fbpx

Informasi Kehamilan 2 Bulan : Tanda Umum Dan Tips Untuk Kehamilan

Tanda umum pada Kehamilan Bulan Kedua dan juga Tips nya
Bagikan via Whatsapp!
Rahasia Kesuburan -

Kehamilan pada trimester pertama adalah masa yang sangat membahagiakan bagi para calon ibu, namun pada trimester pertama ini merupakan periode cukup rawan. Trimester pertama di mulai sejak masa konsepsi, yaitu ketika sel telur bertemu dengan benih hingga terjadilah pembuahan sampai dengan usia kehamilan mencapai 3 bulan.

Bagi sebagian besar ibu, kehamilan mulai memberikan “alarm” atau tanda khusus tersendiri pada bulan kedua. Penting untuk dicatat bahwa ketika memasuki kehamilan 2 bulan, maka Anda sebagai calon ibu sedang menumbuhkan kehidupan baru di dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, beberapa informasi berikut mengenai masa kehamilan pada bulan kedua yang perlu diketahui untuk menjaga bayi dan ibu tetap sehat.

Gejala Umum Pada Kehamilan Usia Dua Bulan

Pada bulan kedua kehamilan, kebanyakan ibu mulai mengalami gejala seperti berikut ini :

1. Mual atau Morning Sickness

Mual (nause) dan muntah (emesis gravidarum) yang terjadi selama masa kehamilan disebabkan oleh karena pengaruh meningkatnya kadar hormon estrogen dan HCG yang dilepaskan lebih tinggi, dan hormon HCG yang dapat menimbulkan rasa mual dan muntah pada masa awal kehamilan.

2. Perubahan Suasana Hati / Mood swing

Perubahan suasana hati / mood swing adalah hal yang umum terjadi saat kehamilan, di mana suasana hati anda dengan mudahnya naik dan turun. Tingkat hormon pada ibu hamil bergejolak, disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen dan progesteron dalam darah. Hal ini dapat mempengaruhi mood anda, sehingga anda mudah merasa sensitif.

3. Ukuran Dan Bentuk Payudara Membesar

Perubahan hormon pada trimester pertama kehamilan membuat aliran darah meningkat dan mengubah jaringan pada payudara. Hasilnya mungkin payudara anda akan terasa nyeri, geli, bengkak, dan sensitif jika disentuh. Rasa tersebut sama seperti kondisi payudara sebelum menstruasi (sindrom pra menstruasi) yang terjadi pada beberapa wanita. Kondisi tersebut biasanya mulai terasa sekitar empat hingga enam minggu usia kehamilan dan bertahan selama trimester pertama kehamilan.

Baca juga:  Tips Agar Miss V Tak Rusak Kehidupan Bercinta Anda

Payudara pun akan mulai terlihat membesar. Pada umumnya, ukuran payudara membesar satu hingga dua cup, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Anda. Garis-garis stretch mark dan rasa gatal pada payudara akan muncul seiring melebarnya kulit. Kondisi tersebut biasa terjadi sekitar enam hingga delapan minggu usia kehamilan.

4.  Mengidam Berbagai Macam Produk Makanan

Mengidam kehamilan diketahui lebih gila daripada perubahan suasana hati. Berbagai barang yang para ibu rindukan beragam mulai dari es krim biasa atau burger ukuran raja hingga benar-benar aneh seperti penghapus beraroma dan abu rokok. Karena apabila terjadi kekurangan nutrisi dapat memperburuknya. Mengalah pada keinginan ini baik-baik saja selama mereka tidak berbahaya dan alternatif yang lebih sehat dapat diselesaikan.

Lalu, Apa Gejala Kehamilan Di Bulan Ke 2 Lainnya Yang Mungkin Akan Anda Alami?

Berikut adalah beberapa gejala kehamilan yang mungkin Anda alami

– Saliva berlebihan
– Konstipasi
– Mulas
– Gangguan pencernaan dan sakit perut
– Kehilangan intensitas nafsu makan yang biasa
– Sakit kepala dan pusing
– Areola dan puting yang gelap
– Kecemasan, takut, mudah menangis dengan mudah
– Pembengkakan di berbagai bagian tubuh dan perubahan tekstur kulit

Tips Untuk Ibu Hamil Saat Usia 2 Bulan

Berikut ini merupakan tips yang dapat anda lakukan selama kehamilan dua bulan yaitu :

1. Menggunakan Bra Yang Nyaman

Dengan peningkatan ukuran payudara, Anda membutuhkan bra yang tidak hanya membuat bentuk payudara terlihat bagus, tetapi juga memberikan dukungan yang tepat. Bra dengan bahan cotton akan membuat Anda lebih merasa nyaman karena bahannya terasa lembut.

2. Menjaga Kesehatan

Tidak ada orang yang sengaja sakit tetapi sangat bagus untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindarinya sama sekali. Mencuci tangan dengan benar dengan sanitizer dan air bersih sebelum makan atau menyiapkan makanan akan sangat membantu Anda tetap sehat.
Menghindari kerumunan dan daerah yang rentan terhadap berbagai kuman dan organisme juga diperlukan.

Baca juga:  Waspada, Kenali Tanda-Tanda Keputihan Yang Tidak Normal

3. Atur Pola Makan Yang Sehat

Saat sedang hamil, sebenarnya Anda tidak perlu makan terlalu banyak seakan-akan untuk dua orang. Faktanya, Anda hanya perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira-kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak. Hanya saja, tentu penting untuk mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi ini dari beragam jenis makanan yang berbeda. Misalnya asam folat berperan menghindarkan cacat bawaan, kalsium dan protein untuk pembentukan jaringan tubuh dan tulang bayi, serta zat besi untuk membantu sel darah merah membawa oksigen pada janin.

4. Melakukan Perawatan Kulit

Kehamilan meningkatkan dehidrasi sehingga sebaiknya mengganti sabun dengan gel pelembab atau minyak mandi. Jika menggunakan krim kimia untuk merawat kondisi kulit, sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda dan cari alternatif alami.

5. Banyak Waktu Untuk Beristirahat

Dengan begitu banyak terjadi di dalam tubuh Anda, itu membutuhkan banyak istirahat dari biasanya. Tubuh yang beristirahat dan pikiran yang rileks sangat penting dalam menjaga tingkat stres rendah dan perkembangan lanjutan bayi.

Keindahan kehamilan baru saja dimulai dan pasti datang dengan tantangan tersendiri. Bulan-bulan awal, terutama, menuntut serta menarik bagi kedua orang tua. Dengan mengingat kiat yang tepat dan mengambil tindakan pencegahan selama bulan kedua kehamilan, perjalanan pertumbuhan bayi akan dimulai pada catatan yang benar dan terus berlanjut tanpa masalah.

Comments
1. Naluri ke ibuan menjadi lebih peka

I graduated as a Nutritionist in 2018.  My work really does solve my clients’ problems. Being a writer is so much fun!!!  When people ask me what I do, I can say ‘I’m a writer’. Cool. I resist the temptation to say ‘I’m a writer and a nutritionist’. Most of the time.  I get a lot of satisfaction when I complete such writing, but the joy doesn’t come until after the job is done. At the moment I have a lot of writing to do that has nothing to do with my books (articles, blog entries, ad copy, sample writing and the like).

Baca juga:  Lakukan Tips Berikut Ini Agar Anda Cepat Memiliki Keturunan