RKpx 3388 : 0 - 0 - 0 - 0 Kenali Manfaat Kolagen Untuk Tubuh | Rahasia Kesuburan

Kenali Manfaat Kolagen Untuk Tubuh

inilah-pentingnya-kolagen-untuk-tubuh
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Belakangan ini, kolagen menjadi komponen yang menarik banyak perhatian konsumen, baik itu pada produk makanan, suplemen, bahkan kosmetik. Mengapa sih kolagen cukup menarik perhatian? Apa sajakah manfaatnya untuk tubuh kita? Yuk, simak disini!

Manfaat kolagen di dalam tubuh sangatlah penting. Kolagen merupakan komponen protein yang menyusun tulang, gigi, sendi, otot dan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksinya di dalam tubuh akan semakin berkurang. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Alhana et al. pada tahun 2015, sebanyak 1% kolagen akan hilang setiap tahunnya, sehingga saat usia 40 tahun jumlah ini akan berkurang mencapai 35-40%.

Produksi kolagen yang berkurang dari waktu ke waktu disebabkan oleh paparan radiasi UV-A dan UV-B dari sinar matahari. Faktor ini memang sulit untuk dihindari, mengingat banyak aktivitas yang dilakukan di luar, seperti jalan-jalan (travelling) di alam terbuka, melakukan pekerjaan di luar ruangan, dan olahraga, seperti bersepeda, berenang, arung jeram, dan sejenisnya. Inilah yang membuat kolagen perlu ditambah asupannya untuk melindungi kesehatan tubuh kita.

Biasanya, penurunan jumlah kolagen di dalam tubuh dapat terlihat jelas saat elastisitas kulit mulai berkurang dan muncul kerutan halus di wajah, terutama di bawah mata. Selain itu, tubuh mulai sering mengalami nyeri sendi, pegal-pegal, susah tidur, sulit BAB, dan menurunnya kekuatan serta daya tahan otot tubuh.

inilah-pentingnya-kolagen-untuk-tubuh

Apa saja manfaat kolagen untuk tubuh kita?

Kebutuhan kolagen dapat dipenuhi dari mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, protein, zinc, tembaga, antosianin, dan alpha-hydroxy acids. Jika tubuh sudah berada ditahap sering merasakan nyeri sendi, mengalami osteoporosis, dan berisiko penyakit jantung, maka dibutuhkan suplemen kolagen untuk mencukupi kebutuhan sesuai dengan anjuran dari dokter. Manfaat kolagen untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut.

  1. Menyokong dan menjaga massa pada jaringan kulit dan otot.
  2. Menyerap dan mengikat kalsium di dalam tulang.
  3. Sebagai penyangga dan landasan dari otot rangka manusia.
  4. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  5. Merangsang petumbuhan rambut.
  6. Meningkatkan kekuatan kuku.
  7. Memelihara kesehatan organ dan saluran pencernaan.
Baca juga:  Pilih Soap Bar, Body Wash, atau Liquid Soap ya?

Nah, inilah pentingnya peran kolagen untuk kesehatan kulit, otot, tulang, dan sendi. Kamu bisa menambah asupan kolagen dari buah-buahan, sayur-sayuran, susu, keju, yoghurt, olahan daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. Yuk, dari sekarang penuhi asupan kolagenmu yah. Stay healthy, Sobat RK!

 

Baca Juga :

Virus Corona, Teror Wabah Virus dari Cina

Sering Makan Gorengan? Waspada Stroke!

Mau Tips Jitu Berat Badan Ideal dan Sehat? Yuk, Intip Tipsnya!

Comments