RKpx 2640 : 0 - 0 - 0 - 0 Ingin Menaikkan Berat Badan Mencapai Ideal? Yuk, Intip Tipsnya Ladies !

Ingin Menaikkan Berat Badan Mencapai Ideal? Yuk, Intip Tipsnya!

Ingin-Menaikkan-Berat-Badan-Mencapai-Ideal-Yuk-Intip-Tipsnya-Ladies
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Tidak hanya menurunkan berat badan, problema meningkatkan berat badan adalah upaya yang sulit dilakukan dalam mencapai berat badan ideal, meskipun telah makan banyak. Sebenarnya, apa aja sih yang harus dilakukan untuk meningkatkan berat badan agar mencapai normal? Simak ulasan berikut ini !

Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang. Tetapi, tidak semua orang bisa mencapai ini dengan mudah. Akhirnya, ada yang mengalami kegemukan maupun berat badan kurang atau kurus. Kondisi tersebut dapat memperburuk kesehatan Anda, terutama bagi yang sedang dalam masa hamil dan menyusui.

Untuk mengetahui apakah saat ini Anda mengalami berat badan kurang, dapat dilakukan pengukuran berat badan (BB) dan tinggi badan (TB). Kemudian, dihitung nilai IMT (Indeks Massa Tubuh) dengan rumus (BB/TB kuadrat). Apabila nilai IMT ini menunjukkan < 18,5 kg/m2, maka dapat dipastikan bahwa Anda mengalami penurunan berat badan.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan program peningkatan berat badan, dianjurkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan terlebih dahulu ke dokter. Ini berguna untuk memastikan penyebab dari penurunan berat badan yang Anda alami. Berikut ini beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan berat badan berkurang.

  • Hipertiroidisme, yaitu kadar hormon tiroksin yang dihasilkan kelenjar tiroid terlalu tinggi, sehingga menyebabkan gangguan metabolisme tubuh.
  • Adanya gangguan pencernaan, seperti penyakit Crohn atau radang usus, menyebabkan kondisi diare dan kram perut. Akibatnya, dapat berdampak pada malnutrisi.
  • Mengalami kanker dan menjalani kemoterapi, sehingga membutuhkan asupan gizi yang ekstra.
  • Mengalami stres atau depresi.

Jika Anda mengalami kondisi atau penyakit di atas, maka sangat disarankan untuk melakukan program peningkatan berat badan dibawah pengawasan dokter dan ahli gizi untuk kemungkinan Anda membutuhkan pengobatan khusus secara medis.

Baca juga:  Obat Kuat Kimiawi VS Obat Kuat Herbal, Manakah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Kaum Pria ?

Apa Saja Cara Cara Untuk Meningkatkan Berat Badan?

Berikut ini cara untuk meningkatkan berat badan, diantaranya :

1. Mengonsumsi Makanan Yang Sehat dan Bergizi.

Bukan berarti untuk meningkatkan berat badan, kita harus mengonsumsi makanan yang berlemak dan kadar gula tinggi. Akan tetapi, pilihlah makanan yang sehat dan bergizi seimbang, diantaranya buah-buahan, sayur- sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak, seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.

2. Frekuensi Makan yang Lebih Sering.

Biasanya, orang dengan berat badan kurang cenderung sering merasa cepat kenyang. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membagi waktu makan menjadi 5-6 kali waktu makan, namun dalam porsi kecil (tidak berlebihan) dibandingkan 3 kali waktu makan, dalam porsi yang banyak.

3. Mengonsumsi Camilan.

Camilan dalam pembagian waktu makan masuk ke dalam kategori selingan setelah makan pagi dan menjelang makan malam. Biasanya, ini berkisar pukul 10.00-11.00 WIB dan 15.00-17.00 WIB. Bahkan, untuk beberapa kasus yang memerlukan kalori ekstra, waktu selingan ini ditambah lagi setelah makan malam, yaitu 20.00-21.00 WIB. Camilan yang dianjurkan adalah camilan yang bernutrisi, seperti buah kurma, jagung rebus, kacang kedelai, avokad, salad sayur.

4. Mengonsumsi Jus Atau Smoothies.

Tidak menutup kemungkinan orang yang memiliki berat badan kurang, nafsu makannya menurun. Oleh sebab itu, disarankan untuk Anda mengonsumsi minuman dengan tinggi kalori pada waktu makan, seperti smoothies atau jus segar. Hindari dulu minuman bersoda, kopi, atau sejenisnya yang sedikit zat gizi ini.

5. Menambahkan Asupan Kalori.

Bisa dengan menambahkan taburan keju pada roti dari biji-bijian utuh, atau telur rebus pada sup ayam Anda. Namun, tetap harus berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori, agar tidak mengakibatkan kelebihan glukosa (gula darah) atau lemak tidak sehat dalam tubuh.

Baca juga:  Tips Agar Bercinta Menyehatkan Dan Menurunkan Berat Badan

6. Minum Air Putih Saat Makan atau 30 Menit Setelah Makan.

Menurut studi, minum air putih sebelum makan dapat memberikan tubuh rasa kenyang. Sebaliknya, minum pada saat makan dan atau 30 menit setelahnya, akan membuat tubuh dapat menyerap kalori lebih banyak.

7. Mulai Biasakan Untuk Olahraga.

Olahraga dapat meningkatkan berat badan dengan cara membentuk otot Anda. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Aerobik, angkat beban, bersepeda statis, berenang, dan berlari bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa, sertai dengan konsumsi camilan kaya protein, seperti susu cokelat rendah lemak. Kabar baiknya, minuman ini juga dapat dikonsumsi sebelum tidur.

8. Istirahat Cukup dan Kelola Stres Dengan Baik.

Tidur tidak cukup dapat mengakibatkan metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Sehingga, tidur dan bangun tepat waktu dapat membantu menjaga berat badan ideal.

 

Baca Juga :

Kenali 5 Manfaat Melakukan Olahraga Dengan Pasangan

Apakah Saat Berolahraga Pria Membakar Lebih Banyak Kalori Daripada Wanita ?

Apakah Anda Memilikinya ? Kenali 6 Ciri-Ciri Wanita Subur

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.

Leave a Reply