahui Pentingnya Masa Subur Pada Wanita Yang Ingin Hamil

Inilah Cara Wanita Agar Tetap Subur Setiap Bulannya

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.

Leave a Reply