fbpx

Tips Menjaga Pola Makan Untuk Wanita Pengidap Endometriosis

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Penyakit endometriosis adalah suatu kondisi ketika munculnya jaringan yang menyerupai rahim di bagian luar rahim yang sebenarnya. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa sakit pada daerah panggul yang cukup menyiksa.

Gangguan ini bisa menyerang wanita dengan gejala seperti perdarahan yang hebat saat menstruasi tiba, rasa sakit ketika melakukan hubungan intim, rasa sakit ketika buang air besar, dan risiko infertilitas.

Bagaimana Tips Menjaga Pola Makan untuk Wanita Pengidap Endometriosis?

Meskipun bukan penyakit yang mematikan, keberadaan endometriosis cukup mengganggu karena dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Proses penyembuhan dapat dilakukan melalui metode pengobatan. Namun, proses tersebut juga harus didukung dengan mengatur pola makan yang mendukung sistem reproduksi Anda, diantaranya :

1. Perbanyak Asupan Lemak Omega-3.

Lemak omega-3 merupakan lemak sehat anti-inflamasi yang bisa ditemukan pada ikan atau hewan dan tanaman lainnya. Lemak ini juga mampu mengurangi rasa sakit karena menstruasi atau endometriosis, serta terbukti bisa menghambat pertumbuhan sel-sel endometrium.

Sebuah studi mengatakan jika wanita yang paling banyak mengkonsumsi lemak omega-3  memiliki risiko 22% lebih rendah terkena penyakit endometriosis dibandingkan mereka yang mengkonsumsi lebih sedikit lemak omega-3.

2. Hindari Lemak Trans.

Lemak trans banyak digunakan dalam membuat makanan olahan agar lebih awet dan memiliki tekstur yang merata, termasuk dalam crackers, donat, pastry, dan French fries. S

elain meningkatkan risiko serangan jantung, lemak trans juga harus dihindari oleh wanita yang mengalami penyakit ini. Sebuah studi membuktikan bahwa wanita yang paling banyak mengkonsumsi lemak trans memiliki risiko 48% lebih tinggi menderita penyakit ini.

3. Mengurangi Konsumsi Daging Merah.

Daging merah, terutama yang sudah diproses, sering dihubungkan dengan berbagai macam penyakit. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah dapat meningkatkan kadar estrogen dalam darah, yang kemudian bisa memicu terjadinya penyekit endometriosis.

Baca juga:  Manfaat Berkebun Saat Hamil, Serta Hal yang Harus Diperhatikan

Banyak Konsumsi Buah, Sayur, dan Whole Grains

Buah, sayur, dan whole grains kaya akan vitamin, mineral, dan serat, yang sangat penting bagi penderita endometriosis. Bahkan, asupan serat yang tinggi dapat menurunkan kadar estrogen sehingga menurunkan risiko terserang endometriosis.

Selain itu, kandungan anti-oksidannya juga berguna untuk mengurangi inflamasi dan rasa sakit yang sering mengiringi endometriosis. Berdasarkan sebuah studi, wanita yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran hijau lebih tidak berisiko menderita endometriosis.

4. Suplemen yang Membantu.

Selain konsumsi makanan sehat dengan menu diet yang tepat, tidak ada salahnya untuk konsumsi suplemen agar imunitas tubuh tetap terjaga. Vitamin C dan vitamin E menjadi pilihan karena membantu mengurangi terjadinya nyeri panggul kronis dan penurunan peradangan.

Selain itu, pertimbangkan pula konsumsi vitamin A, C, dan B1 yang membantu mengurangi penanda stres oksidatif dan peningkatan antioksidan.

Curcumin juga membantu meredakan gejala penyakit endometriosis. Ini merupakan anti-inflamasi yang membantu menghambat sel endometrium dan mengurangi produksi estradiol. Pertimbangkan pula kalsium, magnesium, dan vitamin D.

5. Membatasi Kafein dan Alkohol.

Banyak ahli yang menyarankan untuk wanita yang menderita endometriosis, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol. Karena, kafein dan alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh, sehingga risiko untuk mengalami endometriosis pun semakin besar.

Untuk wanita, perhatikan kesehatan organ intim Anda, ya! Karena jika Anda sudah mengidap endometriosis dan gejala yang tidak segera Anda tangani, Anda bisa mengalami rasa nyeri yang dapat mengganggu kualitas hidup, dan juga bisa mengalami masalah infertilitas. Jangan lupa, untuk imbangi dengan olahraga teratur agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Anda bisa bertanya lebih lanjut tentang diet untuk penyakit endometriosis ini langsung pada ahli gizi.

Baca juga:  Apakah Saat Berolahraga Pria Membakar Lebih Banyak Kalori Daripada Wanita ?

 

Baca Juga :

Endometriosis : Penyebab, Gejala, Mengobati

Tips Bercinta Tanpa Rasa Sakit Untuk Wanita Pengidap Endometriosis

7 Tips Menghilangkan Rasa Sakit Endometriosis Pada Wanita Dengan Mengubah Gaya Hidup

Comments