fbpx

5 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Oleh Ibu Hamil Saat Berpuasa

Kenali 5 Nutrisi yang Wajib Dipenuhi Oleh Ibu Hamil Saat Berpuasa
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Pada ibu hamil yang memilih untuk menjalankan ibadah puasa, tentu sangat penting sekali untuk tetap memperhatikan asupan nutrisi. Karena, dengan persediaan nutrisi yang sangat terbatas. Saat berpuasa bisa mengakibatkan hasil yang lebih buruk untuk dikemudian hari.

Karena ini terjadi saat hormon yang mengatur glukosa dapat terganggu, sehingga jumlahnya bisa menurun drastis. Proses ini telah dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih buruk selama masa kanak-kanak, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa perubahan tersebut dapat mempengaruhi perkembangan system saraf.

Nutrisi untuk Ibu Hamil Saat Puasa

Ibu hamil yang tetap memilih untuk berpuasa, beberapa tips ini mungkin membantu agar puasa yang ibu jalani tetap sehat dan aman.  Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Penuhi Asupan Karbohidrat.

Sangat penting untuk memperhatikan menu gizi seimbang, untuk ibu hamil yang ingin menjalankan puasa. Karbohidrat termasuk kedalam asupan yang harus dipenuhi. Sebaiknya, pilih lah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oatmeal, dan kacang-kacangan, dan juga yang mengandung serat, misalnya sayur dan buah, kacang-kacangan, gandum dan biji-bijian.

Ini karena, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lama untuk dicerna. sehingga dapat membuat ibu hamil kenyang lebih lama. Serat juga membantu ibu untuk mencegah atau mengobati atasi sembelit.

2. Batasi Makanan Manis.

Ibu hamil sebaiknya untuk menghindari makan makanan yang terlalu manis saat ingin menjalankan puasa. Meski begitu, makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Ini membuat ibu hamil mudah lemas dan lemah serta cepat merasa lapar. Tingginya kadar gula darah juga bisa memicu diabetes gestasional yang rentan dialami oleh ibu hamil.

3. Konsumsi Buah-buahan.

Nah, untuk menggantikan makanan manis, ibu hamil bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami, seperti kurma. Selain sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pembatal puasa, ternyata kurma juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil lho!

Baca juga:  Tips Optimalkan Sperma Untuk Siapkan Keturunan Dan Gairah Bercinta

Kurma dipercaya dapat mencegah sembelit, mencegah anemia, bahkan memperlancar proses persalinan. Menyantap buah-buahan tertentu juga mengandung serat yang dapat membantu perut kenyang lebih lama dan memberikan energi tambahan untuk ibu hamil.

4. Batasi Makanan Berlemak.

Selain membatasi makanan manis, ibu hamil juga perlu membatasi makanan yang berlemak tinggi. Contoh makanan berlemak tinggi yang sebaiknya dihindari adalah gorengan, kue, donat, fast food, daging berlemak, kulit ayam, dan lainnya. Ibu bisa menggantinya dengan makanan yang mengandung lemak baik, seperti alpukat, kacang, minyak ikan, ikan, keju, dan lain-lain.

5. Penuhi Asupan Cairan Tubuh.

Memenuhi cairan untuk ibu hamil adalah hal yang paling krusial. Ibu hamil disarankan minum air putih sekitar 1,5–2 liter sehari untuk mencegah dehidrasi. Sumber cairan lainnya juga dapat diperoleh melalui buah, susu, sup dan lain-lain. Namun, air putih tetap menjadi sumber cairan yang paling baik.

 

Baca Juga :

Amankah, Berpuasa Saat Hamil ? 7 Tips Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil !

Berpuasa Saat Hamil ? Inilah Panduan Puasa yang Aman Untuk Ibu Hamil

Inilah Tips Menahan Nafsu Bercinta Saat Dibulan Puasa

Comments