RKpx 1283 : - - - Lakukan Tips Berikut Ini Agar Anda Cepat Hamil Setelah KB

Lakukan Tips Berikut Ini Agar Anda Cepat Hamil Setelah KB

Lakukan Tips Berikut Ini Agar Anda Cepat Hamil Setelah KB
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Mengalami masalah sulit hamil setelah lepas dari pemakaian KB dalam bentuk PIL, Suntik, ataupun IUD memang bisa terjadi pada sebagian wanita.

Faktanya, pemakaian KB hormonal memang menghambat proses terjadinya kehamilan. Hal itu disebabkan karena adanya suntik hormonal yang tersimpan dalam jaringan lemak, kemudian mengganggu hormon wanita hingga dapat mengakibatkan masalah kesuburan anda. Apabila anda sudah menggunakan suntik KB selama setahun, meskipun anda sudah berhenti untuk pemakaiannya, akan tetapi hormon tersebut masih tetap ada di dalam darah anda.

Selain reaksi dari hormon tubuh, sulit atau tidaknya hamil setelah melepas KB tergantung dari jenis KB yang anda gunakan. Bila menggunakan jenis KB suntik (KB 3 bulan atau Depo Progestin) yang mengatur kadar hormon, tentunya butuh penyesuaian untuk mengembalikan hormon seperti semula. Contohnya, pada penggunaan suntik KB 3 bulan (Depo Progestin), siklus menstruasi akan kembali teratur dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun setelah penggunaan dihentikan. Lain halnya, dengan jenis KB pil, kemungkinan besar siklus menstruasi bisa langsung normal. Itu artinya kesempatan untuk hamil pun menjadi lebih tinggi.

Umumnya, ovulasi akan kembali normal setelah 3 bulan suntikan dihentikan, namun pada beberapa wanita yang datanya mencapai 6-8 bulan setelahnya, bahkan hingga dua tahun setelah penghentian. Karena kondisi setiap wanita tidak sama, yang bisa anda lakukan adalah menunggu sampai hormon dalam tubuh anda normal kembali. Lalu, Apa yang sebaiknya dilakukan untuk cepat hamil setelah lepas KB hormonal Atau non hormonal?

Perhatikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cepat hamil setelah lepas KB berikut ini :

1. Istirahatkan Kelenjar Endokrin

Hasil gambar untuk istirahat sejenak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah istirahatkan kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin adalah kelenjar yang berada di dalam otak yang berguna sebagai pengatur hormon-hormon yang dihasilkan dari kelenjar lainnya. Kelenjar endokrin dalam tubuh membentuk suatu sistem yang disebut sistem endokrin.

Jika anda melakukan program KB hormonal selama dua tahun sejak kelahiran anak sebelumnya, sebaiknya diselingi dengan fase istirahat pada kelenjar endokrin dengan menghentikan atau melepas alat KB sekitar 1 sampai 2 Bulan sebelumnya. Untuk sementara pakailah alat KB atau metode kontrasepsi non hormonal, seperti kondom atau spiral. Hal ini perlu agar kelenjar endokrin bisa bekerja lagi secara normal.

2. Hindari Stress

Gambar terkait

Usaha untuk segera punya anak meskipun terdengar menyenangkan, tapi tak jarang juga membuat emosi. Tak jarang kita terlalu bersemangat untuk segera hamil, sampai-sampai saat testpack menunjukkan tanda negatif, kita langsung kecewa dan stres. Apalagi kalau Anda sudah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk mencoba hamil.

Padahal, stress bisa mempengaruhi masalah kesuburan anda. Sebisa mungkin anda hindari stress yang berlebih, karena dapat mempengaruhi pada ketidakseimbangan hormon, sehingga menstruasi pun menjadi tidak teratur dan akan bermasalah pada tingkat kesuburan anda.

3. Jaga Kondisi Tubuh

Hasil gambar untuk do yoga

Sebuah penelitan menunjukkan bahwa berolahraga dalam intensitas sedang (seperti jalan kaki atau bersepeda santai) dapat membantu mempercepat masa pembuahan. Namun di sisi lain, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa latihan berat seperti berlari, bersepeda, dan berenang yang intens dapat mengurangi kemungkinan terjadinya konsepsi sebanyak 42%.

Jika Anda mencoba hamil, dan tidak berhasil setelah beberapa bulan, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk mengurangi intensitas olahraga Anda. Jika Anda tidak rutin berolahraga, cobalah mulai dengan 30 menit olahraga aerobik setiap harinya, ditambah dengan dua hingga tiga hari melatih kekuatan otot Anda dalam seminggu.

4. Konsumsi Suplemen Penyubur

Hasil gambar untuk konsumsi suplemen subur
KB mempengaruhi hormon estrogen dan progestron. Dengan mengganggu dan mengontrol hormon ini, tubuh seorang wanita berhenti menghasilkan sel telur di ovariumnya, dan menipiskan serviks. Sehingga, sperma susah masuk ke dalam rahim dan bertahan hidup disana atau dengan merubah kondisi rahim menjadi tidak cocok untuk pembuahan. Dengan demikian, pasangan suami-istri dapat berhubungan tanpa khawatir untuk hamil sebelum mereka siap.

Wanita tidak subur selama beberapa hari ketika mengalami ovulasi. Karena sel telur berada dalam kondisi sangat baik hanya 12-24 jam setelah dilepaskan dari ovarium. Maka, dalam satu fase wanita bisa dikatakan sangat subur selama 24 jam (1 hari). Setelah sel telur dibuang maka diperlukan sel telur baru untuk dibuahi. Obat penyubur kandungan untuk wanita mungkin Anda perlukan pada saat Anda mengalami masalah kesuburan setelah penggunaan pil KB. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila ingin cepat hamil setelah memutuskan untuk berhenti program KB, terutama jenis hormonal. Anda dapat menanyakan kepada dokter Anda, Apa suplemen penyubur kandungan yang baik dan cocok dengan kondisi Anda.

 

Baca Juga :

Kenali Fase Siklus Menstruasi Dan Tanda Siklus Menstruasi Normal

Inilah 5 Masalah Kesuburan Yang Dialami Pada Wanita

Inilah Pentingnya Hormon Estrogen Bagi Tubuh Wanita

Comments
1. Naluri ke ibuan menjadi lebih peka

Seorang ahli gizi lulusan tahun 2008. Lewat artikel, senang membantu mereka yang sedang mengatasi masalah kesehatannya.

Leave a Reply