RKpx 319 : - - - Jenuh Saat Menyusui ? Kenali 5 Kegiatan Yang Dilakukan Ibu Menyusui

Jenuh Saat Menyusui ? Kenali 5 Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Ibu Saat Menyusui Bayi

Jenuh-Saat-Menyusui-Kenali-5-Kegiatan-Yang-Dapat-Dilakukan-Ibu-Saat-Menyusui-Bayi
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Ketika menyusui sang bayi mungkin dapat membatasi ruang gerak anda. Banyak ibu yang akhirnya hanya duduk diam dan mematung ketika menyusui sang bayi.

Namun sebenarnya, ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan pada saat menyusui. Apa saja hal yang bisa ibu lakukan pada saat menyusui sang bayi, agar tidak jenuh ?

Berikut ini kenali 5 kegiatan yang dapat dilakukan ibu saat menyusui sang bayi  :

1. Berinteraksi Dengan Sang Bayi.

1-Berinteraksi-Dengan-Sang-Bayi

Berkomunikasi dengan bayi, apalagi ketika bayi yang baru lahir mungkin seperti anda sedang berbicara dengan diri sendiri. Meski begitu, berbicara dengan sang bayi saat menyusui bisa jadi cara untuk menguatkan ikatan anda dengannya.

Tatap bayi anda, berbicara padanya, bernyanyi, sambil mengelus-elusnya dan memberikan senyuman setiap ia melihat wajah anda. Interaksi ini akan membuat ikatan anda dengan bayi semakin kuat.

Bayi sudah dapat mendengarkan suara anda selama beberapa bulan terakhir saat masih didalam rahim. Oleh sebab itu, bagi bayi suara ibu adalah suara yang paling indah yang pernah ia dengar di dunia.

Meskipun bayi baru lahir dan belum bisa berbicara mengucapkan sepatah kata, sang bayi perlu mendengar bahasa sebelum mereka dapat mulai berbicara.

2. Membaca Buku Pada Saat Menyusui.

2-Membaca-Buku-Pada-Saat-Menyusui

Jika anda hanya diam saja dan tanpa melakukan aktivitas apapun, ada baiknya pada anda sambil menyusui dapat melakukan seperti, membaca-baca berita koran, buku atau majalah yang anda sukai.

Saat menyusui adalah waktu yang tepat untuk membuka wawasan baru untuk ibu hamil, jangan sia-sia kan waktu anda. Karena, dengan membaca buku sambil diiringi musik yang menenangkan juga dapat dilakukan agar anda semakin rileks saat menyusui sang bayi.

Baca juga:  Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Untuk Ibu Hamil dan Bayi Saat Dalam Kandungan

3. Makan Bersama Sang Bayi.

3-Makan-Bersama-Sang-Bayi

Ketika bayi anda sedang makan, ibu juga bisa ikut makan juga, ya! Pastinya makan dengan tetap memperhatikan posisi bayi saat menyusui. Karena, Makan akan memberikan anda menyusui lebih banyak energi untuk merawat bayi.

Jika sulit makan besar, anda bisa makan makanan camilan yang praktis dan sehat, yang harus kaya protein. Contohnya, kacang-kacangan, yogurt, ayam tanpa tulang, telur dan lain sebagainya camilan mudah yang bisa digerakan dengan satu tangan.

Saat anda menyusui harus ingat untuk tidak malas makan, sebab kebutuhan gizi anda bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan anda saja, melainkan harus memproduksi ASI yang baik untuk sang bayi.

4. Melakukan Aktivitas Pekerjaan Rumah.

4-Melakukan-Aktivitas-Pekerjaan-Rumah

Jika keterampilan anda menyusui sudah cukup mahir, anda bisa sambil menyelesaikan pekerjaan rumah. Tentunya, dengan posisi bayi aman berada dalam gendongan menyusui dan gerakan anda yang tidak ekstrim bergeraknya.

Ini berlaku pada anda saat menyusui yang anaknya sudah memiliki kendali kepala yang baik, bukan bayi yang baru lahir. Contohnya seperti, merapihkan kasur atau meja yang berantakan, dan pekerjaan lainnya.

5. Ikut Beristirahat Dengan Sang Bayi.

5-Ikut-Beristirahat-Dengan-Sang-Bayi

Bagi anda menyusui sering sekali kekurangan waktu untuk tidur. Saat bayi terbangun di tengah malam anda harus bangun agar sang bayi bisa tertidur kembali. Oleh karena itu, sang anda menyusui juga harus membutuhkan waktu untuk beristirahat dengan ekstra, agar tidak merasa kelelahan dan tetap bisa jaga produksi susunya dengan lancar untuk bayi.

Ketika anda menyusui bayi, anda bisa sambil beristirahat dengan rileks. Misalnya, seperti duduk di sofa dengan tenang sambil mengumpulkan energi kembali sebelum melakukan aktivitas yang lainnya.

Baca juga:  Apakah Aman Memelihara Kucing Saat Hamil ? Yuk Cari Tahu Jawabannya Disini

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh sang ibu agar tidak mudah jenuh pada saat menyusui. Semoga sang ibu bisa tetap tenang pada saat menyusui bayi dan semoga bermanfaat ya.

 

Baca Juga :

Puting Lecet Ketika Menyusui ? 4 Tips Mudah Untuk Mencegah Puting Susu Yang Lecet

Inilah 6 Manfaat Menyusui Bayi Bagi Kesehatan Sang Ibu

Ternyata Menerapkan Pola Hidup Sehat, Bisa Membuat Anda Cepat Hamil !

Comments