fbpx

5 Jenis Makanan Yang Harus Dikonsumsi Oleh Penderita PCOS

Ketahuilah 5 Langkah Khusus Untuk Menangani Penyakit PCOS
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Jika tidak segera ditangani, penderita PCOS berisiko terkena beberapa penyakit seperti : diabetes tipe 2, gangguan sindrom metabolisme, perlemaka hati non alkohol,infertilitas,profil lemak abnormal, gangguan tidur, pendarahan abnormal dari rahim, hipertensi bahkan pre-eklamsia.

PCOS tidak bisa disembuhkan, namun gejala-gejalanya dapat dikendalikan. Opsi-opsi penanganan yang bisa ditempuh oleh penderita PCOS adalah:

1. mengubah gaya hidup, Penderita PCOS yang obesitas, bisa mulai untuk menurunkan berat badan. Lalu penderita PCOS perokok disarankan untuk berhenti, sebab wanita perokok punya kadar hormon androgen lebih tinggi dibanding wanita non-perokok.

2. Jangan Merokok, Jika Anda merokok, sebaiknya pertimbangkan untuk berhenti. Wanita yang merokok memiliki kadar androgen yang lebih tinggi dibanding wanita yang tidak merokok.

3. Makanan sehat dan olahraga,Sertakan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda. Selain menjaga pola makan, Anda juga harus rutin berolahraga. Dan jalan kaki bisa menjadi salah satu latihan fisik terbaik untuk Anda.

Berikut ini , 5 jenis pilihan makanan yang harus di konsumsi oleh penderita PCOS :

1. Mulailah Mengkonsumsi Sayuran Dan Kacang – Kacangan Dalam Menu Makanan Anda.

1. Mulailah Mengkonsumsi Sayuran Dan Kacang - Kacangan Dalam Menu Makanan Anda.

Sayuran dan kacang-kacangan masuk dalam katagori makanan dengan Low Glycemic Index (GI) atau indeks glikemik yang rendah. Mulailah memakan sayuran sebanyak 5 porsi/hari dimana pemilihan jenis sayuran yang anda makan, utamakan sayuran berwarna hijau.  Selain itu, anda juga dapat memulai memakan menu dengan bahan yang berasal dari aneka kacang-kacangan, seperti lentil, kacang merah,dll.

2. Hindari Jenis Makanan Dengan Kadar Gula Tinggi Dan Olahan Tepung Terigu.

2. Hindari Jenis Makanan Dengan Kadar Gula Tinggi Dan Olahan Tepung Terigu.

Sangat penting bagi wanita dengan PCOS untuk sepenuhnya menghindari karbohidrat olahan dari gula dan olahan tepung terigu, seperti pasta, roti, makanan penutup mengandung gluten, soda, dan permen . Hal ini karena kedua bahan ini dapat mempengaruhi kerja insulin dan memicu terjadinya peradangan sehingga kadar hormon testoteron menjadi meningkat.

Baca juga:  Benarkah Buah Nanas Bisa Menyebabkan Keguguran, Mitos Atau Fakta ?

3. Menu Makanan Yang Kaya Antioksidan.

3. Masukan Menu Makanan Yang Kaya Antioksidan.

Tingginya tingkat stress, paparan polusi dan senyawa kimia membuat setiap orang mengalami keadaan yang disebut sebagai stess oksidatif. Dimana keadaan ini membuat seseorang mengalami keadaan komplikasi berbagai penyakit, termasuk anda yang mengalami PCOS maupun wanita yang menginginkan kelahiran buah hati ditengah keluarganya.

Shan Wang et. al. pada tahun 2017 menyatakan bahwa antioksidan berperan besar dalam pematangan sel telur. Sehingga anda dapat mulai memakan makanan yang kaya antioksidan yang dapat bersumber dari buah-buahan, seperti anggur, apel, stroberi, cranberry,dll. dan sayur-sayuran, seperti, daun katuk, afalfa, bayam, brokoli, wortel, dll.

4. Pilihlah Makanan Yang Mengandung Omega 3.

4. Pilihlah Makanan Yang Mengandung Omega 3.

Omega 3 sudah dikenal sebagai jenis asam lemak yang memiliki banyak manfaat, terutama perannya sebagai zat gizi anti peradangan. Kandungan omega 3 banyak diperoleh dari berbagai jenis makanan. Macam jenis makanan yang mengandung omega 3 dapat berasal dari ikan laut, seafood, teripang, minyak ikan, dan alpukat.

Selain sebagai anti peradangan ternyata omega 3 memiliki manfaat yang baik untuk menangani masalah PCOS ini. Bahkan hasil penelitian meta analisis dari jurnal Reproductive Biology and Endocrinology yang dipublikasikan pada tahun 2018 menyatakan pemberian makanan sumber asam lemak omega 3 dapat menjadi rekomendasi untuk pengobatan PCOS dengan resistensi insulin dan profile lemak (Trigliserida, LDL, dan Kolesterol)  yang tinggi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda mencoba memasukan menu makanan kaya omega 3 dalam diet anda.

5. Komposisikan Makanan Anda Dimana Porsi Makan Pagi Lebih Banyak Dibandingkan Malam Hari.

PCOS selalu dikaitkan dengan keadaan resistensi insulin dimana meningkatkan efektivitas insulin dapat memperbaiki keadaan PCOS pada wanita. Penelitian yang dilakukan oleh Jakubowicz D memberikan informasi menarik bahwa wanita PCOS dengan status gizi ideal atau normal yang melakukan pengaturan asupan kalori berdampak positif untuk memperbaiki hiperandrogenisme, meningkatkan tingkat ovulasi dan sensitivitas kerja insulin. Dimana, para penelitian ini memaparkan penderita PCOS dengan status gizi ideal atau normal sebaiknya diberikan asupan kalori yang lebih tinggi pada saat makan pagi dan mengurangi porsi asupan kalori di malam hari.

Comments