fbpx

Kenali Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kesuburan Pria Dan Wanita Hamil

Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa menjalani ibadah puasa akan mengurangi asupan gizi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh Anda. Namun ternyata, banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menjalani ibadah puasa. Mulai dari membersihkan tubuh hingga dapat meningkatkan kesuburan Anda.

Pada awal puasa, biasanya kesuburan seseorang akan mengalami penurunan. Tapi, tahukah Anda ? beberapa hari setelah menjalani puasa, biasanya hormon reproduksi seseorang akan kembali meningkat dan hal ini yang bisa membuat kesuburan Anda meningkat.

Apakah Puasa Bisa Meningkatkan Kesuburan ?

Hal ini berkaitan dengan peremajaan sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Pasalnya, hormon yang berkaitan dengan perilaku sensual tidak dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), melainkan oleh kelenjar hipofisis. Alasan lainnya adalah selama berpuasa, kadar asam, dan basa dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Sehingga, berbagai organ dalam tubuh jadi meningkat, termasuk juga organ reproduksi.

Dengan terhentinya asupan makanan dalam waktu yang cukup lama, berbagai jenis bakteri, kuman, virus, dan sel berbahaya (termasuk sel kanker) tidak bisa bertahan lama hidup di dalam tubuh. Puasa memberikan kesempatan bagi alat pencernaan agar beristirahat, sehingga racun, kotoran, dan ampas yang berpotensi mengganggu kesehatan bisa dibuang. Hasilnya, fungsi organ reproduksi meningkat selama berpuasa.

Apakah berarti puasa bisa meningkatkan kesuburan? jawabannya bisa. Hal ini disebutkan oleh studi dari Universitas Harvard, Amerika Serikat yang bekerja sama dengan Massachusetts General Hospital (MGH).

Studi tersebut menggunakan tikus sebagai subjek penelitiannya. Hasilnya diketahui bahwa kelompok tikus yang diperbolehkan makan mengalami penurunan jumlah sel telur saat ovulasi. Sementara kelompok tikus yang dibatasi asupan makanannya memiliki kualitas sel telur yang prima.

Baca juga:  Berpuasa Saat Hamil ? Inilah Panduan Puasa yang Aman Untuk Ibu Hamil

Hasil studi tersebut membuat para peneliti berharap jika hal yang sama bisa terjadi pada manusia, terutama wanita dewasa, berkaitan dengan kesuburannya saat menjalani puasa. Jadi, bisa disimpulkan kemungkinan besar puasa tidak berdampak negatif pada kesuburan baik wanita maupun pria.

Secara khusus, puasa diklaim mampu memperpanjang masa subur wanita dan memperbanyak jumlah sel telur yang dihasilkan. Hal ini karena rendahnya asupan kalori saat puasa berpotensi mengurangi kadar gula dalam darah, sehingga bisa mempengaruhi kualitas hormon reproduksi. Siklus haid dan produksi sel telur cenderung lancar ketika berpuasa.

Untuk menjaga kualitas sel telur dan sperma selama berpuasa, ada baiknya konsumsi makanan bergizi seimbang dan perbanyak minum air putih. Yang terpenting adalah penuhi satu porsi piring makan dengan makanan sumber karbohidrat, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Kesuburan Pria Dan Wanita Hamil

Berikut ini beberapa manfaat berpuasa bagi kesuburan pria :

  • Puasa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Akibatnya, kemampuan ereksi organ vital pria menjadi semakin baik. Alasannya karena saat berpuasa, kadar kolesterol jahat dan baik berimbang dalam tubuh, sehingga hambatan di pembuluh darah berkurang dan membuat sirkulasi darah lancar.
  • Puasa berdampak positif pada proses spermatogenesis. Ini merupakan proses pembentukan sel spermatozoa. Semakin baik proses spermatogenesis, semakin maksimal produksi sperma berkualitas. Kadar hormon testosteron pada pria juga terjaga dengan baik selama puasa.
  • Memperbaiki hormon dan performa bercinta. Dalam sebuah jurnal endokrin dan metabolisme dilaporkan penelitian puasa dikaitkan dengan hormon dan kemampuan bercinta pria. Penelitian tersebut mengamati kadar hormon kejantanan (testoteron), perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH). Terjadi perubahan kadar berbagai hormon tersebut dalam tiap minggu.
Baca juga:  Inilah Tips Menahan Nafsu Bercinta Saat Dibulan Puasa

Berikut ini beberapa manfaat berpuasa bagi wanita hamil :

1. Terhindar dari Morning Sickness.

Morning Sickness adalah gejala mual-mual sampai muntah pada ibu hamil yang terjadi diwaktu pagi hari. Gejala ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung dipagi hari yang menyebabkan ibu merasa ingin muntah. Saat menjalankan puasa, ibu hamil cenderung akan mengonsumsi makanan secara teratur. Ibu hamil pun akan makan dengan secukupnya, sehingga morning sickenss akan terhindar.

2. Membantu Pembakaran Lemak Tubuh.

Manfaat puasa bagi ibu hamil selanjutnya adalah mampu membakar lemak yang tidak berguna di dalam tubuh. Sebab, lemak yang berlebihan akan berdampak buruk seperti menyebabkan obesitas. Sementara, jika ibu hamil dalam kondisi obesitas hendak melahirkan, dikhawatirkan prosesnya akan menjadi tidak lancar.

3. Mengatur Kadar Gula Darah.

Saat hamil, ibu hamil harus mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita akan mengonsumsi gula dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, melakukan puasa menjadi trik ampuh untuk membuat kadar gula darah tetap stabil.

4. Membantu Detoksifikasi.

Puasa juga sangat berguna untuk membuang racun atau detoksifikasi tubuh. Saat tubuh tidak diberi asupan makanan selama beberapa waktu, pada saat itulah tubuh akan berusaha membuang zat-zat yang merupakan penyebab bahaya dan tidak berguna bagi ibu hamil. Sehingga, ibu dan janin di kandungan akan menjadi lebih sehat.

 

Baca Juga :

Kenali Manfaat Berpuasa Yang Baik Untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Berpuasa Saat Hamil ? Inilah Panduan Puasa yang Aman Untuk Ibu Hamil

Amankah, Berpuasa Saat Hamil ? 7 Tips Yang Harus Diperhatikan Ibu Hamil !

Comments