RKpx Alfalfapx Seagoldpx3270 : 1 - 0 - 0 - 1 Jenis Makanan yang Baik Untuk Penderita Maag | Rahasia Kesuburan

Jenis Makanan yang Baik Untuk Penderita Maag

jenis-makanan-yang-baik-untuk-penderita-maag
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Sakit maag memang kerap membuat penderitanya merasakan sakit hingga uluh hati. Kambuhnya maag sering dipicu oleh kebiasaan makan yang buruk, seperti suka makan pedas, asam, dan berlemak. Lalu, jenis makanan apa saja sih yang baik untuk penderita maag kronis?

Pada penderita maag, asam lambung dapat dengan mudah meningkat akibat dipicu oleh jenis makanan tertentu, yaitu makanan dengan rasa yang pedas dan terlalu asam. Disamping itu, penyebab kambuhnya maag juga karena pola makan yang tidak teratur serta porsi makan yang berlebihan.

Jenis makanan.

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan akan merangsang sistem pencernaan, terutama lambung dan usus untuk berkontraksi. Lama-kelamaan, muncul rasa panas dan nyeri hingga ulu hati, mual, serta muntah. Adapula makanan yang tidak cocok untuk sebagian orang, seperti buah yang masih mentah, daging mentah, kari, serta makanan dengan krim dan mentega. Bukan tidak dapat dicerna, hanya saja lambung akan membutuhkan waktu lama untuk mencerna dan meneruskannya ke usus. Akibatnya, isi lambung dan asam lambung akan tinggal di dalam lambung lebih lama, menyebabkan rasa sakit dan panas hingga ulu hati.

Frekuensi makan.

Saat perut kamu kosong atau terlambat makan, asam lambung akan mencerna lapisan dinding lambung, sehingga menyebabkan luka atau iritasi. Bayangkan jika kamu terlambat makan hingga 2-3 jam, asam lambung akan semakin banyak diproduksi dan mengiritasi dinding lambung, sehingga menyebabkan maag kambuh.

Porsi makan.

Porsi makan yang berlebihan dapat menyebabkan refluks isi lambung, sehingga tekanan di bagian dinding lambung menurun. Apabila tekanan lambung menurun, maka aliran makanan menuju usus menjadi terganggu. Lama-kelamaan, dapat menimbulkan luka atau iritasi dinding lambung.

Baca juga:  Manfaat Kandungan Akar Maca Yang Baik Untuk Kesuburan Wanita

4 Jenis Makanan yang Baik Untuk Penderita Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman yang disarankan untuk penderita maag adalah sebagai berikut.

Peppermint.

Diduga, peppermint mengandung xylitol yang memiliki sifat antibakteri dan menetralisir asam. Dalam suatu studi kasus, ditemukan bahwa air liur orang yang mengunyah permen mint cenderung bersifat basa, sehingga dapat menetralisir asam lambung.

Teh Chamomile.

Minuman ini sudah banyak digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, termasuk maag. Teh chamomile dapat meningkatkan lapisan lendir di esofagus, sehingga terlindungi dari iritasi asam lambung.

Makanan berserat.

Makanan yang mengandung tinggi serat dapat melancarkan aliran makanan menuju lambung, sehingga tidak terkumpul lama di dalam lambung yang dapat meningkatkan interaksi asam lambung dengan dinding lambung. Contohnya adalah gandum, sereal, roti, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Probiotik.

Dalam Journal Digestive Disease yang diterbitkan tahun 2009 menemukan bahwa probiotik memiliki efek penyembuhan pada saluran usus dan mencegah konstipasi. Selain itu, hasil penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan terapi obat maag yang diiringi dengan pemberian yoghurt 4 kali lebih efektif untuk mengobati maag kronis. Probiotik atau bakteri baik ini membantu menjaga keseimbangan koloni bakteri (bakteri baik dan jahat) dalam sistem pencernaan.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi akan masuk ke lambung untuk mengurangi kepekatan asam lambung, sehingga tidak sampai menggerogoti lambung. Oleh sebab itu, pastikan Sobat RK selalu makan tepat waktu, serta jenis dan porsi makannya sesuai, agar asam lambung kamu tidak naik, sehingga maag tidak kambuh.

Stay healthy, Sobat RK!

Baca Juga :

Terapi Penyembuhan Maag, Inilah 3 Caranya!

Penyakit Lambung yang Harus Diwaspadai

Jangan Sepelekan Radang Lambung! Inilah Komplikasi dari Maag Kronis

Comments