RKpx 2165 : - - - 5 Jenis Olahraga Yang Dilakukan saat Berpuasa, Serta Tipsnya !

5 Jenis Olahraga Yang Dilakukan saat Berpuasa, Serta Tipsnya

5 Jenis Olahraga Yang Dilakukan saat Berpuasa, Serta Tipsnya
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Banyak orang yang tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar di bulan Ramadan. Selain itu, juga ada atlit yang tetap melakukan latihan di bulan Ramadan untuk mempersiapkan kompetisi.

Olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Meski begitu, puasa bukan pantangan untuk tetap berolahraga.

Akan tetapi, tentu perlu diperhatikan dalam beberapa hal untuk mengingat kondisi tubuh selama berpuasa tidaklah sama. Jangan salah, olahraga saat puasa bisa membuat tubuh Anda menjadi tetap bugar dan kesehatan makin terjaga, lho.

Masalahnya, Jika Anda yang ingin berolahraga saat puasa perlu memperhatikan beberapa hal penting. Oleh karena itu, asal berolahraga saat puasa justru malah bisa menimbulkan masalah bagi tubuh.

Tips untuk Berolahraga saat Puasa yang Tepat.

1. Pilih Olahraga yang Tepat.

Ingatlah, energi tubuh tidak sebesar biasanya. Sebaiknya, lakukan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan seperti biasanya dengan mengurangi intensitasnya. Bila jenis olahraga yang Anda lakukan terlalu berat, pilihlah jenis olahraga lainnya.

2. Perhatikan Waktunya.

Ketika berolahraga tubuh akan mengurangi makanan dan menggunakannya sebagai bahan bakar saat berolahraga. Oleh sebab itu, banyak ahli yang menyarankan untuk berolahraga setelah berbuka agar tubuh punya bahan bakar untuk menjalankan aktivitas tersebut.

Meskipun begitu, ada juga beberapa ahli yang mengatakan kalau waktu terbaik untuk berolahraga adalah menjelang berbuka. Tepatnnya, 30-60 menit menjelang waktu berbuka. Namun, tentunya hal ini mesti disesuaikan dengan kebugaran tubuh masing-masing.

3. Perhatikan Asupan Air.

Ingat, kombinasi antara puasa dan olahraga jelas akan menguras cairan tubuh. Nah, agar tubuh tidak dehidrasi, Anda perlu memperhatikan kebutuhan cairan tubuh. Kata ahli, normalnya tubuh membutuhkan 1,5-2 liter perhari.

Baca juga:  Inilah Cara Wanita Agar Tetap Subur Setiap Bulannya

Bagaimana dengan puasa? Tidak ada yang berubah kok takarannya. Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tersebut saat sahur dan berbuka puasa. Nah, sebaiknya pilih olahraga yang tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat, alias olahraga raga dengan intensitas ringan atau sedang.

4. Penuhi Kebutuhan Gizi.

Selain waktu makan yang berubah, porsi makan pun mungkin juga berubah saat menjalankan ibadah puasa. Meskipun begitu, kata ahli Anda sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sama tiap harinya.

Dengan kata lain, tidak kurang ataupun berlebihan. Yang terpenting, konsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang. Misalnya, mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

5. Perhatikan Durasi Tidur.

Nah, tips terakhir perhatikan durasi tidur. Jangan anggap remeh aktivitas yang satu ini. Kekurangan tidur bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental.

Lalu, berapa lama sebaiknya seseorang tidur tiap harinya? Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa setidaknya memerlukan tidur sekiar 7-9 jam per hari.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa :

1. Bersepeda.

Bersepeda dapat membuat Anda lebih bugar walaupun sedang berpuasa. Cukup bersepeda selama 30-45 menit, Anda sudah membakar sekitar 300-350 kalori.

2. Bowling.

Olahraga yang condong ke permainan ini dapat Anda lakukan saat menunggu jam berbuka puasa. Bowling setara dengan olahraga angkat beban, sehingga olahraga ini bagus untuk menguatkan otot dan melatih keseimbangan badan Anda agar tetap bugar.

3. Jogging / Treadmill.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, jogging dengan intesitas ringan dapat di lakukan selama berpuasa. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk mencegah dehidrasi yang berlebihan.

4. Renang.

Karena olahraga ini cukup menghabiskan energi, Anda cukup melakukannya kurang lebih 30 menit untuk mengisi waktu berbuka. Berenang selama 30 menit dapat membakar 360-420 kalori. Namun, Anda harus berhati-hati dalam melakukan olahraga ini. Karena, Anda harus mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

Baca juga:  6 Manfaat klorofil , Serta Efek Sampingnya Untuk Kesehatan Tubuh

5. Berjalan.

Kegiatan yang biasa di lakukan ini ternyata mampu menjaga kebugaran tubuh. Berjalan selama 30 menit sebelum berbuka juga dapat menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Anda juga bisa melakukan jalan cepat.

 

Baca Juga :

Kenali Manfaat Berpuasa Yang Baik Untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Amankah, Berpuasa Saat Hamil ? 7 Tips Yang Ibu Hamil Harus Perhatikan !

Berpuasa Saat Hamil ? Inilah Panduan Puasa yang Aman Untuk Ibu Hamil

Comments

Leave a Reply