"> Inilah 5 Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

Inilah 5 Jenis Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

inilah-5-jenis-makanan-yang-bisa-meningkatkan-kesuburan
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Bicara tentang kesuburan, maka sudah jelas goal-nya untuk mewujudkan kehamilan. Ada 5 rekomendasi makanan dari para ahli gizi untuk meningkatkan kesuburan. Apa saja sih itu? Yuk, cari tahu di sini!

Khususnya pasangan suami istri yang akan ataupun sedang menjalani program kehamilan, maka sangat penting untuk memperhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Selama 90 hari sebelum pembuahan terjadi, kualitas sel telur dan sel sperma sangat bergantung dari apa yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan bahkan ada yang sebaiknya dihindari agar tidak mengganggu kesehatan reproduksi saat promil, seperti minuman alkohol, kafein, dan tinggi gula. Berikut 5 makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

1. Sayur-sayuran yang berwarna hijau.

Brokoli, kangkung, kubis, bayam, selada air, dan semua sayuran hijau mengandung zat gizi penting yang dapat meningkatkan kesuburan kita, yaitu vitamin A, C, E, dan K, serta senyawa aktif antioksidan. Selain itu, sayuran hijau juga merupakan sumber vitamin B yang berperan penting untuk proses pembuahan serta duplikasi DNA dari sel telur dan sel sperma selama pembuahan terjadi.

2. Ikan berminyak.

Salmon, sarden, teri, mackerel, dan ikan berminyak lainnya adalah sumber Omega-3 yang penting untuk kesuburan pria dan wanita. Omega-3 berupa asam docosaheksaenoat (DHA) berperan penting untuk perkembangan sel sperma dan otak bayi selama kehamilan.

3. Ganti asupan karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat kompleks.

Tidak hanya berpengaruh dalam penurunan berat badan, karbohidrat kompleks juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan. Hal ini karena karbohidrat sederhana memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat mengganggu keseimbangan gula darah di dalam tubuh. Apabila kadar gula darah tinggi, maka akan memengaruhi keseimbangan hormon reproduksi. Oleh sebab itu, gantilah dengan karbohidrat kompleks, dimana jenis karbohidrat ini memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan mengganggu keseimbangan hormon reproduksi.

Selain itu, karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan roti putih sudah mengalami proses pengolahan (kehilangan sekam) yang mengakibatkan vitamin penting juga ikut hilang, yaitu vitamin B6. Padahal, vitamin ini dapat memperkuat jaringan rahim dengan meningkatkan kadar hormon progesteron. Sumber vitamin B6 bisa diperoleh dari alpukat, pisang, telur, legum, bayam, dan sebagainya.

4. Makanan yang kaya mineral seng.

Mungkin masih sedikit yang tahu kalau mineral seng merupakan salah satu zat gizi penting untuk kesuburan. Seng memengaruhi perkembangan dan konsepsi sel sperma dan sel telur. Beberapa makanan yang mengandung tinggi seng, yaitu ikan, kerang, biji-bijian (labu, wijen, chia, bunga matahari, dan biji rami), kacang-kacangan (jambu mete, pecan, almond, pinus, kenari), serta gandum dan quinoa.

5. Pastikan ada protein yang berkualitas di setiap menu makan

Mengapa sih protein ini jadi salah satu zat gizi yang wajib dipenuhi? Yaps, karena proteinlah yang membangun sel-sel pada sistem reproduksi dan menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh. Tidak hanya untuk pasangan, protein juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, meliputi tulang, rambut, gigi, otak, sistem saraf, dan lain-lain. Kamu bisa memenuhi asupan protein dari daging, ikan, telur, susu, tahu, tempe, dan sejenisnya.

Nah, Sobat RK, selain dengan mengonsumsi 5 makanan peningkat kesuburan di atas, jangan lupa untuk selalu mengendalikan stres, ya. Stres berlebihan dapat menurunkan peluang kehamilan. Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas fisik ringan, meditasi atau yoga, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama pasangan untuk menghilangkan stres.

 

Baca Juga :

Kesuburan Wanita Bisa Ditingkatkan dengan 5 Buah Ini, Loh!

Diabetes Mellitus Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita

Khasiat Kombinasi Antioksidan Untuk Peningkatan Kesuburan Pria

 

Comments

Seorang Ahli Gizi yang memiliki minat besar terhadap menulis dan ingin berbagi informasi seputar gizi dan kesehatan. Sangat menyukai pepatah ini, ‘Whatever you are, be a good one’.