RKpx 35 : - - - Kenali 6 Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Menjelang Masa Kehamilan

Kenali 6 Persiapan Yang Dilakukan Sebelum Menjelang Masa Kehamilan

Persiapan-Yang-Dilakukan-Sebelum-Menjelang-Masa-Kehamilan
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Sangatlah penting untuk anda, bila ingin mengubah kebiasaan hidup anda menjadi pola hidup yang sehat dan lebih baik untuk dilakukannya sebelum masuk ke masa kehamilan yang menjamin.

Jika anda dan bayi yang akan lahir nanti dalam keadaan sehat. Bayi yang berada dalam kandungan harus membutuhkan lingkungan optimal, untuk mendukung sebuah proses pertumbuhan dan perkembangan untuk sang bayi. Lalu, hal apa saja yang bisa anda lakukan sebelum menjelang masa kehamilan ?

Berikut ini 6 persiapan yang dilakukan sebelum menjelang kehamilan meliputi :

1. Persiapan Yang Dilakukan Secara Mental.

1-Persiapan-Yang-Dilakukan-Secara-Mental

Setelah menikah, semua wanita pasti sangatlah berharap sekali akan segera melakukan proses kehamilan. Namun, tahukah anda ? Selain persiapan secara fisik, anda juga harus perlu mempersiapkan sebuah mental. Banyak sekali para calon ibu yang tidak menyadari bahwa mental yang dimiliki oleh ibu hamil akan dapat mempengaruhi mental sang bayi. Misalnya, bayi yang lahir dari seorang ibu yang tenang maka sedikit juga si anak juga akan menjadi anak yang tenang.

ketika seorang wanita tidak mempersiapkan diri sebelum menjalankan proses kehamilan, maka secara mental juga ia akan merasa berat untuk menjalani proses kehamilannya.

Anda dapat melakukan hal yang membuat diri terasa nyaman dan tenang dalam menjalani proses kehamilan. Usahakanlah agar kondisi emosi yang anda miliki selalu stabil, misalnya, dengan banyak tertawa menghindari stress yang berlebihan dan selalu berusaha untuk menciptakan suasana yang nyaman dimanapun anda berada. Selain itu, sang suami juga harus bisa memberikan perhatian lebih kepada anda yang sedang menjalankan kehamilan. Peran suami sangatlah penting bagi kondisi kejiwaan anda.

2. Konsumsi Makanan atau Suplemen Yang Mengandung Asam Folat.

2-Konsumsi-Makanan-atau-Suplemen-Yang-Mengandung-Asam-Folat

Sangat penting bagi anda, untuk mempersiapkan yang dilakukan sebelum ke proses kehamilan perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Sebelum kehamilan mencapai sebesar 400 mcg/ hari. Oleh sebab itu, anda juga harus memenuhi kebutuhan asam folat ini setidaknya satu bulan sebelum proses kehamilan sampai usia kehamilan 12 minggu.

Baca juga:  Mr. P Menjadi Tidak Keras Meskipun Sudah Ereksi ? Yuk Kenali Penyebabnya !

Kebutuhan asam folat yang terpenuhi dapat menurunkan risiko yang terjadi pada bayi anda hingga mengalami cacat lahir, seperti neural tube defect dimana, sumsum pada tulang belakang janin tidak dapat terbentuk secara sempurna. Dengan demikian, jika anda tidak bisa memenuhinya dari segi pola makan, anda mungkin perlu mengkonsumsi vitamin prenatal yang mengandung asam folat. Selain itu, anda dapat mengonsumsi multivitamin yang mengandung kadar vitamin B6, sebelum dan selama minggu pertama kehamilan yang dapat membantu menurunkan risiko morning sickness.

3. Mendapatkan Vaksin.

3-Mendapatkan-Vaksin

Beberapa vaksin mungkin juga perlu disuntikkan kepada anda sebelum menjalankan masa kehamilan. Karena, untuk mencegahnya penyakit infeksi saat kehamilan terjadi. Oleh sebab itu, perlu anda ingat vaksin apa saja yang sudah diperoleh dari sebelumnya ? Dokter anda mungkin akan memberikan vaksin MMR {Measles (campak), Mumps (gondongan), Rubella}.

Jika anda belum menerima vaksin MMR untuk mencegah sebuah penyakit infeksi pada saat masa kehamilan, dapat membahayakan bagi sang bayi didalam kandungan. Hal yang perlu untuk diingat adalah anda memerlukan jarak pada waktu sampai 6 bulan, antara pemberian vaksin sampai pada saat anda akan mencoba proses kehamilan untuk menghindari risiko dari bayi yang terlahir cacat.

4. Hindari Konsumsi Ikan Yang Mengandung Tinggi Akan Merkuri.

4-Hindari-Konsumsi-Ikan-Yang-Mengandung-Tinggi-Akan-Merkuri

Anda harus dapat menghindari konsumsi makanan ikan yang mengandung tinggi akan merkuri, seperti ikan swordfish, king mackerel dan tilefish dari jauh-jauh hari sebelum anda merencanakan untuk menjalankan masa kehamilan. Oleh karena itu, kandungan kadar merkuri yang masuk ke dalam tubuh dapat menumpuk. Pada kandungan kadar merkuri tinggi yang ada didalam tubuh saat proses kehamilan dapat menyebabkan anda mengalami keracunan. Hingga, membahayakan bagi sang bayi yang masih berada didalam kandungan.

Baca juga:  Sifilis : Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

5. Melakukan Olahraga Secara Rutin.

5-Melakukan-Olahraga-Secara-Rutin

Menjaga tingkat kebugaran pada tubuh dengan berolahraga sangatlah dianjurkan untuk pasangan yang ingin hamil dan memiliki keturunan. Jenis olahraga yang dianjurkan biasanya adalah olahraga ringan hingga sedang tidak rawan cedera (low impact). Manfaat pada olahraga untuk pasangan yang ingin cepat melakukan proses kehamilan, diantaranya adalah dapat menjaga kebugaran pada tubuh, mengontrol berat badan tidak berlebih dan memelihara kualitas pada tingkat kesuburan.

Berikut ini adalah beberapa olahraga ringan yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas kesuburan pada kandungan :

A. Berjalan kaki

B. Bersepeda

C. Berenang

D. Meditasi

6. Hentikan Penggunaan Pada Alat Kontrasepsi.

6-Hentikan-Penggunaan-Pada-Alat-Kontrasepsi

Apapun metode kontrasepsi yang anda gunakan harus meninggalkannya sebelum mencoba untuk ke proses kehamilan. Bagi sebagian besar wanita, kesuburan mungkin langsung kembali setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi. Namun, sebenarnya tubuh anda perlu waktu untuk membersihkan diri dari pengaruh alat kontrasepsi yang mengandung hormon.

Sebaiknya, jika anda sudah tidak lagi menggunakan alat kontrasepsi untuk beberapa bulan sebelum anda memulai mencoba ke proses kehamilan. Biarkan periode pada menstruasi reguler anda kembali seperti semula lagi. Dengan demikian, anda akan mengetahui kapan tubuh anda mengalami masa subur.

 

Baca Juga :

Ingin Segera Hamil ? Inilah 5 Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Kesuburan Kandungan

Inilah Cara Wanita Agar Tetap Subur Setiap Bulannya

Rahasia Alami Ekstrak Daun Alfalfa Dapat Membantu Wanita Mempersiapkan Kehamilan

Comments