RKpx 2349 : - - - Anda Mengalami Endometriosis? Inilah 7 Gejalanya! | Rahasia Kesuburan

Anda Mengalami Endometriosis? Inilah 7 Gejalanya!

Anda Mengalami Endometriosis Inilah 7 Gejalanya
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Dalam kondisi normal, dinding rahim atau endometrium akan menebal sebagai tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi oleh sperma. Endometrium akan luruh sebagai darah menstruasi apabila tidak terjadi proses pembuahan.

Endometriosis merupakan gangguan reproduksi pada wanita dimana jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Jaringan ini dapat tumbuh di indung telur, tuba falopi (saluran telur), vagina, usus atau rektum (bagian akhir usus yang terhubung ke anus). Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri kronis pada panggul dan gejala lainnya. Bahkan, wanita dengan endometriosis dapat menurunkan peluang kehamilan dan mengalami infertilisasi.

Untuk itu, penting banget nih Bunda untuk mengetahui gejala endometriosis, supaya bisa memberikan tindakan lanjut jika sudah mulai mengalami tanda-tandanya. Umumnya, gejala utama endometriosis adalah nyeri hebat pada perut bagian bawah dan sekitar panggul, yang berhubungan dengan menstruasi. Meskipun, hal yang wajar wanita akan merasakan nyeri saat haid, namun nyeri pada wanita dengan endometriosis akan terasa jauh lebih parah, dan meningkat seiring waktu.

Berikut 7 gejala endometriosis yang akan dirasakan oleh penderitanya.

  • Kram perut, satu hingga dua pekan selama menstruasi.
  • Sakit di punggung bagian bawah selama menstruasi.
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi.
  • Dispareunia, yaitu rasa sakit di sekitar alat kelamin yang terjadi secara berulang-ulang pada saat melakukan hubungan intim.
  • Sakit saat buang air besar atau buang air kecil.
  • Diare, kembung, mual, sembelit, dan mudah lelah selama menstruasi.
  • Mandul.

Perlu Bunda ketahui, tingkat keparahan nyeri bukanlah penanda tingkat keparahan endometriosis. Pada beberapa kasus, sejumlah wanita yang mengalami endometriosis ringan dapat merasakan nyeri yang parah. Begitu sebaliknya, wanita dengan endometriosis berat bisa merasakan sedikit atau justru tidak merasakan nyeri sama sekali.

Baca juga:  Kenali 6 Tanda Tanda Ketidaksuburan Pada Pria Dan Wanita

Bagi Bunda yang telah mengalami gejala-gejala ini, maka Bunda harus segera melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui langkah penyembuhannya. Khususnya, bagi yang sedang promil, tentunya penyakit ini akan menjadi kendala yang berarti bagi pasutri, karena sangat memengaruhi peluang kehamilan.

Ada beberapa tips yang dapat Bunda lakukan untuk mencegah penyakit endometriosis ini menjadi lebih parah.

  • Menjaga pola makan yang sehat.
  • Olahraga secara teratur.
  • Mengontrol stres.

Yang terpenting, perhatikan selalu kondisi kesehatan, terutama jika Bunda ingin atau sedang dalam program kehamilan. Selalu cek kondisi kesiapan fisik maupun psikis ke dokter ya, Bun.

Baca Juga :

Tips Menjaga Pola Makan Untuk Wanita Pengidap Endometriosis

7 Tips Menghilangkan Rasa Sakit Endometriosis Pada Wanita Dengan Mengubah Gaya Hidup

Tips Bercinta Tanpa Rasa Sakit Untuk Wanita Pengidap Endometriosis

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.

Leave a Reply